fbpx Carsworld
7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan
Article 01

Terlepas dari kepopulerannya saat ini, melakukan perawatan mobil matik adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemiliknya sendiri.

Menempatkannya di dalam servis mobil berkala adalah hal yang penting. Namun, pemiliknya pun harus wajib merawat komponen-komponen mobil itu sendiri. Apalagi, ketika mobil sudah digunakan untuk perjalanan yang jauh.

Terjebak macet berjam-jam saja sudah bisa menurunkan fungsi komponen mobi itu sendiri. Apalagi, jika digunakan secara rutin setiap hari, pastinya akan membuat beban komponen mobil matik akan menjadi berat.

Oleh karena itu, selain servis berkala, pastikan untuk selalu melakukan perawatan mobil matik yang maksimal setiap harinya. Lalu, apa saja komponen yang perlu diperhatikan? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: 4 Cara Sederhana Merawat Mobil Matik yang Jarang Digunakan

Baca juga: Jangan Abai Ini Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis

1. Oli

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan


Terlepas dari apakah bagian yang satu ini selalu mendapatkan perhatian saat servis berkala, namun pemilik mobil matik juga harus selalu melakukan pengecekan mandiri.

Pastikan juga, ketika akan mengganti oli, menggunakan oli yang berkualitas tinggi. Jika menggunakan sebaliknya, bisa dipastikan akan mudah menguap, merusak kadar oli dan justru akan menimbulkan kerusakan tersendiri pada bagian mesin.

2. Sistem pendingin

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Kamu termasuk yang sering menggunakan mobil matik dengan intensitas yang tinggi? Jika iya, pastikan untuk selalu mengecek bagian air radiator pada mobil.

Jika ini tidak dicek, bukan tidak mungkin mobil matik milikmu mengalami overheating. Salah satu penyebabnya adalah karena air radiator mobil yang kerap diisi dengan air biasa. Dari sinilah masalahnya dimulai.

Jika kamu menggunakan air biasa dan kemudian terjebak dalam kondisi macet parah, maka air radiator ini tidak mampu memberikan rasa dingin untuk mesin dengan baik.

Hal yang sama juga terjadi pada bagian motor fan. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kipas yang tak mampu mendorong angin pada mesin mobil. Jadi, pastikan untuk mengecek sistem pendingin yang melibatkan air radiator hingga motor fan di mobi kamu.

Baca juga: Sering Terlewatkan, Kenali 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor

3. Aki

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Semua pemilik mobil pastinya sudah mengetahui, seberapa penting, komponen yang satu ini. Aki harus terus di cek agar kondisi mobil selalu prima.

Ada satu cara sederhana untuk memeriksakan kondisi aki yaitu dengan menggunakan battery tester. Cara pengecekan ini pun bisa dilakukan ke bengkel dan kemudian mengetahui seberapa besar sisa 'tenaga' dari aki tersebut.

Jika fungsi aki sudah menyentuh di angka sekitar 50% ke bawah, artinya, komponen yang satu ini wajib mendapatkan perawatan.

4. Ban

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Angin, kondisi alur ban, dan kebocoran harus di cek selalu buat kamu pemilik mobil mati. Merotasi ban jika perlu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk perawatan mobil matik,

Selain itu, pastikan untuk selalu menyediakan ban cadangan yang optimal di dalam mobil. Jika dirasa perlu, kamu harus melakukan spooring atau balancing untuk ban mobil yang mampu bekerja dengan optimal.

5. Rem

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Jangan pernah merasa bahwa mobil matik pasti menghasilkan fungsi rem yang sempurna juga. Terutama, ketika akan mengecek komponen mobil ini, pastikan bagian-bagian yang terhubung dengan rem berjalan dengan baik.

Mulai dari kampas rem hingga oli yang akan digunakan. Carsworld menyarankan kamu untuk berkonsultasi dengan montir atau teknisi yang berpengalaman untuk melakukan pengecekan komponen mobil yang satu ini.

6. Busi

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Komponen yang satu ini memang kerap terabaikan. Namun, jangan salah, busi adalah bagian kecil mobil dengan fungsi yang besar. Busi bekerja dan menjamin agar terjadi percikkan api dalam ruang bakar yang melewati campuran bensin dan udara

Jika dirasa busi sudah saatnya diganti, lakukan sesegara mungkin. Jika tidak, maka lagi-lagi, fungsi mobil tidak akan bekerja dengan maksimal. Saat pengecekan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan teknisi atau montir yang berpengalaman untuk menyelesaikan permasalahan pada busi mobil.

7. Bagian AC

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Ketika melakukan perawatan mobil AC atau Air Conditioner sangat berperan penting/ Tekanan freon harus normal, blower pun dapat berkerja dengan baik. Plus, filter AC juga harus ditawat, atau bahkan diganti jika perlu.

Sebagai solusi, lakukan perawatan mobil matk yang satu ini di bengkel-bengkel terbaik. Tujuannya adalah agar fungsi ini juga berjalan normal ketika terus-terusan digunakan.

Melakukan perawatan mobil di bengkel juga tidak bisa sembarangan Sahabat. Untuk itu Sahabat perlu lebih teliti sebelum mempercayai perawatan mobil Sahabat ke bengkel yang hendak dipilih.

Baca juga: Agar Terus Terawat, Seperti Ini Cara Mengendarai Mobil Matik yang Baik

Tune Up sebagai pelengkap

7-perawatan-komponen-mobil-matik-yang-tidak-boleh-diabaikan

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah Tune Up. Memang, bagian ini bukanlah komponen mobil, namun sebuah perawatan yang diperlukan untuk mobil. Untuk beberapa mobil matik yang modern, fungsi Tune Up mengarah pada pebersistem sistem pembakaran pada mobil.

Perawatan bisa mengembalikan tenaga mesin yang hilang karena pembakaran yang tidak efektif, hingga meminimalisir suara-suara mengganggu pada mesin mobil.

Tune up juga diperlukan agar ketika digunakan untuk bepergian jauh mobil matik kamu tidak boros bahan bakar minyak.

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Baca juga: Banyak Bermunculan Mobil SUV Terbaru, Seperti Ini Cara Merawatnya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga