fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Fakta Ganti Oli Mobil yang Wajib Diketahui Sebelum ke Bengkel
Article 01

Masuk dalam salah satu bagian perawatan berkala, ganti oli mobil tentunya adalah hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pemiliki mobil. Namun, ada beberapa hal penting yang wajib diketahui oleh pemilik mobil.

Salah satunya adalah karena oli mobil punya batas waktu pemakaian. Selain itu, jika terlalu lama, maka oli mobil pun bisa kotor dan bahkan perlu dikuras. Fakta0fakta umum ini tentunya sudah kamu ketahui.

Lalu, bagaimana dengan fakta-fakta ganti oli mobil lainnya?

Baca juga: 8 Pertanda dan Pengingat Mobil Kamu Harus Ganti Oli Mesin

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat Untuk Kendaraan

1. Gonta-ganti oli merk mobil

fakta-ganti-oli-mobil-yang-wajib-diketahui-sebelum-ke-bengkel

Salah satu yang kerap membuat pemilik mobil sedikit binggung adalah hadirnya pilihan berbagai macam merk oli mobil. Ha ini masih ditambah dengan jenis oli mobil itu sendiri, seperti oli sintetik, semi sintetik hingga oli mineral. Namun, untuk jenis ini tentunya disesuaikan dengan jenis mobil pula.

Lalu, bagaimana dengan merk oli? Apakah boleh berganti-ganti merk? Dikutip dari Yourmechanic, pergantian merk oli mobil merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kekentalan olinya sudah sesuai dengan standar pabrikan mobil.

Selain itu, jika memang ingin berganti merk oli mobil dan sudah memerhatikan kekentalan olinya, pastikan untuk selalu emnguras oli lama dan baru kemudian diisi dengan oli baru.

2. Bedakan oli asli dan palsu

fakta-ganti-oli-mobil-yang-wajib-diketahui-sebelum-ke-bengkel


Dari sekian banyak merk oli yang saat ini beredar, pemilik mobil juga harus pintar untuk membedakan mana yang asli dan palsu. Oleh karena itu perhatikan apakah oli tersebut memang punya standar tersendiri dan sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Pilihan lainnya kamu bisa datang ke bengkel-bengkel terpercaya ketimbang bengkel-bengkel mobil terdekat yang kualitasnya masih diragukan. Cara ini meminimalisir terhindar dari penggunaan oli palsu yang akan merugikan kamu sendiri.

3. Waktu pergantian oli

fakta-ganti-oli-mobil-yang-wajib-diketahui-sebelum-ke-bengkel

Banyak referensi tentang kapan saatnya waktu pergantian oli mobil. Namun, selain referensi yang tentunya sudah kamu dapatkan dari pabrikan mobil ini, ada hal penting lain yang wajib diketahui tentang pergantian oli mobil.

Jarak waktu pergantian interval harus benar-benar dicek secara detil. Hal ini mengingat oli bekerja untuk mesin dan usianya pastinya cukup singkat. Oleh karena itu, dasar ini yang menjadikan kamu wajob melakukan servis berkala.

4. Kode oli

fakta-ganti-oli-mobil-yang-wajib-diketahui-sebelum-ke-bengkel

Meskipun kamu punya pilihan berganti merk oli mobil, namun ada hal lain yang harus diwaspadai. Oli mobil punya kode khusus dalam setiap label produknya. Hal ini untuk memberikan gambaran bahwa oli disesuaikan dengan teknologi mesin yang berbeda-beda.

Jadi, jangan asal-asalan dalam melakukan ganti oli mobil ya.

Baca juga: 4 Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil yang Berkerak Karena Oli

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis termasuk tips memilih oli mobil yang baik untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna smarpthone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga