fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Cara Meminimalisir Kesalahan Saat Menggunakan Mobil Matic
Article 01

Mudah digunakan, namun bukan berarti pemilik mobil matic lepas dari kesalahan. Beberapa kesalahan menggunakan mobil matic terkadang bisa dilakukan tanpa sengaja sekalipun.

Lalu, apa saja kesalahan menggunakan mobil matik yang kerap terjadi? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: 6 Cara Efektif Supaya Mobil Matic Jadi Lebih Hemat BBM

1. Cara menginjak pedal mobil matic

cara-meminimalisir-kesalahan-saat-menggunakan-mobil-matik

Hanya membutuhkan dua gerakan, menekan pedal gas dan rem, membuat matic terlihat begitu mudah untuk dikendarai. Namun, tak jarang juga dan tanpa disadari banyak yang menginjak pedal ini secara bersamaan.

Jika tak cermat dan berujung menjadi kebiasaan maka laju kendaraan akan berganti-ganti sehingga beberapa komponen mobil pun tak bekerja dengan baik.

Misalnya, kampas rem akan cepat aus atau bahkan gangguan pada sistem mobil.

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

2. Menguras dan ganti oli

cara-meminimalisir-kesalahan-saat-menggunakan-mobil-matik


Kesalahan lain yang kerap terjadi adalah tidak memerhatikan hingga mengganti atau mengecek oli transmisi/ Padahal, ini sangat penting dilakukan mengingat fungsinya yang melumasi semua komponen matic pada gearbox.

Rata-rata, pergantian ini dilakukan jika mobil sudah menemuh jarak sepanjang 40.000km dan kelipatannya. Selain itu, tidak hanya diganti, oli transmisi pun sama dengan oli mesin, yaitu perlu dikuras agar komponen yang satu ini benar-benar bersih dan bekerja dengan baik untuk melumasi komponen-komponen yang terkait dengan gearbox mobil matic.

3. Memindahkan posisi transmisi

cara-meminimalisir-kesalahan-saat-menggunakan-mobil-matik


Kesalahan lain yang kerap terjadi adalah perpindahan transmisi antara “D” (maju), “N” (netral), “R” (mundur), dan “P” (parkir) yang dilakukan secara kasar atau dilakukan tanpa henti.

Jika kebiasaan ini kerap terjadi maka pelan-pelan gangguan pada mesin matic akan muncul. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin mesin mobil matic akan menjadi rusak.

4. Lalai saat terjebak macet

cara-meminimalisir-kesalahan-saat-menggunakan-mobil-matik

Macet sudah tidak bisa dilepaskan dari padatnya jalanan ibukota. Namun, ada satu hal yang kemudian membuat mobil matic menjadi nyaman digunakan pada momen macet ini. Yaitu, sangat mudah memindahkan transmisi tanpa harus menginjak pedal kopling seperti halnya mobil manual.

Namun, cara ini bukannya tanpa risiko, karena terlalu sering memindahkan transmisi mobil matic saat terjebak kemacetan akan membuat komponen gearbox mudah terganggu.

Pasalnya, jika mobil berhenti beberapa detik, maka tekanan pada bagian gearbox pun akan berkurang dan pemilik mobil tak perlau mengganti gigi dari D menuju N pada momen ini. Sebagai saran, gunakan pedal rem untuk mengganti proses pergantian transmisi ini.

5. Overdrive tidak tepat

cara-meminimalisir-kesalahan-saat-menggunakan-mobil-matik


Beberapa mobil matic sudah dipasangkan Overdrive pada bagian persnelingnya. Fungsi yang satu ini adalah membantu pegemudi mobil untuk berakselerasi ketika menaikkan gigi.

Hal ini pun kerap dilakukan ketika akan menyalip mobil lain. Sayang, tidak semua pengemudi mobil matic berpikir seperti itu. Beberapa diantaranya kerap menggunakan Overdrive meskipun tanpa akselerasi atau ketika menyalip mobil lain.

Bahkan, ada beberapa pengemudi yang menggunakan tombol ini ketika mobilnya melaju dengan kecepatan rata-rata 40 Km/jam.

6. Kelalaian saat diderek

cara-meminimalisir-kesalahan-saat-menggunakan-mobil-matik


Pada masanya, pastilah sebuah mobil matic pernah mogok dan di diderek. Carsworld berharap kejadian ini tak pernah ada selama kamu mengemudikan mobil matic.

Namun, jika memang pada waktunya mobil matic kamu membutuhkan batuan mobil derek, pastikan agar ban atau roda penggerak digantung.

Jika tidak, mobil akan terus bergerak tanpa mesin menyala. Pada mobil matic ini artinya komponen transmisi akan terus bekerja tanpa pelumasan yang juga ikut bekerja.

Jadi, jika suatu saat nanti mobil kamu harus diderek, pastikan ban mobil tidak ikut bergerak, alias mobil digantung atau bahkan di tempatkan sendiri di mobil derek. Jadi, jangan lupa hindari kesalahan menggunakan mobil matic ini selama mengemudi ya.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Baca juga: 5 Cara Mengenali Gejala dan Kerusakan Mobil Bertransmisi Matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga