fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Bagian Komponen Mobil Transmisi Matic yang Wajib Servis
Article 01

Banyak pemilik mobil matic yang kemudian gelisah karena mahalnya biaya servis atau perawatan mobil yang harus dilakukan di bengkel. Hal ini tak sepenuhnya salah, karena mobil matic memang terdiri dari beberapa komponen-komponen yang tak biasa dan jelas berbeda dengan mobil manual.

Lalu, komponen apa saja yang menjadi bagian dari servis mobil matic? Berikut beberapa komponen mobil matic yang patut menjadi perhatian.

Baca juga: Hindari Aksesoris Berlebihan untuk 3 Bagian Komponen Mobil Ini

1. ATF

bagian-komponen-mobil-transmisi-matic-yang-wajib-servis

Beberapa waktu yang lalu Carsworld sudah menyebutkan jenis pelumas yang ada dan harus diganti untuk mobil matic. Nah, kali ini terdapat satu pelumas yang dikenal dengan sebutan Automatic Transmission Fluid atau ATF.

Pelumas ini nantinya dibuat untuk menjaga agar sistem transmisi otomati pada mobil matic dapat bekerja dengan baik. Jika tidak, risiko akan kemampuan transmisi dalam menjalankan mobil akan berjalan tidak sempurna.

Selain itu, ATF ini nantinya sudah disesuaikan dengan standar dari pabrikan mobil agar kualitasnya sama ketika pertama kali membeli mobil.

2. Pedal

bagian-komponen-mobil-transmisi-matic-yang-wajib-servis

Komponen lain yang akan mendapatkan pengecekan atau perawatan adalah pedal. Hal ini dikarenakan, pedal terhubung dengan beberapa kabel throttle valve.

Fungsi dari kabel ini adalah meneruskan tenaga ke sistem transmisi dan melakukan pergerakan yang bergantung dari beban mesin serta mengatur penekanan pedal untuk berakselerasi.

3. Konverter torsi

bagian-komponen-mobil-transmisi-matic-yang-wajib-servis

Komponen berikutnya yang akan mendapatkan pengecekan adalah konverter torsi. Komponen yang satu ini berfungsi untuk mentransfer daya putar dari penggerak mobil, seperti pembakaran mesin sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil.

Selain itu, komponen yang satu ini juga berfungsi sebagai flywheel yang dapat memberikan kelembutan ketika putaran mesin bekerja. Selain itu pula berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi karena pemindahan daya pada mobil matic.

4. Sistem hidrolik

bagian-komponen-mobil-transmisi-matic-yang-wajib-servis

Servis transmisi matic yang sangat memungkinkan dilakukan oleh pihak bengkel nantinya adalah melakukan pemeriksaan pada sistem hidrolik. Komponen yang satu ini berfungsi mengalirkan minyak transmsi hingga melumasi bagian sistem transmisi.

Selain itu, sistem hidrolik ini juga berfungsi untuk memberikan kestabilan pada beban mesin dan kecepatan kendaraan serta mengatur tekanan hidrolik dari oli. Karena sangat vital, sangat memungkinkan komponen ini akan mendapatkan perawatan.

Bagian lain yang akan diselidiki adalah kopling, rem, serta planetary gear yang memang terkait dengan sistem hidrolik pada mobil matic.

5. Brake

bagian-komponen-mobil-transmisi-matic-yang-wajib-servis

Komponen penting lainnya yang terkait dengan bagian planetary gear. Pergerakan komponen ini akan terus terjadi untuk mengetahui perbandingan gigi yang dibutuhkan ketika mobil melaju. Tentunya, komponen yang satu ini juga pastinya akan diperiksa dan di servis ketika akan melakukan perawatan di bengkel mobil.

Sangat memungkinkan servis transmisi matic mobil kamu akan meliputi banyak komponen lainnya. Tujuannya tentu saja adalah untuk menjaga agar kondisi mobil tetap prima.

Baca juga: Sebelum Dikemudikan, Ini Cara Tepat Mengenali Transmisi Mobil Matik

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga