fbpx Carsworld
Beli Mobil Baru? Kenali Dulu Jenis Mobil yang Kamu Mau
Article 01

Pabrikan mobil selalu menawarkan beragam model baru setiap bulannya. Tak jarang, kehadiran jenis mobil-mobil baru ini pun bikin kita semuanya jadi tergiur.

Nah, buat kamu yang sedang berencana untuk membeli mobil baru, kenali dulu beberapa jenis dan pilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mu.

1. Sport Utility Vehicle (SUV)

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

SUV atau Sport Utility Vehicle yang juga dikenal sebagai mobil jenis penumpang atau muatan barang. Salah satu keistimewaan dari mobil yang kini digandrungi oleh masyarakat Indonesia, punya kemampuan melintasi jalanan dengan ragam rintangan.

Selain itu, mobil SUV dikenal juga memiliki kabin yang luas. Beberapa pabrikan bahkan mengklaim mobil SUV milik mereka bisa menampung dari tujuh hingga delapan orang. Tak hanya itu, desain bagasinya pun terbilang lega. banyak penumpang hingga tujuh atau delapan orang.

Khusus untuk desain, mobil ini memiliki bagian bodi dengan nah yang cukup panjang. Namun, disesuaikan dengan suspensi yang kuat. Beberapa merk yang akrab di telinga diantaranya adalah Toyota Fortuner hingga Mazda CX-3.

2. Hatchback

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

Salah satu mobil yang juga tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Hatchback punya body yang lebih kecil dengan kabin yagn terlihat menyatu dengan bagasi.

Mobil ini kerap disebut sebagai desain mobil modern untuk perkotaan masa depan. Ukuran kecil yang mampu mengangkut empat hingga lima penumpang di desain untuk kota-kota yang padat. Beberapa merk yang populer diantaranya adalah Onda Brio, Toyota Yaris, hingga Suzuki Swift.

3. Multi-Purpose Vehicle (MPV)

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

Nah, ini mobil yang terlihat paling banyak berkeliaran di jalanan. Dikenal juga dengan mobil penumpang atau minivan. Salah satu ciri khasnya adalah moncongnya yang cuup panjang.

Kabin mobil ini juga diklaim lebih luas, begitu pula dengan bagasinya. Merk yang cukup akrab beberapa diantaranya adalah Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga.

4. Sedan

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

Salah satu mobil yang populer di era '80-an atau era '90-an. Meskipun sudah mulai tergerus dengan pilihan mobil MPV atau SUV, namun faktanya mobil sedang tetap populer di masa kini. Mobil ini pendek, namun memanjang.

Beberapa desain dari pabrikan mendatangkan kesan yang elegan untuk mobil ini. Salah satu yang favorit di masa lalu, namun tetap digemari di masa kini.

5. Coupe

Ukurannya terlihat menyerupai sedan. Kecil, namun hanya memiliki dua bintu yang disiapkan untuk dua penumpang saja. Namun, tak jarang pula beberapa produsen melabeli mobil jenis Coupe mereka dengan empat pintu.

Salah satu yang unik dari mobil ini adalah Coupe ternyata punya varian lainnya. Beberapa diantaranya adalah nothchback coupe, liftback coupe, hingga convertible coupe.

Beberapa merk mobil tersebut diantaranya adalah BMW Seri 3 Coupe, Ford Mustang hingga Mercedes Benz CL.

6. Convertible

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

Bisa disebut juga sebagai salah satu mobil mewah. Salah satu keunikan dari mobil ini adakah kemampuan atapnya yang dapat dibuka.

Terdapat dua tipe yang biasa disampaikan untuk mobil jenis convertible ini, yaitu convertible soft top dan hard convertible. Beberapa merk untuk mobil ini diantaranya adalah Mazda MX-5, BMW 4-Series hingga Lamborgini Aventandor.

7. Double Cabin

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

Mobil dengan kabin dan bagasi lebar dan nyaman di segala medan, maka ini jenis mobil yang tepat untuk kamu. Perbedaannya dari mobil jenis SUV atau MPV adalah desain yang tangguh serta mesin yang jauh lebih garang.

Beberapa jenis merk mobil Double Cabin diantaranya adalah Toyota Hilux, Jeep Wrangler hingga Isuzu D-Max.

8. Station Wagon

beli-mobil-baru-kenali-dulu-jenis-mobil-yang-kamu-mau

Jenis mobil yang mungkin jarang terdengar atau kurang familiar. Mobil ini lebih panjang dari depan hingga be;alang.

Beberapa yang terbaru mobil ini terlihat seperti MPV yang lebih 'gepeng'. Mobil jenis Station Wagon pun kerap disebut sama dengan mobil jenis hatchback.

Namun, faktanya Station Wagon dikenal punya 4 pilar jendela, sementara itu, mobil jenis Hatchback hadir dengan 3 pilar jendela.

Baca juga: Layani Kebutuhan Otomotif, Nasmoco Siapkan Protokol “New Normal”

Baca Juga: Renault Segera Hadirkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia

Artikel Rekomendasi
6 Kerugian Jika Mobil Tidak Mengikuti Jadwal Servis Berkala
6 Kerugian Jika Mobil Tidak Mengikuti Jadwal Servis Berkala

Kerugian yang harus diterima jika mobil sering kali diabaikan jadwal servis berkalanya. Salah satunya adalah bikin dompet jadi boros. Apa lagi yang lainnya?

Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online
Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online

Booking bengkel mobil online terdekat kini bisa dilakukan menggunakan aplikasi servis mobil online dari Carsworld

7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi

Fakta-fakta menarik tentang macam-macam Mitsubishi Pajero, termasuk versi Sport yang rencananya akan disunti mati di Jepang,

Baca juga