fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Cara Memeriksa Kompresor AC Mobil Jika Diduga Rusak
Article 01

Banyak masalah pada AC mobil yang memang membuat pemilik mobil mencoba mencari tahu alasannya. Namun, dari semua penyebab kerusakan AC mobil, terdapat bagian yang perlu diperiksa secara dalam. Salah satunya adalah cek kompresor AC mobi litu sendiri.

Lalu, bagaimana cara mengecek kompresor AC mobil? Beberapa cara berikut ini akan membantu kamu melakukan pemeriksaan yang mudah untuk AC mobil, dan tentunya sebelum dibawa ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat

1. Suara kompresor AC

cara-memeriksa-kompresor-ac-mobil-jika-diduga-rusak

Mungkin, selama ini suara kompresor AC terdengar samar-sama. Namun, ini adalah salah satu cara untuk memeriksa kondisi AC mobil kamu. Jika suara AC normal terdengar mulus dan tidak berisik, maka kondisinya baik-baik saja.

Sebaliknya, jika kompresor AC mulai terdengat berisi, atau bahkan mengeluarkan suara kasar, maka kemungkinan besar ada yang bocor atau bagian dari AC sudah ada yang mengalami aus.

2. Hembusan kipas

cara-memeriksa-kompresor-ac-mobil-jika-diduga-rusak

Pernah kamu menguji atau sedang berada dalam RPM rendah dan hembusan dari AC tidak terasa normal? Hal ini bisa menjadi penyebab gangguan pada kompresor AC itu sendiri.

Tepatnya pada bagian klep yang mungkin saja putus. Jika ini terjadi, segera ke servis bengkel mobil terdekat untuk memastikan bahwa bagian ini diperbaiki oleh teknisi berpengalaman.

3. Cek indikator

cara-memeriksa-kompresor-ac-mobil-jika-diduga-rusak

Cek kompresor AC mobil lainnya bisa dilakukan dengan melihat bagian dari centerpiece head pada kompresor AC mobil kamu.Sekali lagi, cek detil-detilnya, terutama pada bagian indikator.

Jika indikator tidak menyala, sangat mungkin gangguan ini terjadi pada bagian Freon AC yang bocor.

4. Bodi kompresor

cara-memeriksa-kompresor-ac-mobil-jika-diduga-rusak

Hal lain yang wajib diperiksa adalah bagian bodi kompresor mobil itu sendiri. Pastikan untuk memeriksanya secara teliti dan melihat bagian mana yang kemudian mengalami kerusakan.

Misalnya, kamu bisa akan melihat bagian yang bocor atau bahkan, sudah terdapat sisa-sisa oli yang bocor dan menempel di bagian kompresor.

5. Cek bagian lainnya

cara-memeriksa-kompresor-ac-mobil-jika-diduga-rusak

Meskipun hanya kompresor AC yang bermasalah, namun bukan berarti kamu mengindahkan bagian-bagian lain dari AC mobil. Apalagi, komponen mobil selalu dikenal terhubung satu sama lainnya.

Mulai dari bagian baut hingga bearing idle pulley pun wajib di cek. Jika mengalami gangguan, maka sebaiknya segera langsung bawa ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan perawatan.

Baca juga: Selain Servis Ini Tips Merawat AC Mobil Agar Kembali Dingin

Baca juga: Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga