fbpx Carsworld
9 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Selalu Dalam Kondisi Prima
Article 01

Mobil bekas yang biasanya dianggap tak lagi menjadi tren sebenarnya punya nilainya sendiri. Apalagi jika akan dilepas, biasanya mobil bekas yang masih berkualitas pasti akan dihargai tinggi. Semua syarat itu bisa didapatkan jika dirawat dengan baik.

Begitu pula buat kamu yang berencana membeli mobil bekas. Jika merawat mobil bekas dilakukan dengan baik, pastinya mobil tersebut akan selalu berada dalam kondisi prima. Hal ini bisa dilakukan agar terhindar dari risiko-risiko kerusakan yang terjadi di kemudian hari.

Lalu, bagaimana agar mobil bekas selalu punya nilai jual yang baik atau tetap berada dalam kondisi prima? Carsworld akan membagikan beberapa tips merawat mobil bekas yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Baca Juga: 5 Tips Menyeleksi Layanan Bengkel dan Servis Mobil Online Terbaik

1. Cek komponen mobil

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Hal wajib yang harus dilakukan oleh pemilik mobil bekas adalah mengecek komponen-komponen mobil secara rutin. Mulai dari bagian ban, rem, mesin dan lain-lainnya.

Mengecek komponen mobil ini memastikan agar mobil tidak memiliki kerusakan yang lebih besar. Apalagi beberapa perawatan sederhana untuk komponen mobil bisa kamu lakukan sendiri.

Salah satunya adalah mengganti minyak rem yang disarankan setiap 20.000 km. Pastikan kamu berkonsultasi dengan montir atau teknisi bengkel yang berpengalaman untuk melakukan pemeriksaan terkait komponen mobil.

2. Ganti oli

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Siapa pun yang memiliki kendaraan pastinya paham bagaimana oli adalah salah satu bagian penting untuk menjaga kondisi mobil. Sebagai pelumas, yang memiliki fungsi penting di dalam mobil anda.

Jika pergantian oli tidak dilakukan, maka bisa memicu terjadinya gesekan antara komponen dan bisa saja membuat mobil menjadi cepat rusak. Pastikan untuk selalu mengganti oli mobil kamu secara berkala melalui jarak tempuh yang sudah kamu lalui.

3. Cek Radiator

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Sebagai bagian dari komponen penting sebuah mobil, radiator punya fungsi untuk mendinginkan mesin kendaraan. Jika kinerjanya tak berjalan baik, mobil pun akan cepat panas. Jika ini terus dibiarkan, tentunya akan membuat mobil menjadi cepat rusak.

Agar ini tidak terjadi di mobil bekas yang kamu miliki, pastikan untuk selalu mengganti air radiator. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan melakukan pemeriksaan hingga service berkala.

Tujuannya adalah mencegah terjadinya kebocoran pada radioator mobil kamu sendiri.

Baca juga: Sering Terlewatkan, Kenali 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor

4. Filter Karburasi

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Mobil bekas jadi sulit dinyalakan? Penyebabnya bisa berbagai macam. Namun, tak salah rasanya jika kamu mengecek bagian karburasi pada mobil.

Biasanya ini disebabkan karena saringan filter karburasi mobil yang sudah kotor. Cara sederhana merawat bagian mobil yang satu ini adalah dengan menyikat kotoran tersebut dengan sikat gigi.

Agar lebih nyaman, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan berkala dan rutin di bengkel mobil terpercaya.

5. Cek kabel mobil

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Bagian mobil yang satu ini memang terkadang sering terlewatkan. Namun, kabe-kabel mobil adalah bagian-bagian penting agar mobil bekas bisa berjalan dengan baik.

Cek selalu, apakah ada bagian kabel mobil yang kendur atau putus. Jika kamu menemukan kerusakan, pastikan untuk menggantinya sesegara mungkin.

Pastikan pula untuk menggunakan spare part asli atau yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

6. Panaskan mesin mobil

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima

Sepele, namun ini adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk mobil. Apalagi mobil bekas yang mungkin saja dari tangan pertama atau sudah berkali-kali berpindah tangan.

Panaskan mobil dalam rentang waktu 10 hingga 15 menit, sebelum dikendarai. Hal ini penting dilakukan agar mobil tidak 'kaget' ketika digunakan, apalagi jika memang tidak digunakan dalam rentang waktu yang lama.

7. Periksa AC

4-kebiasaan-yang-bakalan-bikin-ac-mobil-jadi-terawat


Permasalahan yang kerap terjadi pada mobil-mobil bekas atau sudah berusia tua. Terkadang Air Conditioner (AC) tidak berfungsi dengan baik lagi.

Oleh karena itu, pastikan kamu untuk selalu merawat bagian kompreson AC. Pergantian AC juga memastikan agar bagian mobil yang satu ini terasa nyaman dikendarai, meskipun mobil tersebut adalah mobil bekas.

8. Bersihkan mobil secara rutin

9-cara-merawat-mobil-bekas-agar-selalu-dalam-kondisi-prima
Mature male worker cleaning car windshield with cloth and spray bottle

Apa pun bagian mobil, terutama mobil bekas wajib dibersihkan. Selain karburator, kamu juga wajib mencuci bodu mobil agar tetap bersih bahkan menarik perhatian.

Tak hanya bagian body mobil, namun bagian-bagian lain seperti karet pada jendela hingga bagian dalam mobil seperti jok, kabin hingga karpet. Selain mampu meninggalkan kesan nyaman, 'nilai' mobil bekas kamu akan tetap terjaga.

9. Servis rutin dan berkala

sudahkah-servis-mobil-berkala-di-pertengahan-tahun-2020


Satu hal yang wajib dijaga adalah melakukan servis rutin dan berkala. Meskipun mobil bekas, atau mobil yang sudah tidak mendapatkan servis gratis lagi dari diler, servis berkala tetap penting untuk dilakukan.

Mulai dari perawatan mesin hingga bagian-bagian komponen mobil lainnya. Meskipun mobil bekas, namun jika mesinnya terawat, maka kinerja mobil ini akan tetap prima.

Mudah kan, merawat mobil bekas milik kamu sendiri?

Baca Juga: 7 Pertanda yang Bisa Saja Menyebabkan Fuel Pump Mobil Bermasalah

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga