fbpx Carsworld
7 Hal Wajib yang Kamu Lakukan Saat Utak-atik Mobil Selama di Rumah
Article 01

Banyak hal yang bisa dilakukan selama kamu menghabiskan banyak waktu ketika sedang di rumah. Salah satunya jadi lebih dekat dengan mobil sendiri. Waktu yang lebih dari cukup ini bisa dimanfaatkan dengan utak-atik mobil sendiri di rumah.

Mulai dari bersih-bersih atau mungkin saja mengecek bagian-bagian penting dari mobil. Meskipun punya kebebasan untuk mengutak-atik mobil sendiri selama di rumah, namun ada hal-hal penting yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.

Sembari mengisi waktu selama di rumah aja, Carsworld punya tipsnya nih.

1. Bersihkan tangan

7-hal-wajib-yang-kamu-lakukan-saat-utak-atik-mobil-selama-di-rumah

Cara atau kebiasaan paling sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum utak-atik mobil di rumah adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum kamu memegang atau mengutak-atik mobil sendiri.

Selain untuk mencegah bakteri atau kotoran yang masuk ke tangan, cuci tangan sesering mungkin sudah menjadi kewajiban penting lhoh. Sebagai tambahan, jangan lupa lindungi tangan kamu dengan menggunakan sarung tangan ya.

2. Gunakan ruang terbuka

7-hal-wajib-yang-kamu-lakukan-saat-utak-atik-mobil-selama-di-rumah

Setelahnya pastikan kamu berada di ruang yang punya ventilasi udara yang baik dan terbuka. Jika sedang di dalam garasi, pastikan membuka pintu garasi terlebih dahulu. Cara ini membantu kamu mendapatkan sirkulasi udara yang baik, karena gas karbon monoksida, uap bahan kimia dan bahan bakar sangat berbahaya ketika terhirup langsung melalui sistem pernafasan.

3. Persiapan mobil

7-hal-wajib-yang-kamu-lakukan-saat-utak-atik-mobil-selama-di-rumah

Sebelum kamu mengutak-atik mobil, pastikan untuk selalu menyiapkan mobil dalam kondisi yang tidak merugikan diri sendiri. Contoh sederhanya adalah untuk mengaktifkan rem tangan mobil, plus meson mobil dalam keadaan yang tidak menyala.

Selain itu, mematikan mesin juga memastikan agar saat kita menyentuhnya tidak merasakan panas yang luar biasa hebat. Jadi, pastikan mesin mati terlebih dahulu dan sudah dalam keadaan yang dingin.

4. Waspada listrik

7-hal-wajib-yang-kamu-lakukan-saat-utak-atik-mobil-selama-di-rumah

Jika kamu mengutak-atik bagian yang terkait dengan listrik mobil, persiapkan peralatan yang sifatnya tidak menghantarkan listik.

5. Ganjal bagian roda dan gerakan menarik

7-hal-wajib-yang-kamu-lakukan-saat-utak-atik-mobil-selama-di-rumah

Jika kamu mengutak-atik mobil di bagian bawah, pastikan untuk selalu menggunakan dongkra, dan ganjal bagian roda dengan benda padat yang keras. Selain itu, pastikan untuk melakukan gerakan menarik ketimbang mendorong ketika membuka batu atau komponen yang terasa keras.

Cara ini untuk meminimalisir cidera pada gaian tubuh, khususnya tangan saat mengutak-atik mobil sendiri saat di rumah.

Jangan pernah mendongkrak mobil dengan roda yang tidak diganjal.

6. Tidak merokok saat utak-atik mobil

Jika kamu merokok, pastikan untuk ditahan dulu. Meroko sambil mengutak-ngatik mobil bisa-bisa menimbulkan risiko yang berbahaya. Mungkin saja ketika kamu sedang asyik mengutak-atik bagian mesin, rokok kemudian terjatuh.

Bahkan, ketika rokok sedang berada di sela-sela jari sekalipun, justru bisa membuat kamu kesulitan saat mengutak-atik bagian mobil.

7.Meminimalkan menyentuh bahan kimia

7-hal-penting-yang-wajib-kamu-lakukan-sebelum-utak-atik-mobil-selama-di-rumah
Sumber: automotiveward

Sebisa mungkin, hindari bagian-bagian tubuh penting agar tidak terkena bahan kimia. Misalnya, cariran pembersih yang kemudian tiba-tiba tumpah ke arah mata atau mulut. Sebaiknya siapkan juga pelindung pada bagian wajah ketika mengutak-atik mobil.

Terakhir, jika sudah selesai, jangan lupa cuci tangan kamu dengan sabun dan air hangat yang mengalir. Satu jawaban kunci yang pasti agar, bakteri atau kuman tidak menempel di tangan kamu.

Selamat mencoba utak-atik mobil sendiri di rumah! Jika kamu ragu atau penasaran, jangan lupa untuk berkonsultasi atau datang langsung ke bengkel untuk menyelesaikan permasalahan mobil. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengunduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga