fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Bukan Cuma Suara Berdecit, Ini Tandanya Rem Mobil Mulai Rusak
Article 01

Rem mobil rusak adalah sebuah pertanda serius mobil butuh perawatan. Namun ternyata bukan hanya karena "sudah rusak" saja bagian mobil yang satu ini butuh perawatan.

Beberapa pertanda rem mobil rusak dimulai dari suara decitan yang keluar dan ketika kamu sudah mulai merasakan ada hal yang berbeda dari komponen mobil yang satu ini.

Agar tidak salah langkah, berikut beberapa faktor dan pertanda yang menyebabkan rem mobil menjadi rusak.

Baca juga: 4 Cara Merawat Rem Tangan Mobil Agar Fungsinya Menjadi Maksimal

Baca juga: Tips Merawat Rem Mobil Demi Menjaga Keamanan Berkendara

Suara aneh ketika menginjak rem

bukan-cuma-suara-berdecit,-ini-tandanya-rem-mobil-mulai-rusak

Pernah kamu mendengar suara mesin gilingan yang sedang bekerja? Jika hal ini pernah kamu dengarkan dikala menginjak rem dan merasakan getaran di bagian pedal, mungkin ada masalah serius yang harus segera diperbaiki.

Biasanya ini terjadi karena adanya kotoran-kotoran semisal kerikil yang menumpuk di bagian kaliper rem. Biasanya ini terjadi ketika kamu sering melewatkan servis berkala atau sudah lama tidak dirawat dan dibersihkan.

Alhasil, mobil kamu akan mengeluarkan suara aneh seperti gilingan yang sedang bekerja. Jangan ditunda, segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk mendapatkan perawatan.

Suara berdecit

bukan-cuma-suara-berdecit,-ini-tandanya-rem-mobil-mulai-rusak

Selain suara mesin giling yang sedang bekerja, suara berdecit juga akan menjadi perhatian yang serius jika kamu sedang mengerem mobil. Suara berdecit ini menjadi sinyal kampas rem sudah harus diganti.

Jika tidak diganti, gesekan yang terus-terusan terjadi akan membuat piringan cakram rem akan rusak. Selain itu, kampas pun bisa menjadi lebih keras karena panas, dan justru akan membuat daya rem semakin berkurang. Jika terus dibiarkan, tentunya akan sangat berbahaya bagi pemilik mobil.

Pertanda masalah di bagian rem

Selain mengeluarkan suara berdecit ketika rem mobil rusak, berikut pertanda lainnya yang memberikan sinyal ada masalah di bagian rem mobil.

1. Getaran di bagian stir

bukan-cuma-suara-berdecit,-ini-tandanya-rem-mobil-mulai-rusak

Pernahkah kamu merasakan getaran di bagian stir? Sinyal ini berarti ada masalah pada bagian permukaan cakram yang tidak lagi punya ketebalan yang rata.

kampas rem, pemasangan ban yang tidak pas hingga kaliper rem adalah masalah serius yang harus segera diperbaiki, agar kamu berada dalam situasi yang aman saat mengendarai mobil.

2. Tercium bau hangus

bukan-cuma-suara-berdecit,-ini-tandanya-rem-mobil-mulai-rusak

Sinyal rem mobil punya masalah serius adalah terciumnya, bau hangus. Permasalahan ini kerap terjadi ketika pengemudi mobil kerap melewati jalan dengan kondisi yang curam.

Hal ini terjadi karena minyak rem yang ternyata bisa overheat. Untuk persiapan jangka pendek, istirahatkan mobil untuk sementara waktu dan kemudian periksakan ke bengkel sesegera mungkin.

3. Tarikan tak sempurna

bukan-cuma-suara-berdecit,-ini-tandanya-rem-mobil-mulai-rusak

Tarikan mobil yang tak sempurna pun bisa jadi pertanda rem mobil rusak. Biasanya ini terjadi karena kerusakan pada silinder rem yang menjalar ke komponen-komponen lainnya.

4. Cek lampu indikator

bukan-cuma-suara-berdecit,-ini-tandanya-rem-mobil-mulai-rusak

Terakhir, pastikan untuk selalu melihat lampu indiakator di bagian speedometer. Jika kamu menemukan hal yang tak biasa seperti lampu sistem rem yang menyala meski rem tangan sudah tak aktif, atau lampu ABS yang berkedip, bukanlah hal yang sepele.

Segera periksakan mobil ke bengkel, karena hal ini sudah mulai terkait dengan sism rem atau komponen-komponen rem lainnya yang bermasalah.

Baca juga: 5 Rutinitas yang Bikin Mobil Tetap Prima Meski Jarang Digunakan

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga