fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
7 Pertanda yang Bisa Saja Menyebabkan Fuel Pump Mobil Bermasalah
Article 01

Ditariknya mobil All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander tak lepas dari isu fuel pump mobil bermasalah. Pada satu kondisi, masalah ini tak bisa dihindari begitu saja.

Meskipun begitu, kamu tetap wajib waspada untuk mengenali masalah ini. Dikutip dari Yourmechanic, delapan tanda ini bisa menjadi penyebab fuel pump mobil bermasalah.

Baca Juga: 8 Pertanda dan Pengingat Mobil Kamu Harus Ganti Oli Mesin

Baca Juga: Mitsubishi dan Nissan ‘Kompak’ Recall Mobil Mereka

1. Terdengar suara dari tangki BBM

7-pertanda-yang-bisa-saja-menyebabkan-fuel-pump-mobil-bermasalah

Mungkin yang satu ini sering terlewatkan. Namun, jika rajin mengecek setiap bagian mobil, mungkin saja tangki BBM akan mengeluarkan suara. Nah, menurut Yourmechanic, kejadian ini bisa saja terjadi pada mobil kamu.

Artinya, pompa bahan bakar mengalami kondisi aus dan dapat menghasilkan suara yang tak biasa. Jika berada dalam kondisi normal, biasanya akan terdengar suara dengungan, namun jika terjadi sebaliknya, mungkin saja fuel pump kamu bermasalah.

2. Mesin tak berakselerasi

7-pertanda-yang-bisa-saja-menyebabkan-fuel-pump-mobil-bermasalah

Salah satu tanda fuel pump mobil yaitu ketika mesin tidak bisa berakselerasi. Ketika menginjak pedal gas, mesin tidak mau bekerja maksmal dan jadi terasa sulit untuk dipacu. Hal ini dipicu karena adanya endapan kotoran yang berasal dari tangki bahan bakar.

Biasanya ini disebabkan oleh karena kualitas bahan bakar yang tidak baik.

3. Mesin Sputtering

7-pertanda-yang-bisa-saja-menyebabkan-fuel-pump-mobil-bermasalah

Masalah karena sputtering mesin. Yourmechanic mengilustrasikan jika seseorang mengemudi dengan kecepatan tinggi, dan kemudian mesin tiba-tiba terasa menurun dan bergetar, maka ini bisa menjadi pemicu fuel pum yang bermasalah.

Dalam hal ini, pompa bahan bakar tidak dapat menyediakan aliran bahan bakar yang konstan ke mesin pada saat tekanan ideal.

4. Suhu terlalu tinggi


Jika mobil kamu memiliki termometer, mungkin sekarang saatnya untuk memerhatikan benda yang satu ini di mobil. Yourmechanic mencatat jika suhu mobil terlalu tinggi, maka bukan tidak mungkin ada masalah dengan pompa bahan bakar.

Jika ini terus terjadi pada mobil kamu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan teknisi profesional yang benar-benar paham dengan kondisi mobil.

5. Mesin Susah Hidup

7-pertanda-yang-bisa-saja-menyebabkan-fuel-pump-mobil-bermasalah

Fuel pump yang bermasalah ternyata juga bisa menyebabkan mobil susah dinyalakan ketika diparkir terlalu lama. Penyebabnya rata-rata karena terganjal kotoran sehingga tekanan bahan bakarnya tak bisa bertahan di fuel line sehingga bocor ke tangki lagi.

6. Mobil tak bertenaga

7-pertanda-yang-bisa-saja-menyebabkan-fuel-pump-mobil-bermasalah

Indikasi lain dari fuel pump yang sudah tak lagi prima adalah ketika mobil dirasakan tak lagi bertenaga ketika digunakan untuk menanjak atau membawa beban yang berat.

Paling buruk, tentu saja adalah bagian mesin menjadi mati karena bagian fuel pump yang melemah tidak dapat mengimbangi tuntutan bahan bakar mobil yang meningkat.

7. Bau bensin dari asap knalpot

7-pertanda-yang-bisa-saja-menyebabkan-fuel-pump-mobil-bermasalah


Mungkin tak ada yang benar-benar ingin mengcium asap knalpot. Namun, pastinya kamu bisa merasakan jika ada yang aneh dari asap knalpot. Khususnya, jika fuel pump mobil bermasalah.

Ketika fuel pump bermasalah, tak jarang tercium bau bensin dari asap knalpot. Penyebabnya adalah karena efek dari proses pembakaran yang kurang sempurna di mesin. Hal ini disebabkan dari ketidaksesuaian jumlah bahan bakar yang disalurkan dengan waktu pembakarannya.

Mungkin, mobil kamu memang sedang tidak mengalami masalah fuel pump. Namun, tidak ada salahnya melakukan pengecekan dan pemeriksaan kepada teknisi yang profesional.

Caranya mudah, kamu bisa unduh aplikasi Carsworld dan temukan bengkel-bengkel mobil terdekat yang ada di aplikasi Carsworld untuk melakukan servis mobil secara berkala, termasuk pengecekan kondisi fuel pump mobil.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia

Baca juga: 4 Tips yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Ganti Knalpot Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga