fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet
Article 01

Terjebak macet di masa sekarang seperti hal yang lumrah terjadi di jalanan kota-kota besar. Lebih apesnya, lagi, kondisi mobil yang dikendarai atau kita tumpangi menjadi tidak nyaman digunakan. Salah satunya adalah ac mobil panas saat macet.

Banyak penyebab kenapa performa AC menjadi tidak maksimal ketika berada dalam kondisi jalanan yang macet. Paling umum tentu saja adalah gangguan pada komponen AC tersebut. Lalu, kenapa komponen AC kemudian menjadi tidak maksimal atau bahkan rusak?

Beberapa penyebab sederhananya bisa saja karena kelalaian pemilik mobil sendiri. Mulai dari merokok di dalam mobil sambil menyalakan AC, hingga malas-malasan dalam servis berkala. Kelalaian seperti ini yang akhirnya berujung pada kerusakan-kerusakan komponen AC Mobil.

Kalau sudah begini, apa yang pada akhirnya membuat komponen AC menjadi tidak bekerja? Berikut beberapa penyebab AC Mobil panas saat macet.

1. Cek kondisi Freon AC

bikin-panas,-ini-penyebab-dan-periksa-kondisi-ac-mobil-saat-macet


Hal pertama yang harus diketahui adalah freon AC. Freon bertugas membuat udara terasa menjadi dingin melalui blower. Terdapat dua hal yang memengaruhi AC Mobil menjadi terasa panas karena kondisi freon.

Pertama, volume Freon yang kurang atau bahkan habis. Penyebabnya pun terjadi kebocoran pada kondensor, saluran hingga pada bagian kompresor. Jika ini terjadi, maka cara untuk mengatasi AC menjadi panas adalah dengan memperbaiki beberapa penyebab Freon mulai berkurang.

Kedua, bisa juga disebabkan karena kondisi freon yang berada pada tekanan yang terlalu tinggi. Jika ini terus terjadi, maka akan membuat kompresor menjadi panas. Sekali lagi, cek semua bagian-bagian yang membuat Freon tidak bekerja dengan maksimal di bengkel.

2. Periksa Cooling Fan

bikin-panas,-ini-penyebab-dan-periksa-kondisi-ac-mobil-saat-macet

Bagian lain yang bisa menyebabkan AC menjadi panas adalah pada bagian cooling fan. Khususnya, jika bagian ini rusak, maka panas yang akan dibuang pada kondensir akan menjadi percuma.

Kejadian seperti ini kerap menjadi inspirasi kenapa AC mobil panas saat macet. Satu-satunya solusi untuk menghadapi gangguan ini adalah dengan mengganti bagian Cooling Fan dengan parts yang lebih baru dan tentu saja di bengkel yang terpercaya.

3. Gangguan dioda magnet

bikin-panas,-ini-penyebab-dan-periksa-kondisi-ac-mobil-saat-macet

Pernah berada dalam satu situasi, dimana AC mobil justru menjadi labil? Mosalnya AC mobil yang terasa dingin di awal, kemudian tiba-tiba panas dan kemudian menjadi dingin kembali?

Jika kamu pernah berada dalam situasi ini maka bagian dioda magnet mobil mulai berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Penyebabnya, dioda magnet ini adalah karena hawa panas muncul ketika mobil terjebak macet.

Jika ini terjadi, periksakan segera ke bengkel terdekat untuk mengetahui seberapa besar fungsi dioda magent bekerja maksimal atau sudah tidak mampu lagi bekerja dengan baik.

4. Kotoran di bagian Evaporator

bikin-panas,-ini-penyebab-dan-periksa-kondisi-ac-mobil-saat-macet

Satu lagi bagian yang penting untuk diperiksa adalah Evaporator. Bagian dari AC mobil ini menjadi tempat keluar masuknya aliran udara. Jika volume angin yang dikeluarkan AC menjadi kecil, bukan tidak mungkin penyebab adalah kondisi evaporator yang sudah penuh dengan kotoran.

Selain membersihkan, bagian komponen AC mobil yang satu ini, pemilik mobil juga menambahkan filter kabin untuk memfilter debu dan meminimalisir debu itu hingga di bagian evaporator.

5. Mesin Overheat

bikin-panas,-ini-penyebab-dan-periksa-kondisi-ac-mobil-saat-macet

Seperti yang sudah kamu ketahui, komponen mobil saling terkait satu sama lain. Begitu pula dengan AC mobil. Bagian yang satu ini punya hubungan erat dengan radiator.

Jika radiator tak bekerja, maka akan membuat suhu mesin menjadi naik. Jika sudah begini, bisa-bisa menyebabkan AC tidak bekerja secara maksimal. Alih-alih mengeluarkan hawa dingin, AC justru akan mengeluarkan panas.

Hal ini tentunya tidak akan diinginkan oleh pemilik mobil mana pun, apalagi ketika terjebak dalam kondisi macet.

6. Komponen AC lainnya

bikin-panas,-ini-penyebab-dan-periksa-kondisi-ac-mobil-saat-macet

Selain kondensor, masih ada beberapa komponen AC mobil lain yang wajib untuk diperhatikan, jika tak mampu lagi mengeluarkan hawa yang sejuk di dalam mobil. Mulai dari dryer filter, hingga expansi valve.

Jika semua komponen ini tidak bekerja dengan maksimal, lagi-lagi akan membuat kerja freon menjadi tidak maksimal. Alhasil, udara segar yang kita inginkan dari AC mobil tidak mengalir dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala untuk AC mobil dan cek selalu komponen-komponen pentingnya agar AC mobil tidak panas saat macet.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat

Baca juga: Sebelum Servis Berkala, Ini 4 Cara Merawat Sendiri AC Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga