fbpx Carsworld
Fakta Perjalanan Toyota Corolla, Dari Sedan Menuju SUV
Article 01

Toyota baru saja merilis mobil SUV terbarunya di Thailand pada tanggal 9 Juli 2020 kemarin. Uniknya, mobil ini merupakan regenerasi dari mobil sedan yang identik dengan nama Corolla. Diberi nama Toyota Corolla Cross 2020, mobil terbaru ini justru bukan lagi sedan, namun sebuah mobil SUV.

Seperti yang mungkin sudah diketahui oleh beberapa penggemar otmotif, Toyota Corolla sudah hadir di Indonesia menjelang akhir tahun '70-an yang lalu.

Sejak saat itu pula, Toyota Corolla selalu identik dengan sedan. Kini, seiring berjalannya waktu, Toyota Corolla pun tak lagi identik dengan sedan. Setidaknya, inilah yang terlahir di tahun 2020.

Sembari menunggu kehadiran Toyota Corolla Cross 2020 yang akan dikenalkan di Indonesia, tidak salah rasanya untuk mengikuti sepak terjang perjalanan Toyota Corolla dari waktu ke waktu selama di Indonesia.

Baca juga: 7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi

1. Corolla KE20

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Mobil yang berbentuk kotak, dan hadir dalam empat pintu. Inilah penanda awal kehadiran Toyota Corolla di Indonesia. Bisa dibilang, Corolla yang pertama kali hadir di Indonesia adalah sedan generasi keduanya dengan kode mobil KE20. Sementara itu, untuk generasi pertama, Toyota tidak menghadirkannya di Indonesia.

Mendapatkan sambutan yang hangat pada saat itu, Toyota mulai memproduksi mobil ini secara masal dan menjadikan Toyota Corolla sebagai salah satu mobil favorit masyarakat Indonesia.

2. Corolla KE30

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Bisa dibilang sebagai generasi ketiga dari mobil sedan Toyota Corolla. Mobil ini tampil sedikit berbeda karena desainnya agak berubah membentuk elips.

Generasi ketiga ini juga hadir dengan kode nama KE30 Mobil ini bahkan sudah menggunakan sistem transmisi manual 4 percepatan.

3. Corolla DX

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Kembali seperti desain yang awal, dan berbentuk kotak serta memiliki kode KE70, mobi ini dikenal juga dengan Corolla DX. Bisa dibilang, mobil adalah "mobil legend" dari Toyota. Sangat populer di era '80-an dan era '90-an, bahkan masih disimpan oleh beberapa kolektor mobil langka hingga saat ini.

4. Corolla GL

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Corolla GL yang satu ini merupakan generasi kelima. Hadir berbarengan Toyota Corolla DX dan punya tempat di hati para penggemar otomotif di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan waktu, Corolla GL pun hadir dalam edisi yang lebih modern. Bahkan, tenaga penggeraknya pun sudah disalurkan pada roda depan. Mobil ini menggunakan tenaga yang diberi nama 1.3 liter SOHC karburator.

Namun, uniknya meskipun punya tempat sendiri di hati para penggemar otomotif, Corolla GL terlihat "kalah pamor" dari Corolla DX.

5. Corolla "TwinCam"

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Generasi ke-6 dari Corolla yang berkode bodi AE92 pun bisa dibilang sukses menarik perhatian penggemar otomotif di Indonesia. Pada masanya, mobil ini identik dengan sebutan Corolla "TwinCam".

Salah satu rujukannya adalah karena mobil ini hadir dengan teknologi camshaft yang disebut dengan TwinCam.
Selain itu, yang membuat mobil ini menarik perhatian pada saat itu adalah karena Toyota menghadirkan varian mobil dengan tiga mesin pilihan berbeda.

6. "Great Corolla"

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Mendengar namanya, sebagian generasi yang belum kenal dengan mobil ini mungkin akan berpikir, bahwa ini adalah mobil terbaik Toyota untuk sedan Corollanya.

Hadir pada tahun 1993, Toyota memberikan pembaruan yang dinamis dan mengikuti zamannya. Great Corolla hadir dengan dua pilihan mesin pada saat itu.

Namun, mesin yang populer pada saat itu adalah 2E berkapasitas 1.3 liter karburator serta sebuah mesin 4A-FE berkapasitas 1.6 liter DOHC injeksi. Jika diukur pada masanya, beberapa penggemar otomotif pun menjatuhkan hati mereka pada mobil ini pada masanya.

Tak jarang, pada pertengahan '90-an mobil ini banyak ditemukan di jalanan di beberapa kota besar Indonesia.

7. All New Corolla

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Generasi kedelapan mobil Toyota Corolla yang disebut dengan All New Corolla. Sebuah sedang yang sudah menggunakan mesin 4A-FE berkapasitas 1.6 liter DOHC injeksi.

Mobil ini hadir menjelang penghujung '90-an plus, mendapatkan pembaruan melalui versi facelift dengan menggunakan mesin 7A-FE berkapasitas 1.800 cc DOHC injeksi. Bahkan, pada masa ini mobil All New Corolla sudah menghadirkan sistem rem ABS dan bahkan Dual Airbags untuk sistem keamanan.

8. Corolla Altis

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Era milenium merupakan sebuah gambaran baru bagi perjalanan sedang Corolla. Penggunaan nama baru pun menjadi unggulan. Namanya mobil sedang ini pun berganti menjadi Corolla Altis.

Desain dan tampilannya pun berbeda, plus mulai disesuaikan sehingga terlihat seperti City Car. Bahkan, tak jarang pula mobil ini sudah masuk dalam kategori sedan mewah.

9. Grand New Corolla Altis

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Nama Altis masih dipertahankan, namun ditambahkan dengan embelan Grand New Corolla yang dikenalkan pada tahun 2006. Pilihan mesinnya pun dibuat bervariasi, yaitu yaitu 2ZR-FE berkapasitas 1.800 cc DOHC dan mesin 3ZR-FE 2.000 cc DOHC Dual VVT-i.

Pada masa ini, mobil tersebut sudah mengeluarkan sistem transmisi otomatik CVT.

10. Corolla Altis generasi ketiga

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Mobil yang dirilis pada tahun 2014, bisa dibilang sebagai pembaruan pada Toyota Altis sebelumnya. Mobil hadir dengan penggunaan mesin 2ZR-FE berkapasitas 1.800 cc DOHC dual VVT-i dan sudah menggunakan transmisi matik CVT.

11. Toyota Corolla 2019

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv

Perjalanan panjang Toyota Corolla di Indonesia pun berlanjut hingga tahun 2019. Sebelum Toyota Corolla Cross 2020 dirilis beberapa waktu yang lalu, Toyota melakukan pembaruan pada tahun 2019.

Mobil sedang ini seperti punya eksklusifitas sendiri. Desainnya pun premium. Ditambah lagi, mesin yang digunakan pun mulai menggunakan mesin Hybrid.

Toyota menambahkan mesin bensin 2ZR-FE berkapasitas 1.8 liter dengan motor listrik untuk jenis mobil yang satu ini.

Ditambah dengan istem transmisi otomatik CVT 7 percepatan hingga fitur keselamatan Toyota Safety Sense untuk mobil Toyota Corolla Altis 2019.

Baca juga: Perjalanan Toyota Corolla, Dari Sedan ke SUV Bernama Cross

Baca juga: Toyota Siap Kenalkan SUV Terbaru, Hadir dengan Dua Pilihan Mesin

Toyota Corolla Cross 2020

langkah-perjalanan-toyota-corolla,-dari-sedan-menuju-suv-Cross-2020

Baru saja dikenalkan, pada tanggal 9 Juli 2020, perjalanan mobil sedang Corolla pun berganti menjadi SUV. Kali ini Corolla tak lagi tergabung dalam jajaran sedan seperti mobil-mobil yang sudah diproduksi sebelumnya.

Kali ini Toyota bermain di segmen crossover. Kalau sudah begini, desainnya pun berganti seperti mobil-mobil SUV lainnya. Beberapa pembaruan di masa kini pun menjadi keunggulan.

Beberapa diantaranya penggunaan mesin bensin 2ZR-FBE 1.8 empat silinder. Tak ingin ketinggalan momentum, hadir pula versi hybrid 2ZR-FXE 1.8 liter yang dikombinasikan dengan motor elektrik dan transmisi e-CVT.

Rencananya, mobil Toyota Corolla Cross 2020 ini juga akan dipasarkan di Indonesia nantinya. Apakah mobil ini mampu menuai kepopuleran seperti halnya mobil-mobil Toyota lainnya.

Artikel Rekomendasi
6 Kerugian Jika Mobil Tidak Mengikuti Jadwal Servis Berkala
6 Kerugian Jika Mobil Tidak Mengikuti Jadwal Servis Berkala

Kerugian yang harus diterima jika mobil sering kali diabaikan jadwal servis berkalanya. Salah satunya adalah bikin dompet jadi boros. Apa lagi yang lainnya?

Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online
Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online

Booking bengkel mobil online terdekat kini bisa dilakukan menggunakan aplikasi servis mobil online dari Carsworld

7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi

Fakta-fakta menarik tentang macam-macam Mitsubishi Pajero, termasuk versi Sport yang rencananya akan disunti mati di Jepang,

Baca juga