fbpx Carsworld
Bikin Penasaran, Kenali 5 Masalah Umum Gangguan Mesin Mobil
Article 01

Mesin mobil memang tak jauh berbeda dengan perasaan. Terkadang begitu sensitif. Bahkan, tak jarang pula pemiliknya tidak peka untuk bagian mobil yang satu ini. Namun, kalau sudah punya masalah gangguan mesin mobil biasanya bakalan bikin jengkel sekaligus penasaran.

Nah, sebelum kamu utak-atik sendiri atau membawa mobil yang punya masalah gangguan mesin ketahui dulu beberapa gangguan mesin mobil secara umum.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia

1. Sering hidup-mati

bikin-penasaran,-kenali-5-masalah-umum-gangguan-mesin-mobil


Hal paling bikin penasaran sekaligus mejengkelkan biasanya adalah mesin mobil sering hidup dan mati ketika dinyalakan. Jika kamu pernah mengalami kejadian seperti ini, beberapa penyebab umumnya adalah gangguan pada aki, ataupun kabel terminal aki yang rengang atau bahkan putus.

Sistem pengapian mobil pun bisa jadi kenapa mobil sering hidup-mati ketika akan menyalakan mesin. Jika muncul percikan api ketika akan menyalakan mesin, maka ada beberapa komponen yang mengalami gangguan pada mesin mobil.

Masih penasaran? Sekarang saatnya untuk memeriksakan mobil melalui bengkel dan jika dirasa memerlukan pergantian komponen, lakukan sesegara mungkin.

2. Mesin sulit dinyalakan setelah diistirahatkan

bikin-penasaran,-kenali-5-masalah-umum-gangguan-mesin-mobil


Mengistirahatkan mesin itu penting, apalagi setelah digunakan untuk beraktivitas seharian. Namun, yang kerap bikin penasaran sekaligus menjengkelkan adalah tiba-tiba mobil tidak bisa dinyalakan, di esok harinya.

Kejadian seperti ini kerap terjadi di pagi hari, saat akan menyalakan mesin untuk kembali beraktivitas. Beberapa penyebab umumnya adalah kurang aliran listrik menuju aki, bagian aki yang sudah terlalu kotor, hingga busi yang bermasalah.

Satu hal lagi, kondisi regulator pada bahan bakar mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa menguhubungkan ke bagian mesin ketika akan dinyalakan.

3. Mesin terlalu panas

bikin-penasaran,-kenali-5-masalah-umum-gangguan-mesin-mobil


Kebalikan dari mesin yang dingin, kali ini giliran mesin yang terlalu panas pun bisa mernyebabkan gangguan mesin mobil. Terutama, ketika mobil digunakan tanpa jeda.

Isitilah yang paling dikenal adalah overheating. Akibatnya, beberapa komponen mobil tidak bisa bekerja maksimal. Hasilnya, tak jarang mobil pun mogok di tengah jalan.

4. Mesin tidak bertenaga

bikin-penasaran,-kenali-5-masalah-umum-gangguan-mesin-mobil


Pernah merasakan mesin mobil terlalu lemah? Ketika berusaha memacunya, mobil pun tidak mengeluarkan energi seperti biasanya. Mesin yang tidak bertenaga ini disebabkan karena adanya gangguan pada filter bahan bakar yang menyebabkan bagian regulator menjadi rusak. .

Persis seperti apa yang kerap terjadi pada pabrikan yang me-recall beberapa mobil karena masalah fuel pump atau bagian bahan bakar. Segera periksakan kondisi kendaraan ke bengkel sesegara mungkin.

5. Mesin tak prima saat tancap gas

bikin-penasaran,-kenali-5-masalah-umum-gangguan-mesin-mobil


Pernah mengalami gangguan mesin saat kamu akan tancap gas? Biasanya mesin akan tersendak atau mengeluarkan bunyi yang menganggu. Isitilahnya mesin menjadi tergelitik.

Nah, terkadang proses tancap gas ini yang tidak tepat. Misalnya, ketika mesin tiba-tiba tersendak, maka sangat memungkinkan bagian komponennya bermasalah. Apalagi, ketika mobil sudah terlalu tua umurnya.

Sementara itu, jika kondisi mobil dengan mesin tergelitik biasanya karena penggunaan bahan bakar yang tidak tepat. Oleh karena itu, patuhi aturan penggunaan bahan bakar yang tepat dan sesuai dengan mobil yang kamu miliki.

Cek komponen mobil

bikin-penasaran,-kenali-5-masalah-umum-gangguan-mesin-mobil

Baca juga: 5 Gangguan yang Menyebabkan Mesin Mobil Mogok Mendadak

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Baca juga: 4 Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil yang Berkerak Karena Oli

Berbagai macam masalah gangguan mesin mobil secra umum yang diatas tadi mungkin sudah sering dilalui. Lalu, apa yang kemudian menjadi indikasi gangguan tersebut.

Salah satu yang paling penting adalah untuk melakukan pengecekan terhadap komponen mobil. Berikut beberapa diantaranya.

1. Volume oli


Lampu indikator bekerja dan menyala ketika pengemudinya memberikan perintah melalui balik kemudi. Namun, jika lampu indikator tidak pernah berhenti untuk menyala, berarti ada yang salah dengan mobil kamu.

Salah satu penyebabnya adalah karena volume oli yang tidak sesuai dengan pabrikan mobil. Jika kamu menggunakan volume oli seperti ini, bukan tidak akan mungkin akan merembet ke bagian mesin. Hasilnya, mobil akan terganggu kinerjanya.

2. AC mobil tidak mengalirkan udara


Masalah gangguan mesin mobil juga bisa menyebabkan AC mobil terganggu. Mungkin beberapa komponen AC seperti katup valve, hingga evaporator yang terlalu kotor menjadi permasalahan.

Namun, jika mesin mengalami gangguan semua sistem di dalam mobil bisa terganggu, termasuk AC.

3. Busi yang bermasalah


Nah, ini yang paling sering terjadi. Busi yang bermasalah akan membuat tekanan listrik ke mesin tidak optimal. Jika mesin tidak optimal, akan merember ke bagian lain yang bisa menjadi penyebabnya.

Oleh karena selama kamu mengalami masalah gangguan mesin pada mobil, pastikan juga untuk melakukan pengecekan kepada setiap komponen mobil.

Jika masih ragu, tidak salah rasanya untuk membawa mobil ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga