fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Hati-hati Menjaga Aki Mobil, Seperti Ini Cara Merawatnya Supaya Awet
Article 01

Tak pernah diduga, namun selalu menyapa. Begitulah kira-kira gambaran aki mobil. Beberapa gangguan ini kerap datang secara tiba-tiba dan membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.

Untuk itu, pemilik mobil sekiranya wajib untuk memperhatikan komponen mobil yang satu ini. Lalu, bagaimana cara merawat aki mobil supaya awet? Apalagi, hal ini penting untuk dilakukan mengingat usia aki sebenarnya relatif panjang dibandingkan dengan komponen lain untuk mobil.

Cara merawat aki suapa awet pun sebenarnya sangat mudah. Bisa dilakukan dan dicek sendiri di rumah. Berikut beberapa panduan sederhananya.

Masalahnya, orang sering tidak telaten merawat aki. Berikut beberapa fakta yang harus diperhatikan:

Hindari masalah yang tidak diinginkan dengan melakukan perawatan rutin. Caranya tidak sulit, tinggal bagaimana pemilik rajin dan berdisiplin saja.

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

Baca juga: Ini Pemicu Klep Mobil yang Bocor dan Akibatnya Jika Tidak Dirawat

1. Cek terminal aki

hati-hati-menjaga-aki-mobil,-seperti-ini-cara-merawatnya-supaya-awet

Bagian kecil, namun punya peran penting bagi aki. Bagian terminal atau dikenal juga dengan klep positif dan negatif harus dibersihkan dari kotoran atau debu yang menempel.

Apalagi, bagian aki biasanya tertutup dan memungkinkan komponen mobil yang satu ini ditumbuhi jamur hingga berkarat. Membersihkan bagian klep adalah hal wajib dan paling sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri.

Selain itu, periksa selalu apakah bagiah terminal ini longgar atau tidak. Jika longgar bukan tidak mungkin akan menimbulkan gangguan pada sistem hingga kelistrikan.

Oleh karena pastikan kamu selalu mengeek bagian ini ketika merawat aki mobil.

2. Menjaga cairan elektrolit

hati-hati-menjaga-aki-mobil,-seperti-ini-cara-merawatnya-supaya-awet

Satu alat pelengkap yang bisa kamu pilih untuk merawat aki adalah dengan menggunakan battery tested. Tujuannya adalah agar dapat mengetahui kondisi aki apakah masih prima atau tidak. Cara melakukannya pun sederhana, kamu bisa langsung datang ke bengkel untuk memastikan kondisi aki berjalan normal.

Hal penting lainnya dalam proses ini adalah untuk menjaga cairan elektrolit tidak kurang. Selain itu, rajin-rajin memanaskan mobil juga akan mampu menguatkan daya aki mobil meski jarang digunakan.

3. Cek indikator di dashboard

hati-hati-menjaga-aki-mobil,-seperti-ini-cara-merawatnya-supaya-awet

Pastikan untuk selalu teliti melihat indikator aki di dashboard. Secara umum, ketika mesin mobil dinyalakan aki akan mengeluarkan energi dan menyalurkannya ke seluruh sistem mobil.

Jika mesin menyala dan indikator juga ikut menyala, maka aki mobil kamu baik-baik saja. Namun, jika tidak menyala maka pengisian aki berjalan tidak baik.

Jika masih tetap belum menyala, Carsworld menyarankan agar mengonsultasikan kendala ini bersama mekanik atau montir di bengkel yang terpercaya.

4. Diganti secara berkala

hati-hati-menjaga-aki-mobil,-seperti-ini-cara-merawatnya-supaya-awet

Kalau yang satu ini masuk dalam perawatan mobil secara berkala. Normalnya aki mobil punya umur ekonomis yang berkisar hingga tiga tahun.

Ketika aki mobil sudah mulai tak terurus dan soak, maka lakukan pergantian sesegera mungkin. Meskipun cara merawat aki mobil supaya awet tetap dilakukan dengan rajin, namun ketika sudah habis masa waktunya, maka aki sangat wajib untuk diganti dengan yang baru.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Baca juga: Mudik Tertunda, Yuk Kenali 8 Komponen Aki Mobil Ini Saat Di Rumah

Artikel Rekomendasi

Baca juga