fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Hati-hati! 4 Faktor Ini Jadi Penyebab Mobil Turun Mesin
Article 01

Masalah mesin mobil memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi, jika istilah "mobil sedang mengalami penurunan daya mesin. Beberapa penyebab mobil turun mesin memang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Butuh analisa yang lebih dalam dari para teknisi atau montir berpengalaman untuk membuat kesimpulan ini. Namun, beberapa hal penting berikut ini bisa saja menjadi faktor penyebab mobil turun mesin.

Baca juga: Lakukan 6 Cara Ini Ketika Akan Mematikan Mesin Mobil

1. Terlalu panas

hati-hati-4-faktor-ini-jadi-penyebab-mobil-turun-mesin

Mesin mobil yang terlalu panas menjadi salah satu indikasi penyebab turun mesinnya sebuah mobil. Jika terlalu panas, beberapa kerusakan terjadi bagian-bagian penting mobil. Oli dengan air bisa saja tercampur, bagian kelapa silinder bisa saja melengkung.

Jika hal-hal kecil seperti ini terjadi, bukan tidak mungkin akan berefek pada tenaga mesin itu sendiri. Jadi,, agar mobil tidak turun mesin pastikan agar menjaga mobil berada dalam kondisi yang tidak terlalu panas atau bahkan overheating.

2. Oli yang tak berkualitas

hati-hati-4-faktor-ini-jadi-penyebab-mobil-turun-mesin

Pelumas atau oli mobil yang tidak berkualitas pun bisa menjadi andil kenapa terjadinya penurunan pada daya mesin mobil. Apalagi, jika fungsi dari pelumas yang tidak bisa bekerja dengan baik, maka komponen-komponen lainnya pun tidak akan bekerja dengan maksimal.

Pengecekan oli mobil sangat penting untuk mesin. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan indikator pelumas atau oli untuk mengetahui kondisi cairan yang satu ini. Tuajuannya tentu saja adalah agar tidak terjadinya penurunan kinerja mesin mobil.

3. Timing belt tidak bekerja

hati-hati-4-faktor-ini-jadi-penyebab-mobil-turun-mesin

Hal lain yang menjadi penyebab mobil turun mesin adalah karena fungsi timing belt yang tidak bekerja.

Fungsi komponen yang satu ini adalah mendorong tenaga dari poros engkol. Alhasil, piton dan katup saling bertabrakan. Jika ini terjadi, maka kinerja mesin mobil lagi-lagi tak berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan lagi untuk mengecek komponen mobil yang satu ini sebelum melakukan perjalanan.

4. Volume air terlalu tinggi

hati-hati-4-faktor-ini-jadi-penyebab-mobil-turun-mesin

Bukan, ini bukan tentang air radiator. Namun volume air yang bisa masuk ke dalam mobil. Biasanya ini terjadi ketika mobil melalui jalanan yang banjir atau sedang berada dalam jalanan dengan curah hujan tinggi.

Air akan masuk dalam saluran hisap, dan singgah di ruang bakar. Jika ini terjadi secara terus-menerus dan tidak pernah diperiksa, maka bisa menyebabkan gangguan pada piston mobil.

Hal ini bisa menyebabkan terjadi turun mesin mobil dan wajib mendapatkan perawatan serius.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Baca juga: 4 Gejala Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Artikel Rekomendasi

Baca juga