fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Cara Sederhana Mengatasi Persneling Mobil Matic Tidak Macet
Article 01

Banyak alasan untuk memilih mobil matic sekarang ini. Tak perlu injak kopling, pengaturan gigi pun cuma tinggal menaik atau mundurkan tuasnya. Namun, bagaimana jadinya persneling mobil matic macet?

Hal seperti ini mungkin saja terjadi pada beberapa pemilik mobil matic. Sudah terlanjur nyaman dengan mobil, namun tiba-tiba bagian persnelingnya sulit dikendalikan dan macet.

Secara keseluruhan, kinerja persneling mobil matic bekerja menggunakan sistem hidrolik yang membuat pergantian kecepatan dan arah putaran berjalan dengan baik. Jika bagian-bagian ini mengalami hal-hal yang tidak baik, maka akan berefek pada bagian persneling.

Lalu, bagaimana cara mengatasi agar persneling mobil matic tidak macet? Beberapa perawatan berikut wajib kamu lakukan.

Baca juga: Agar Terus Terawat, Seperti Ini Cara Mengendarai Mobil Matik yang Baik

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

1. Cek oli transmisi

cara-sederhana-mengatasi-persneling-mobil-matic-tidak-macet

Sekali lagi, tidak bosan rasanya untuk selalu berbagai bahwa pengecekan oli transmisi sangat penting untuk dilakukan. Apalagi, jika mobil sudah dipacu dalam jarak yang cukup jauh.

Rata-rata, pengecekan oli transmisi mobil matic sebaiknya dilakukan jika mobil sudah menempuh jarak hingga 10.000 km. Jadi, jika tidak ingin persneling mobil matic kamu macet, jangan laupa cek oli transmisi dan lakukan pergantian jika waktunya sudah tiba.

2. Ganti oli gardan berkala

cara-sederhana-mengatasi-persneling-mobil-matic-tidak-macet

Bagi pemilik mobil matic dengan tipe rear wheel drive atau penggerak belakang, butuh yang satu ini. Bernar, oli gardan. Oli yang satu ini juga hampir sama dengan oli transmisi harus mendapatkan pergantian secara berkala.

Jadi, pastikan oli gardan wajib diperiksa dan mendapatkan perawatan agar persneling mobil matic kamu tidak macet ketika digunakan.

3. Cek synchromesh

cara-sederhana-mengatasi-persneling-mobil-matic-tidak-macet

Untuk memastikan semuanya berjala dengan sempurna, bagian-bagian yang terhubung dengan persneling mobil matic juga harus di cek. Salah satu yang penting adalah bagian synchromesh.

Synchromesh punya peran besar dalam mengendalikan putaran bagian roda gigi transmisi. Jika tak bekerja dengan baik, maka bagian persneling mobil matic rusak bisa jadi masalah yang besar ketika berkendara.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan setiap selesai berkendarala dalam jarak tertentu. Jika ditemukan kendala berarti, dan mengharuskan pergantian synchromesh, pastikan untuk melakukan pergantian part yang satu ini.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga