fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Article 01

Ban kempes atau bocor mungkin sudah sering terjadi pada pemilik mobil. Lalu, bagaimana jadinya jika ban mobil mengalami benjol pada bagian dinding ban itu sendiri? Sebenarnya, ada beberapa faktor yang kemudian menjadi penyebab ban mobil benjol.

Lebih parahnya lagi, jika tak diatasi, bisa membuat ban mobil menjadi pecah. Lalu, apa saja penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi agar ban mobil tidak benjol?

1. Ban tidak dirotasi

ban-mobil-benjol?-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya
Low section of mechanic fixing car tire at auto repair shop


Rotasi ban adalah hal wajib yang kini seharusnya dilakukan pemilik mobil, apalagi sang pemilik pastinya menyiapkan satu ban cadangan untuk mobil mereka. Sayang, tak semua pemilik mobil dapat melakukannya. Bisa karena lalai, atau memang ogah-ogahan.

Hal ini penting mengingat ban memiliki usianya sendiri. Pada waktu tertentu, ban tidak lagi bisa tampil prima dan menyokong penuh bergeraknya sebuah mobil. Sementara itu, untuk ban cadangan, jika disimpan terus-menerus tanpa digunakan bisa menjadi kempes.

Nah, berangkat dari hal ini, rotasi ban perlu dilakukan. Apalagi, jika ban utama digunakan secara terus menerus. Jika ini terjadi permukaan sisi ban bisa membesar sendirinya.

Oleh karena rotasi ban adalah hal yang wajib dilakukan. Pertama, untuk mencegah munculnya benjol pada ban dan kedua, tentunya agar ban cadangan bisa digunakan.

2. Masalah tekanan udara

ban-mobil-benjol?-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya


Tekanan udara ban pada setiap mobil, umumnya berbeda-beda. Jika tekanan kurang maka berisiko terhadap putusnya benang-benang yang ada di ban. Jika ini sudah terjadi dinding ban pun berisiko rusak.

Sementara itu, jika tekanan angkin berlebihan dan juga berisiko memunculkan benjolan pada bagian ban. Tekanan angin yang berlebihan akan membuat permukaan ban memunculkan benjolan.

Nah di sinilah pentingnya tekanan udara pada ban dilakukan sesuai dengan pentunjuk yang diberikan oleh pabrikan mobil. Untuk mempermudah mendeteksi tekanan angin pada ban mobil ini, pemilik mobil bahkan bisa menggunakan alat khusus tekanan udara pada ban.

3. Beban berlebihan

ban-mobil-benjol?-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya


Selain penumpang, tak jarang di dalam mobil terdapat beberapa barang-barang khusus yang di bawa. Apalagi, jika mobil digunakan untuk berbagai keperluan yang menghadirkan benda-benda berat.

Jika sudah seperti ini dan bebannya terlalu berlebih, hal ini bisa memicu terjadinya benjolan pada ban mobil. Dalam kasus ini, penyebab ban mobil benjol adalah karena ban itu sendiri harus menahan beban yang berat.

Karena beban yang terlalu berat, lapisan ban akan bergeser dan tekanan angin akan menyelinap pada bagian kawat ban.

4. Tambal ban tidak sempurna

ban-mobil-benjol?-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya


Menambal ban pastinya pernah dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Nah, tanpa disadari penyebab ban mobil benjol pun bisa datang dari tambalan ban.

Hal ini terjadi ketika pekerja tambal ban menusuk ban untuk memperbesar lubang. Ketika dilakukan dengan sembrono, maka sangat memungkinkan masuk ke bagian benang atau kawat ban.

Jika dibiarkan terlalu lama, bekas tambalan akan menyebabkan benjolah atau bahkan bolongan yang baru sehingga membuat udara masuk lewat sela-sela ban.

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

Baca juga: Fakta Tambal Ban Mobil, Tak Perlu Habiskan Ratusan Ribu Rupiah

Cara mengatasi ban mobil benjol

ban-mobil-benjol?-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Mengatasi tentunya jauh lebih baik ketimbang sudah terjadi. Hal yang sama juga wajib dilakukan jika tidan ingin ban mobil benjol. Selain mengenali penyebab ban mobil benjol, berikut cara mengatasi dan mencegah agar ban mobil tidak benjol.

1. Jenis ban yang digunakan

Pemilihan ban yang tepat adalah kunci untuk mengatasi atau mencegah agar ban mobil tidak benjol. Hal paling sederhana dan bisa dilakukan sendiri adalah memilih ban mobil yang sesuai dengan spesifikasi mobil itu sendiri.

Mulai dari pemilihan ban yang disesuaikan dengan kondisi jalan hingga pemilihan velg mobil.

2. Perbaikan jangka pendek

Salah satu solusi termudah jika ban benjol sudah terjadi adalah adalah dengan melakukan penambalan. Namun, menambal ban untuk kasus benjol ini hanyalah bersifat jangka pendek.

Untuk lebih baiknya, lakukan pergantian atau perawatan yang lebih baik untuk mengatasi kejadian ban yang benjol pada mobil.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga