fbpx Carsworld
Cari Servis Mobil di Bengkel Terdekat? Jangan Lupa Cek Komponen ini
Article 01

Tak bisa dipungkiri, beberapa pemilik mobil kerap mencari bengkel terdekat agar kendaraan roda empat yang dimiliki lebih mudah mendapatkan perawatan.

Menemukan servis mobil bengkel terdekat memang mudah. Namun, apakah pelayanannya sudah memuaskan? Benarkah kondisi mobil kamu benar-benar nyaman dikendarai setelah diservis? Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sangat sering terlintas di pikiran setelah menemukan bengkel-bengkel mobil terdekat yang pernah kamu lihat.

Apa pun itu, yang patut diperhatikan adalah memeriksakan kondisi mobil kamu di bengkel-bengkel terdekat yang memberikan perawatan maksimal. Apalagi, di tengah kondisi cuaca yang cenderung mulai masuk ke musim kemarau, dimana cuaca panas akan mulai mengintai kondisi mobil.

Jadi, saat menemukan bengkel-bengkel terdekat dan terpercaya dalam memberikan perawatan, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada enam komponen mobil ini, di saat memasuki musim kemarau.

Baca Juga: Cek Biaya Paket Servis Mobil di Bengkel Secara Online dengan Aplikasi Ini

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Servis Mobil Secara Online

1. Cek baterai aki

cari-servis-mobil-di-bengkel-terdekat?-jangan-lupa-cek-komponen-ini


Tak bisa terelakkan, musim kemarau kerap menimbulkan gelombang panas yang bisa memberikan efek pada mobil. Salah satunya adalah pada bagian komponen bernama aki.

Jika suhu udara terus-terusan panas, maka ini bisa mengakibatkan bairan pada aki basah dengan cepat menguat. Imbas, kinerja baterai pada aki pun secara perlahan akan terkuras.

Oleh karena itu, sembari mencari bengkel servis mobil terdekat, pastikan untuk memeriksakan kondisi aki mobil. Jika tidak, mobil akan sulit untuk dinyalakan.

2. AC mobil

cari-servis-mobil-di-bengkel-terdekat?-jangan-lupa-cek-komponen-ini


Tanpa AC, mengendari mobil memang menjadi tidak nyaman. Apalagi, jika AC mobil tiba-tiba mati total. Memang, musim kemarau bukan satu-satunya penyebab AC Mobil menjadi rusak. Namun pertukaran udara yang terjadi di bagian komponen ini bisa saja memburuk karena musim kemarau yang kerap menghadirkan gelombang panas dan debu-dbu yang beterbangan.

Oleh karena itu, jika kamu sedang mencari bengkel untuk melakukan perawatan mobil pastikan untuk selalu cek kondisi AC mobil. Jika ditemukan beberapa kerusakan. lakukan perawatan sesegera mungkin.

3. Kondisi ban

cari-servis-mobil-di-bengkel-terdekat?-jangan-lupa-cek-komponen-ini


Bagian yang satu ini pun tak kalah bertingkah, jika di musim kemarau. Suhu udara yang naik bisa memberikan pengaruh pada tekanan ban.

Tanpa disadari beberapa risikonya, ban mobil bisamenggelembung atau kelebihan tekanan, Jangan lupakan untuk melakukan pengecekan dan jika diperkukan spooring atau balancing, maka jangan ditunda-tunda.

Jika terus ditundan akan memberikan dampak buruk untuk kondisi ban mobil.

4. Cek kondisi air radiator

cari-servis-mobil-di-bengkel-terdekat?-jangan-lupa-cek-komponen-ini


Mobil jadi overheating karena cuaca yang cenderung panas dan terus digunakan? Mungkin saja ada masalah pada cooling system di mobil.

Beberapa antisipasi yang biasanya direkomendasikan untuk perbaikan komponen mobil yang satu ini adalah melakukan isi ulang terhadap air radioator.

5. Ganti oli mobil

cari-servis-mobil-di-bengkel-terdekat?-jangan-lupa-cek-komponen-ini


Cuaca panas memang membuat proses kerja dari oli mobil menjadi lebih cepat. Jika ini terus terjadi, maka mesin pun akan dipaksa bekerja lebih keras dari biasanya.

Oleh karena itu, jangan lupa cek kondisi oli mobil. Jika sudah waktunya untuk diganti, maka segera lakukan pergantian oli mobil akan mesin bisa kembali bekerja dengan baik.

Terlepas dari apakah pergantian oli merupakan sebuah kewajiban untuk servis berkala mobil kamu, pastikan untuk terus melakukan pengecekan di bagian di bengkel yang akan kamu tuju.

Jadi, sembari mencari servis mobil bengkel terdekat, pastikan juga untuk memeriksa komponen mobil ini, khususnya di musim kemarau.

Baca juga: 3 Pertanda Jika Dinamo Ampere Bermasalah dan Aki Mobil Bisa Soak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga