fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Berbekal Teknologi Mobil Balap, Honda Jazz Hadir dengan Versi Hybrid
Article 01

Inovasi demi inovasi selalu dihadirkan oleh pabrikan otomotif dalam mengembangkan mobil-mobilnya. Kali ini giliran Honda Motor Europe Ltd. yang siap menghadirkan mobil Honda Jazz Hybrid.

Bukan hanya sekadar mesin Hybrid, mobil ini pun rencananya akan dibenamkan dengan menggunakan teknologi mobil balap. Sistem Hybrid dari Honda ini adalah Hybrid Power Unit (PU) dan digabungkan dengan sistem bernama e:HEV.

Sementara itu, untuk nama mesin, Honda akan melabelinya dengan nama RA620H dengan kapasitas 1.600 cc, enam silinder. Untuk memacu mobil ini, Honda menempatkan combustion engine, yang dikombinasikan dengan dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Baca Juga: CR-V Black Edition, Honda Versi Terbaru Meluncur di Jepang

Baca Juga: Honda Bikin Balapan Virtual, Tertarik Memenangkannya?

Berbekal Pengalaman dari F1

Bicara soal mesin Hybrid, ini bukan pertama kalinya Honda melakukan invasi untuk sebuah mobil. Pada tahun lalu, mesin Hybrid Honda sudah berkolaborasi dengan tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro. Bahkan kolaborasi ini mampu menghasilkan enam podium untuk kedua tim tersebut. Rosso meraih tiga kali kemenangan dan enam podium.

Honda mengklaim sistem e:HEV pada mobil, menggerakkan energi daur ulang dan kemdian digunakan untuk mengisi bateai serta mampu menciptakan tenaga yang lebih besar.

Sebagai bocoran, mesin tersebut menggunakan dua komponen motor listrik, mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan transmisi fixed-gear melalui intelligent power control.

Sistem e-HEV hybrid dari Honda ini disebut akan mengatur pergantian mesin secara otomatis. Mulai dari EV Drive atau baterai lithium-ion yang kemudian menyalurkan energi listrik ke motor penggerak.

Hybrid Drive juga disebutkan akan mengatur energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik, dan Engine Drive. Ketika ini terjadi, mesin berbahan bakar bensin akan terhubung melalui lock-up clutch dan posisi geraknya akan ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.

Sebagai pelengkap, mobil ini nantinya akan dilengkapi dengan terbaru dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear.

Rencananya, konsep ini akan dituangkan ke dalam mobil Honda Jazz. Namun, hingga saat ini belum diketahui, apakah rencana ini akan jadi salah satu mobil andalah Honda.

Jika dilihat dari rencananya, Honda akan menerapkan sistem mobil ini di Eropa dan mungkin akan dilanjutkan di pasar-pasar global. Kita tunggu saja, apakah rencana menerapkan sistem Honda Jazz Hybrid ini akan benar-benar terwujud menjadi nyata.

Artikel Rekomendasi
Dua Varian All New Audi A6 Resmi dirilis di Indonesia
Dua Varian All New Audi A6 Resmi dirilis di Indonesia

Pabrikan asal Jeman menghadirkan mobil terbaru All New Audi A6 di Indonesia. Berapa harga dan seperti apa spesifikasinya?

Nissan Kenalkan Prototipe Z Proto, Bergaya Klasik dan Kekinian
Nissan Kenalkan Prototipe Z Proto, Bergaya Klasik dan Kekinian

Konsep mobil Nissan Z Proto dikenalkan dengan menggunakan mesin turbo V6 dan bodi plus desain klasik

Kia Carnival Generasi Keempat Terbaru Siap Dipasarkan
Kia Carnival Generasi Keempat Terbaru Siap Dipasarkan

Segera hadir di kuartal ketiga 2020, apakah KIA Carnival terbaru akan segera hadir pula di Indonesia?

Baca juga