fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala
Article 01

Sudah cek kondisi kendaraan kamu saat ini. Sudahkah melakukan servis berkala mobil baru kamu? Carsworld tidak akan pernah bosan untuk saling mengingatkan agar pemilik mobil selalu melakukan servis berkala untuk mobilnya.

Setelah berbagi tips untuk memilih bengkel yang tepat saat servis mobil berkala, sekarang saatnya mengetahui komponen apa saja yang akan diperiksa ketika mobil kamu akan diservis.

Baca Juga: Cari Bengkel Mobil Paling Dekat? Ikuti Dulu Tips Berikut

Baca Juga: 9 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

1. Ban mobil

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Terkadang melewati jalanan tertentu bukanlah fokus kita sebagai pemilik mubil. Ada yang benar-benar berhati-hati saat mengemudikan mobilnya, ada juga asal main trabas saja.

Apa pun kondisi jalan yang sudah kamu lalu bersama sang mobil, wajib untuk memeriksakan kondisi ban mobil. Apalagi, jika tekstur ban sudah menipis, daya geseknya pun akan berkurang. Jika ini terjadi, maka risiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja.

Nah, saat servis berkala, kondisi ban mobil kamu wajib dikonsultasikan dengan montir atau teknisi yang ada di bengkel. Ban mobil nantinya bisa disesuakan dengan karakter mobil.

Siklus pergantian ban harus dilakukan secara teratur. Biasanya ketika kamu sudah menempuh perjalanan sepanjang 40.000 Km, kondisi ban harus diganti. Jika sudah waktunya di ganti, maka sebaiknya jangan ditunda-tunda. Tujuannya untuk keselamatan kamu sendiri ketika berkendara.

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

2. Aki

Pernah mengalami sistem alarm mobil kamu tidak bekerja? Atau tiba-tiba alarm mobil tidak berfungsi. Salah satu yang harus di cek adalah bagian aki mobil.

Pastikan untuk melakukan pengecekan pada aki mobil kamu. Misalnya, air pada aki basah harus dikelola secara berkelanjutan. Jika sudah saatnya diganti, pastikan untuk melakukan perawatan ini di bengkel-bengkel terpercaya.

Karena aki basah atau aki kering pada dasarnya wajib diganti setiap tahun dan dilakukan secara berkala.

3. Bagian oli

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Nah, ini komponen mobil yang wajib dan harus selalu mendapatkan perhatian. Beberapa pabrikan mobil biasanya menyarankan untuk mengganti oli mobil jika sudah digunakan sepanjang 1.000 km pertama.

Apalagi, oli sangat penting agar proses pembakaran mobil berlangsung sempurna. Jika tidak mobil tidak akan berada dalam kondisi yang benar-benar prima.

Selain oli yang harus diganti, jangan lupa untuk mengganti filter oli. Jika kamu rajin melakukan servis berkala, biasanya para montir atau teknisi akan selalu mengecek kondisi keseluruhan baik bagian filter atau oli itu sendiri.

4. Kanvas rem

Fungsi rem sangat vital bagi mobil. Oleh karena itu, komponen ini pun wajib mendapatkan perbaikan secara berkala. Pemakaian mobil yang terus dilakukan, biasanya akan membuat kanvas rem menjadi menipis. Konsekuensi terburuknya, mulai muncul gangguan-gangguan yang akan membuat mobil terasa tidak nyaman ketika dikemudikan.

Mulai dari suara berdecit saat mengerem, hingga injakan rem yang tak maksimal adalah beberapa pertanda jika kanvas rem butuh perbaikan.

Jika kamu mengalami kejadian seperti, pastikan bagian kanvas rem mendapatkan perbaikan dari teknisi profesional dan bengkel-bengkel terbaik untuk mobil.

Baca juga: Tips Merawat Rem Mobil Demi Menjaga Keamanan Berkendara

5. Kanvas kopling

daftar-komponen-mobil-yang-wajib-mendapatkan-servis-berkala

Jika tenaga mesin tidak bisa berjalan maksimal menuju ban, maka bisa saja penyebabnya adalah kopling. Gangguan pada mobil ini terjadi ketika kanvas kopling sudah semakin menipis.

Namun, hal penting tentang pergantian kanvas kopling adalah ketika merasakan bau yang tidak nyaman dari kopling. Terutama ketika akan melakukan pengereman di jalanan memiliki kontur menanjak.

Rekomendasari dari pabikan pun menyarankan sebaiknya mengganti kanvas kopling ketika mobil sudah melalui jalanan dengan jarak 10.000 Km atau lebih.

6. Filter AC

Tak pernah dibersihkan, apalagi diganti. Bisa saja menjadi alamat buruk untuk AC Mobil. Tanpa disadari, bagian filter AC jadi tempat menumpuknya kotoran atau bahkan bakteri dan kuman.

Jika tak diganti, maka akan membuat AC menjadi tidak maksimal. Hasilnya? Ketidaknyamanan akan terjadi pada siapa pun yang berada di dalam mobil kamu.

Namun, yang paling penting dari komponen ini adalah filter AC menjadi salah satu persyaratan servis mobil berkala ketika kamu sudah melalui jalanan sepanjang 20.000 km.

7. Busi

Bagian yang mungkin jarak diutak-atik, namun busi punya fungsi yang sata besar agar mobil kamu bisa melaju. Jika busi sudah terlalu kotor, maka ada yang salah dengan komponen mobil yang satu ini.

Apalagi, jika bahn bakar sudah mulai terasa boros, maka pergantian busi mobil harus dilakukan sesegera mungkin. Selain bisa dibersihkan, busi mobil pun sebaiknya harus segera diganti ketika kamu sudah menempuh perjalanan sepanjang 20.000 Km.

8. Filter udara

Hampir sama seperti AC, filter udara adalah hal yang mungkin saja kerap diabaikan oleh para pemilik mobil. Apakah kamu salah satunya? Mudah-mudahan saja tidak.

Sebab, jika kamu mengabaikan komponen mobil yang saru ini akan membuat bahan bakar mobil menjadi boros. Rekomendasi dari pabrikan adalah filter udara pada mobil wajib dibersihkan secara berkala.

Lebih dari itu, filter udara mobil kamu harus diganti ketika sudah menemppuh jalan sepanjang 40.000 Km.

9. Lampu

Jangan anggap enteng komponen mobil yang satu ini. Semakin sering kamu mengemudikan mobil, maka secara sederhananya, semakin sering pula fungsi lampu mobil bekerja.

Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan secara rutin pada bagian komponen yang satu ini. Cek selalu apakah lampu sudah berfungsi sesuai dengan kerjanya.

Jika tiba-tiba fungsi lampu tidak berjalan dengan baik, sangat disarankan untuk melakukan pergantian sesegera mungkin. Biasanya, fungsi lampu mobil tidak akan bekejer maksimal jika sudah digunakan selama lebih dari satu setengah tahun.

Jika mobil kamu berada dalam kondisi seperti ini, pastikan untuk sesegera melakukan servis berkala pergantian lampu mobil.

Baca juga: 5 Komponen Penting Mobil Ini Wajib dicek Menjelang Musim Hujan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga