fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Cara Sederhana Ini Bisa Membersihkan Kabin Mobil yang Kotor
Article 01

Merawat eksterior, namun lupa ketika merawat interior mobil. Salah satu yang paling besar tentu saja adalah bagian kabin. Merawat bagian kabin bukan berarti mengganti komponen-komponennya, namun cukup dengan membersihkannya.

Perawatan ini cenderung ringan dan mudah dilakukan. lalu, bagaimana cara membersihkan kabin mobil yang mudah?

1. Pewangi mobil

Kabin bisa diibaratkan sebagai sebuah ruangan. Ruangan yang terawat dan wangi tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Oleh karena itu, tidak salah jka di dalam mobil selalu ditempatkan pewangi mobil.

Sekarang ini berbagai alternatif pewangi kabin mobil sudah bisa ditemukan dengan mudah. Hindari menggunakan pewangi yang sifatnya berbentuk cairan. Jika tumpah, akan menjadi pekerjaan yang akan membuang waktu juga.

2. Merawat jok mobil

Ini yang paling penting. Membersihkan jok mobil juga harus dilakukan. Apalagi, bagian mobil yang cukup luas. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum membersihkan jok mobil.

Misalnya, mengenali karakter jok dan bahan pembuatan jok hingga peralatan yang harus digunakan untuk membersihkan kabin mobi yang satu ini. Lakukan secara berkala, agar kotoran, kuman atau bahkan bakteri tidak menempel di jok mobil.

Baca juga: Persiapan dan Tips Membersihkan Jok Mobil yang Sempurna

3. Cek selalu bagian dashboard

Dashboard punya banyak bagian-bagian. Mulai dari usb, layar hiburan, ac, bahkan tempat penyimpanan barang kecil yang biasanya berada di bagian kursi depan.

Dahsboard pun wajib dibersihkan, apalagi bagi yang terbiasa menumpuk barang di bagasi dahsboard. Gunakan cairan pembersih dashboard atau paling sederhana menggunakan kuas untuk membersihkan debu-debu tak terlihat yang menempel di dashboard.

4. Membersihkan langit-langit

Bagian yang satu ini mungkin jadi yang paling sering terlewatkan. Posisinya di atas dan kerap membuat mata lebih teralihkan lagi menuju bagian-bagian interior lainnya.

Langit-langit pada bagian kabin mobil kerap menjadi tempat bersarangnya debu atau kotoran-kotoran tak terlihat lainnya. Cara membersihkan bagian kabin mobil yang satu ini pun tergolong mudah.

Gunakan cairan pembersih khusus dan gunakan kain khusus pula unutk menyapu semua bagian alngit-langit mobil. Setelah selesai, keringkan dengan menggunakan kain atau lap kering.

5. Karpet spesial untuk mobil

Bagian atas sudah. Jangan lupakan bagian bawah dari mobil. Siapkan karpet spesial untuk mobil kamu sebagai alas. Selain mempercantik mobil, karpet ini juga bisa dijadikan tameng pertama dari pasir ata tanah yang kemudian terabawa sendal atau sepatu.

Sebagai pilihan, gunakan karpet sintetis agar mudah dibersihkan. Mudahkan, cara membersihkan kabin mobil sendiri?

Baca juga: 4 Adaptasi Kebiasaan Baru Perawatan Mobil yang Wajib dan Rutin Dilakukan

Baca juga: Perlengkapan Ini Mudahkan Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

Artikel Rekomendasi

Baca juga