fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Alasan Tarikan Gas Mobil Terasa Berat Ketika Sedang Dipacu
Article 01

Pernahkah kamu merasa tidak nyaman dengan tarikan gas mobil terasa berat ketika dipacu di dalam kecepatan tinggi? Beberapa analisa awal yang mungkin terjadi adalah masalah pada mesin atau gas mobil yang terlalu berat.

Faktanya, masalah ini muncul karena banyak hal dan terkait dengan komponen-komponen mobil lainnya. Apa saja ya? Berikut beberapa penyebab tarikan gas mobil berat.

Baca juga: Kenali Penyebab Suara Mesin Kasar Pada Mobil yang Bikin Berisik

1. Sistem AC tidak bekerja

Salah satu hal yang paling dicermati ketika tarikan mobil terasa berat adalah karena sistem AC mobil yang tidak bekerja dengan baik. Hal ini terletak pada sistem saluran AC mobil.

Cek, apakah terjadi penyumbatan di dalamnya. Jika benar itu terjadi pada mobil kamu, segera lakukan perawatan ke bengkel mobil.

2. Kopling tidak bekerja maksimal


Hal lain yang perlu diselidiki sebagai penyebab tarikan mobil terasa berat adalah kinerja kopling yang tidak maksimal. Penyebab dasarnya adalah kampas pada kopling yang lemah dan mengakibatkan terjadinya selup.

Jika benar ini terjadi pada mobil kamu, maka ketika akan dijalankan dengan maksimal, tarikan akan terasa sangat berat. Perawatan seperti pergantian kampas hingga kopling yang baru harus dicermati di bagian ini.

Segera lakukan perawatan di bengkel terdekat agar mobil tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

3. Pengaturan rem

Penyebab lain yang membuat tarikan gas mobil menjadi terasa berat adalah pengaturan rem. Daya cengkram rem yang terlalu kuat bisa membuat tarikan menjadi terasa berat.

Pengaturan ini harus direvisi agar roda mobil lebih bisa berjalan dengan baik dan tidak terlalu ketat. Jika sudah begini, mesin akan terasa lebih ringan dan tidak dipaksa bekerja dengan ekstra.

Agar pengaturan rem jadi lebih maksimal, lakukan penyetelan ulang rem mobil melalui teknisi atau montir di bengkel mobil terdekat.

4. Sistem transmisi yang tidak maksimal

Terakhir, penyebab tarikan gas mobil terasa berat bisa disebabkan oleh sistem transmisi tak maksimal. Hal ini bisa terjadi pada mobil dengan transmisi apa pun.

Misalnya, untuk mobil transmisi matic, jika plat transmisi menempel dan terhimpit, maka proses pergantian gigi akan sulit.

Hasilnya, ketika gas mobil diinjak penuh, mesin hanya mengeluarkan suara tanpa bekerja. Tenaga ini yang akhirnya membuat mesin menjadi berat dan bahkan tidak bergerak sama sekali.

Cara sederhana untuk mengantisipasi ini adalah dengan melakukan pergantian oli transmisi secara rutin. Jika diabaikan, bisa-bisa justru akan membuat kamu mengalami kerugian sendiri karena tarikan akan terasa berat.

Baca juga: 7 Pertanda yang Bisa Saja Menyebabkan Fuel Pump Mobil Bermasalah

Baca juga: Faktor Penyebab RPM Mobil Tidak Stabil dan Sering Naik-Turun

Carsworld adalah layanan booking servis bengkel mobil melalui aplikasi. Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga