fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Banyak Bermunculan Mobil SUV Terbaru, Seperti Ini Cara Merawatnya
Article 01


Tahun 2020, mungkin bisa disebut sebagai tahun untuk mobil-mobil SUV. Beberapa pabrikan mobil hampir selalu merilis mobil-mobil SUV di tahun ini. Meskipun menjadi pilihan mobil terbaru, namun apa artinya jika mobil tersebut tidak dirawat dengan baik.

Apalagi, mobil SUV dikenal sebagai mobil mahal yang tentu saja juga butuh perawatan yang spesial pula. Namun, perawatan spesial untuk mobil SUV pun sebenarnya tidak terlalu mahal. Beberapa tips sederhana berikut ini akan membantu bagaimana cara merawat mobil SUV dengan bijak.

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

1. Bahan bakar yang tepat

banyak-bermunculan-mobil-suv-terbaru,-seperti-ini-cara-merawatnya

Bahan bakar adalah salah satu faktor yang membuat mobil SUV tetap berada dalam kondisi prima. Oleh karena itu, selalu cek kondisi bahan bakar mobil. Gunakan bahan bakar yang tepat dan berkualitas sesuai dengan anjuran dari pabrikan mobil.

Kombinasi pengecekan bahan bakar dan pemilihan bakar yang tepat akan membantu membuat mesin mobil selalu berada dalam kondisi yang baik. Jika hal ini dilakukan, siap-siap saja mobil SUV kamu akan memiliki beberapa kendala yang membutuhkan perawatan besar.

2. Jangan tinggalkan servis berkala

banyak-bermunculan-mobil-suv-terbaru,-seperti-ini-cara-merawatnya

Selain bahan bakar, perawatan mesin mobil lain yang wajib dilakukan adalah servis berkala. Perawatan yang satu ini biasanya sudah ditentukan oleh pabrikan mobil ketika pertama kali kamu membeli mobil SUV.

Meskipun setiap pabrikan mobil selalu menyebutkan keunggulan mobil masing-masing, pastikan untuk tetap mengikuti segala prosedur perawatan mobil yang optimal atau pengecekan terhadap kompomen mobil dalam servis berkala.

3. Gunakanlah oli terbaik

banyak-bermunculan-mobil-suv-terbaru,-seperti-ini-cara-merawatnya

Oli adalah hal penting berikutnya jika ingin merawat mobil SUV. Memilih dan menggunakan oli yang berkualitas adalah syarat mutlatk jika ingin mobil SUV kamu awet.

Oli yang berkualitas mampu menjaga kestabilan suhu mesin. Jangan pernah gunakan oli berkualitas abal-abal karena belum tentu cocok dengan jenis mobil SUV yang kamu miliki.

4. Bersihkan secara teratur

banyak-bermunculan-mobil-suv-terbaru-seperti-ini-cara-merawatnya

Apa pun jenis perjalanannya, mobil SUV sekalipun tak akan luput dari debu, kotoran, kuman atau bakteri sekalipun. Oleh karena bersihkankan setiap bagian mobil secara teratur.

Bukan hanya bodi atau kaca mobil atau bagian-bagian eksterior dan interior mobil yang wajib dibersihkan. Bagian-bagian lain pun juga sangat dianjurkan untuk dibersihkan.

Mulai dari ruang mesin, bagian kaki-kaki, kabel-kabel, hingga beberapa yang terkait dengan sistem dan komponen mobil lainnya. Hal ini terjadi karena tanpa disadari terlalu banyak kotoran yang menempel akan menganggu performa mobil.

Oleh karena itu, sisakan waktu satu kali dalam seminggu adalah waktu yang tepat untuk membersihkan mobil ya.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Perawatan mobil SUV

banyak-bermunculan-mobil-suv-terbaru-seperti-ini-cara-merawatnya

Menyiapkan anggaran khusus untuk perawatan mobil memang perlu dilakukan. Apalagi, jika pada saatnya nanti mobil mengalami masalah atau kendala yang tak terduga.

Namun, cara ini juga harus diimbangi dengan menyiapkan kebiasaan mengemudi yang tepat sebagai fondasi untuk merawat mobil. Lalu, Selain cara merawat mobil SUV yang tepat, kebiasaan mengemudi berikut ini juga wajib untuk dilakukan.

Menekan pedal gas terlalu gaspol

Hanya ada dua pedal dalam mobil SUV beberapa waktu bekalakngan ini. Maklum, rata-rata mobil yang dipilih pun adalah mobil dengan transmisi matik.

Namun, salah satu kebiasaan yang tidak baik saat mengendarai mobil matik adalah ketika menginjak pedal gas.

Tak jarang beberapa pengemudi menekan pedal gas dengan sangat bersemangant sampai pada akhirnya posisi RPM mobil tidak tepat. Jika ini terus menjadi kebiasaan, maka perpindahan gigi yang dilakukan pun tidak berjalan dengan tepat.

Hasilnya, performa mobil pun tak maksimal. Paling buruk, mobil terlalu cepat mengalami rusak di beberapa komponen-komponennya.

Berkendara dengan ugal-ugalan

Selain asal tekan pedal gas, kebut-kebutan bahkan cenderung ugal-ugalan masih jadi pemandangan yang kerap terjadi, apalagi bagi yang punya mobil SUV.

Terkadang beberapa pengemudi kerap tak memperhatikan kondisi jalan yang dilalu. Selain menimbulkan risiko kecelakaan, berkendara ugal-ugalan di jalan juga akan menimbulkan masalah tersendiri pada mobil.

Jalanan yang tidak mulus, berlubang, banyak bebatuan dan krikil tidak hanya membuat mobil kotor. Namun, akan ikut memengaruhi komponen mobil lainnya seperti posisi kaki-kaki mobil, mesin, per mobil, kondisi ban dan lain-lainnya.

Jika tak ingin ini terjadi pada mobil SUV kamu, hindari mengendarai mobil secara ugal-ugalan di jalanan.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga