fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya
Article 01

Penyebab rem mobil macet memang bikin gerah, bahkan was-was bagi pengemudinya. Apalagi ketika sedang digunakan saat dalam perjalanan jauh atau untuk aktivitas sehari-hari. Jika tidak hati-hati, fungsi pengereman mobil akan berkurang, dan paling buruk bisa menimbulkan bahaya.

Nah, apa pun kondisi mobil kamu atau pernah mengalamai kejadian rem mobil macet sebaiknya selalu siap dan waspada. Lantas, apa saja penyebab rem mobil macet? Berikut beberapa diantaranya.

1. Karet penahan debu rusak

Salah satu bagian dari komponen rem yang kerap menjadi pemicu kerusakan pada rem adalah bagian master rem itu sendiri. Hal ini terjadi karena komponen yang bertugas untuk menahan debu tersebut mengalami kerusakan.

Apalagi, ketika bercampur dengan air yang kerap terjadi saat banjir. Hal ini bisa membuat air tersebut bercampur dengan debu, kemudian mengering dan berkarat.

2. Piston rem berkarat

Selain bagian master rem, piston pun kerap menjadi penyebab rem mobil macet. Beberapa unsurnya adalah bagian kaliper yang berfungsi sebagai dudukan rumah piston yang dapat bergerak maju mundur saat proses pengereman tidak bekerja dengan baik.

Jika bagian ini tidak bekerja, maka proses dan fungsi rem mobil otomatis tidak akan bekerja. Selain berkarat, piston cakram pada rem yang sudah rusak juga bisa menjadi penyebab rem mobil rusak. Alhasil, kinerja piston tidak lagi elastis dan menurunkan fungsi komponen rem itu sendiri.

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Baca juga: Jangan Lupa Servis Mobil di Bengkel Umum dan Resmi Setelah Liburan dan Perjalanan Jauh

Mengatasi rem mobil macet

cara-mendeteksi-penyebab-rem-mobil-macet-dan-solusinya

Ada penyebab, pastinya ada pula cara mengatasinya. Sederhana dan bisa kamu lakukan sendiri. Namun, ada bagian-bagian lain yang harus mendapatkan penanganan profesional untuk memperbaiki fungsi rem mobil yang rusak. Bagaimana caranya?

1. Mulai Bersihkan Rem

Cara paling sederhana adalah dengan mulai membongkar bagian-bagian yang terkait dengan sistem rem. Jika sudah selesai, bersihkan setiap sisi dan sudut bagian rem mobil.

Jika menemukan karat di beberapa bagian rem, pastikan membersihkannya dengan cairan khusus penghilang karat. Namun, jika kamu ragu-ragu tentang bagaimana cara membongkat komponen yang terkait dengan rem, pastikan untuk membawa mobil ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan.

2. Cek bagian piston

Bagian lain yang perlu diperiksa selanjutnya adalah bagian pen kaliper pada rem cakram. Caranya terbilang mudah, karena hanya dengan melepas Kemudian, pasang lagi bagian tersebut tanpa menggunakan kampas.

Pengecekan itu bisa dilihat ketika seseorang yang sedang mengetes pedal rem. Nah, jika berada dalam kondisi normal, maka piston akan keluar. Sebaliknya, jika piston tidak keluar atau sulit masuk kembali, maka ada beberapa bagian yang rusak.

Untuk pengecekan selanjutnya, bisa dilihat dari efektifitas rumah piston. Ketika tidak dapat bergerak dengan bebas maka akan menunjukkan terjadinya kerusakan yang harus diperbaiki dengan membawanya ke bengkel.

3. Ganti oli

Bukan hanya mesin, rem pun punya masanya untuk pergantian oli. Pergantian oli rem yang lama dengan yang baru mampu mendorong sisa-sisa kotoran hingga dapat keluar semua hingga tersisa oli rem yang bersih saja.

Jika kamu tidak bisa mengatasi atau mencari tahu penyebab rem mobil macet

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga