fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak
Article 01

Banyak hal yang bisa memengaruhi ketidaknyamanan pengemudi dalam menggunakan kendaraannya. Salah satunya adalah karena komponen kaki-kaki mobil rusak.

Tidak hanya itu, kaki-kaki mobil pun tidak hanya terdiri dari satu bagian saja, namun didukung oleh bagian-bagian lainnya dari mobil. Jika kamu pernah mengalami kerusakan atau gangguan pada kaki-kaki mobil, cek lima komponen kaki-kaki mobil yang rawan dengan kerusakan berikut ini.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

Baca juga: Keuntungan Spooring Balancing Bagi Kenyamanan Mobil

1. Ban mobil

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak


Sudah jelas, ban mobil merupakan salah satu bagian dari kaki-kaki mobil. Performa ban yang baik adalah ban yang bisa dirawat dengan dengan baik. Salah satu hal penting yang rawan kerusakan dari ban ini adalah mudah aus atau menipis karena bekerja setiap waktu untuk memperlancar gerakan mobil.

Jika tidak ingin ban mengalami kerusakan, solusi paling mudah adalah dengan melakukan rotasi ban yang bahkan sudah dianjurkan oleh pabrikan mobil.

2. Bushing arm

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak


Namanya mungkin tak terlalu familiar di telinga, namun komponen yang satu ini begitu penting bagi mobil. Bushing arm merupakan titik tumpu roda dan pencengkeram roda. Salah satu fungsinya adalah untuk meredam getaran pada kaki mobil.

Nah, kalau fungsinya sudah penting seperti ini, maka jika Bushing arm mengalami kerusakan akan menganggu siapa saja yang mengendarai mobil. Selain itu, jika sudah tak berfungsi baik lagi, maka suara bisisnya akan benar-benar menganggu.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Bushing arm sedang bermasalah adalah dengan melihat arah laju mobil. Orang yang biasa mengemudikan mobil pun pasti tahu karena akan merasakan pergerakan mobil yang begitu mudah melenceng ke kanan atau ke kiri, meskipun posisi mobil sudah dibuat berada lurus ketika berkendara.

3. Bearing

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak

Stabil atau tidaknya laju mobil sangat dipengaruhi oleh komponen mobil yang satu ini. Selain itu fungsi dari adalah mampu menjadi bantalan roda.

Jika kamu pernah mengalami perputaran roda atau pernah mendengarkan suara bising ketika mengendarai mobil, berarti ada gangguan pada Bearing mobil. Jangan ditunda, segera lakukan perawatan atau jika memungkinkan pergantian Bearing baru agar mobil kembali nyaman untuk dikemudikan.

4. Per

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak

Mungkin dianggap tak pernah ada, namun bagian per pada mobil merupakan hal yang sangat penting. Kerusakan parah yang kerap terjadi adalah per kerap patah tanpa diketahui.

Namun, jika ditelisik lebih dalam beberapa bagian per mobil yang rusak dapat dilihat dari bantalan per. Hal ini bisa didengar jika dari bunyi mobil yang berderit.

Solusi agar per mobil tidak mudah rusak, sebenarnya cukup sederhana. Kamu wajib membersihkan bagian mobil yang satu ini sesering mungkin. Apalagi, jika mobil baru saja melewati genangan banjir atau berada dalam kondisi cuaca hujan.

Bagian per biasanya akan jadi salah satu komponen yang berpotensi mengalami kerusakan dan jadi tempat berkumpulnya air dan kotoran.

5. Shockbreaker

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak


Melewati jalan yang berbulang atau permukaan jalan yang tidak rata pastinya pernah dilakukan oleh siapa pun juga. Namun, jangan khawatir, karena mobil punya komponen bernama shockbreaker yang mampu meredam mobil dari guncangan.

Namun, namanya juga komponen, pastinya punya usia yang sudah kadaluarsa juga. Oleh karena itu, jika komponen yang satu ini sudah tidak dapat berjalan dengan baik lagi, maka kemampuan redamnya menahan tekanan pun berkurang.

Jika sudah waktunya diganti, lakukan sesegara mungkin. Jangan gunakan s shockbreaker yang abal-abal agar mobil selalu berada dalam kondisi yang prima.

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Pada Suspensi Mobil yang Berbahaya

Baca juga: Tips Merawat Suspensi Mobil ? Kenali Dulu Gejala Kerusakannya

Solusi kaki-kaki mobil tidak rusak

Selain melakukan pengecekan komponen-komponen yang menyebabkan komponen kaki-kaki mobil rusak, kamu juga perlu menyesuaikan atau mengandalikan hal-hal di luar komponen tersebut. Berikut beberapa diantaranya.

1. Gunakan Velg yang Sesuai

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak

Tampil gaya dengan velg boleh-boleh saja. Namun, hal penting yang perlu diketahui adalah pemilihan velg. Untuk merawat kaki-kaki mobil, gunakan velg yang spesifikasinya sesuai dengan mobil kamu.

Jika velg terlalu besar, meskipun terlihat keren, namun akan menganggu keseimbangan komponen yang terkait dengan bagian kaki-kaki mobil.

2. Mengemudi tidak asal-asalan

cek-5-bagian-komponen-kaki-kaki-mobil-yang-rawan-rusak


Kalau yang satu ini, kembali lagi ke niatan pengemudi mobil. Namun, jika menginginkan kaki-kaki mobil tetap kuat dan jauh dari gangguan, kamu harus bisa mengendalikan diri sendiri saat mengemudikan mobil.

Jangan pernah asal-asalan dalam mengemudikan mobil. Jangan pernah menghantam jalanan yang tidak rata atau berlubang dengan kecepatan tinggi.

Berhati-hatilah mengendari mobil ketika melewati polisi tidur pun juga wajib dilakukan. Menerobos polisi tidur dengan kecepatan tinggi akan membuat kaki-kaki mobil akan terganggu performanya.

Baca juga: Nyetir Tidak Nyaman? Kenali Gejala Kerusakan Pada Tie Rod Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga