fbpx Carsworld
Agar Terus Terawat, Seperti Ini Cara Mengendarai Mobil Matik yang Baik
Article 01

Tak perlu mengeluarkan tenaga, mengendalikan kemudi, kemudian menginjak pedal gas dan pedal rem. Seperti itulah kira-kira gambaran cara- cara mengendarai mobil matik.

Namun, mengendalikan mobil bertransmisi matik, tidak hanya tentang kemudahan tersebut. Ada beberapa hal wajib lainnya perlu diikuti oleh pemilik mobil matik, khususnya saat mengemudikan mobil ini. Berikut beberapa diantaranya.

Posisi transmisi dan menginjak pedal

agar-terus-terawat,-seperti-ini-cara-mengendarai-mobil-matik-yang-baik

Meskipun terkesan sangat mudah, namun penggunaan transmisi dan bagaimana cara menginjak pedal adalah hal yang sangat penting ketika menggunakan mobil matik. Apa saja ya?

Fungsi P

Menyalakan atau hanya sekadar memanaskan mesin, maka pemilik mobil matik wajib menempatkan posisi tuas P. Cara ini dilakukan agar mobil tidak terkejut atau melompat saat mesin pertama kali dinyalakan.

Fungsi P juga bisa kamu gunakan saat parkir. Sebagai penyeimbang, jangan lupa menggunakan rem parkir.

Fungsi N


Kali ini fungsi N pada transmisi. Gunakan transmisi ini ketika kamu berada dalam waktu yang lama di jalanan. Misalnya, ketika terjebak macet parah atau saat menunggu lampu hijau menyala.

Fungsi D

Karena ini bukan mobil manual, pastinya jangan menggunakan D (jalan) dan kemudian menginjak rem ketika terjebak macet atau berada di lampu merah. Jika dikondisikan seperti ini akan menganggu performa rem mobil yang menjadi panas.

Selain, itu jika kamu sedang melewati jalanan yang berbentuk turunan curam, jangan gunakan tuas D. Sebagai gantinya, pindahkan tuas gigi menuju L dan sesuai dengan kondisi jalanan yang akan kamu lewati.

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Mengendalikan mobil matik

agar-terus-terawat,-seperti-ini-cara-mengendarai-mobil-matik-yang-baik

Kebiasaan cara mengendarai mobil matik sangatlah penting untuk dilakukan sehari-hari. Jika kebiasaan menyetir ngawur, akan membuat fungsi komponen dan ketahanan mobil juga akan terpengaruh.

Alhasil, kenyamanan hingga keselamatan berkendara jadi taruhannya. Oleh karena itu, jika kamu memiliki mobil matik, pastikan agar memerhatikan cara mengemudi yang tepat.

Gigi rendah

Penggunaan gigi juga menjadi sangat penting ketika mengemudikan mobil matik. Menempatkan atau memilih gigi yang lebih rendah pas digunakan ketika mobil matik akan berakselerasi, menyalip atau melewati jalan yang menanjak.

Cara ini dapat meningkatkan tenaga dari mobil itu sendiri.

Waktu menginjak pedal gas

"Merasakan" pedal gas memang harus menautkan isi kepala dengan hati. Oleh karena itu, ketika akan menginjak pedal gas ketika gigi otomoatis berpindah gas. Pilihan lainnya adalah tidak menginjak pedal gas ketika tuas sedang digeser.

Cara ini membantu kamu untuk menjaga transmisi otomatis agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Merawat rem mobil

Faktor komponen mobil matik, seperti rem sangat bergantung kepada bagaimana kebiasaan menyetir mobil kamu. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengecekan hingga perawatan yang rutin dan termasuk dalam jadwal servis berkala.

Cara ini akan memudahkan ketja mobil, khususnya rem agar tetap optimal meskipun digunakan dalam intensitas yang tinggi.

Mudahkan, cara mengendarai mobil matik yang aman?

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga