fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Ini Jenis dan Fungsi Stabilizer yang Terdapat di Suspensi Mobil
Article 01

Salah satu yang paling penting dari kehadiran suspensi. Fungsinya suspensi mobil ini sendiri untuk meredam kejutan, getaran karena permukaan jalan yang tidak rata.

Untuk mendukung kerja suspensi pada mobil, biasanya bengkel akan menempatkan stabilizer. Fungsinya untuk menstabilkan kendaraan dan menguatkan daya ban mencengkram jalanan.

Nah, stabilizer ini pun terdiri dari beberapa jenis-jenisnya. Fungsinya saling melengkapi agar suspensi mobil bekerja dengan baik. Berikut beberapa jenis dar stabilizer tersebut.

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Pada Suspensi Mobil yang Berbahaya

Baca juga: Tips Merawat Suspensi Mobil ? Kenali Dulu Gejala Kerusakannya

1. Strut Bar

ini-jenis-dan-fungsi-stabilizer-yang-terdapat-di-suspensi-mobil

Strut bar pada bagian stabilizer mobil punya fungsi untuk menambah kekuatan mobil saat bermanuver di tikungan. Sederhananya, permukaan jalan akan memberikan tekanan sendiri ketika mobil ingin berbelok, Nah, strut bar inilah yang bekerja sebagai penyeimbang.

Bagian Strut bar ini biasanya dipasang melalui sisi kanan dan kiri strut tower dari shock breaker serta terhubung ke bagian sasis mobil.

2. Rear Lower Bar

ini-jenis-dan-fungsi-stabilizer-yang-terdapat-di-suspensi-mobil

Bagian Rear lower bar bekerja untuk menghubungkan lower arm dengan sasis. Fungsinya pun juga membantu mengendalikan roda mobil untuk tetap stabil dan bisa dikuasai oleh pengemudi.

Selain itu, lower arm Hal ini dapat membuat kinerja lower arm lebih baik dan performa dari mobil semakin meningkat. Lower arm sendiri memiliki fungsi untuk mengendalikan dan menstabilkan roda mobil ketika mengaspal di permukaan jalan.

3. Anti Roll Bar

ini-jenis-dan-fungsi-stabilizer-yang-terdapat-di-suspensi-mobil

Anti roll bar berfungsi menjaga keseimbangan empat ban mobil. Hal ini terjadi karena ban belakang kehilangan cekngramannya dan ban depan kehilangan traksinya.

Pada dasarnya hal ini dikenal dengan istilah oversteer, dimana mobil yang bergerak dengan menggunakan roda belakang (RWD). Sementara itu, mobil yang kehilangan traksi biasanya terjadi pada mobil dengan penggerak roda depan (FWD).

Nah, disinilah fungsi dari Anti Roll Bar. Fungsi stabilizer mobil ini ditambahkan di pada suspensi bagian belakang mobil.

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga