fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Fakta Tambal Ban Mobil, Tak Perlu Habiskan Ratusan Ribu Rupiah
Article 01

Gangguan pada kendaraan beragam banyaknya. Gangguan yang kerap kali membuat kita menghela nafas atau geleng-geleng kepala salah satunya adalah ban bocor. Jika proses pergantian ban terasa berat, tak jarang tambal ban adalah solusinya.

Beberapa waktu yang lalu, berita tambal ban yang viral di Banyuwangi karena ongkosnya yang selangit bisa jadi pembelajaran buat pemilik mobil.

Tambal ban untuk mobil pun sebenarnya tak perlu harus mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah. Namun, bisa dilakukan lebih murah dari itu. Namun, sebelumnya, Carsworld akan berbagi tentang beberapa hal terkait macam-macam dan fakta tambal ban yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Fakta dan Perbedaan Pengisian Tekanan Udara Pada Ban Mobil

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Servis Mobil Saat Servis Berkala

1. Tambal "payung"

fakta-tambal-ban-mobil,-tak-perlu-habiskan-ratusan-ribu-rupiah

Selain mengganti ban, model tambal payung pada ban mobil adalah hal yang umum terjadi pada pemiliki kendaraan roda empat.

Cara menggunakannya biasanya menggunakan karet penambal yang berbentuk seperti payung dan kemudian ditempatkan pada bagian ban yang bocor menggunakan angin kompresor.

Cara kerjanya pun sederhana. Yaitu, dengan menutup lubang pada ban yang rusak dari dalam, namun ban harus dilepaskan dulu dari peleknya.

Tambal payung kerap disebut sebagai solusi cepat mengatasi masalah ban mobil yang lebih baik, dan lebih bertujuan untuk jangka panjang penggunaan kendaraan.

Baca juga: Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Tambal "cacing"

fakta-tambal-ban-mobil,-tak-perlu-habiskan-ratusan-ribu-rupiah

Cara kedua dan juga cukup sering dijadikan solusi disebut dengan tambal cacing. Proses pengerjaannya adalah dengan melebarkan bagian lubang pada ban dan kemudian ditutup dengan lem.

Untuk menutupinya lagi, digunakan sebuah karet yang mampu menambal bagian bocor tersebut. Nah, karet ini yang kemudian dijadikan sebagai penutup sementara untuk ban.

Meskipun harganya hanya puluhan ribu saja, sayangnya, cara ini hanya untuk jangka pendek atau sifatnya sementara. Karena, karet ban pusa robek lebih besar setelah mendapatkan tambalan. Bahkan, lapisan benang pun akan berimbas pada daya tahan ban.

Proses tambal ban mobil memang tidak sesederhana seperti motor. Beberapa faktornya adalah karena permukaan dinding ban harus dikikis terlebih dahulu.

Lebih dari itu, apa pun jenis penambalan ban mobil akan membuat konstruksi ban menjadi rusak, dan tentu saja daya tahannya tak lagi prima. Jika ini terjadi, sebaiknya segera ganti ban mobil atau menjadikan ban yang sudah ditambal tadi sebagai ban cadangan saja.

Jika perlu, pergantian ban dilakukan melalui mekanik atau montir yang berpengalaman, agar proses pemasangannya berjalan dengan baik.

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

Baca Juga: 3 Tips Mudah Untuk Merawat Velg Mobil Agar Terlihat Gagah

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga