fbpx Carsworld
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi
Article 01

Nama Mitsubishi Pajero Sport memang tak bisa dijaukan sebagai salah satu mobil SUV yang dicari banyak penggemar otomotif di Indonesia. Evolusi dari mobil ini sudah menjadi yang menarik dan salah satunya adalah yang terbaru, kehadiran berita bahwa mobil ini akan dihentikan produksinya di Jepang.

Namun, terlepas dari semua itu, ada beberapa fakta Mitsubishi Pajero yang sudah punya nama besar di Indonesia. Evolusinya pun berganti-ganti desain. hingga punya nama yang berbeda-beda ketika dipasarkan di beberapa negara. Namun, sebelumnya ketahui terelbih dahulu fenomena Mitsubishi Pajero Sports di Indonesia.

Baca juga: 6 Fenomena Toyota Kijang, Dari Model Doyok, Kapsul, Hingga Innova

1. Pajero dimulai sejak tahun 1996

7-fakta-mitsubishi-pajero,-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi


Di Jepang, nama Pajero sudah mulai diproduksi sejak tahun 1996. Bisa dibilang, mobil ini merupakan generasi pertamadan hanya dijual di pasar Jepang.

Barulah, pada tahun 2009, nama Pajero mulai menghiasi daftar mobil-mobil di Indonesia. Pada saat itu, terdapat empat jenis Pajero yang ramai digunakan seperti Exceed 4x2, Exceed 4x4, GLS dan GLX.

2. Generasi kedua Pajero di Indonesia

7-fakta-mitsubishi-pajero-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi

Pada tahun 2009 adalah untuk pertama kalinya Mitsubishi Pajero hadir di Indonesia. Hadir dengan tambahan nama Sport, mobil ini langsung menarik perhatian penggemar otomotif Indonesia.

Apalagi, mobil Pajero Sport sangat identik dengan ajang balapan Reli Paris Dakkar yang kemudian membuat penggemar otomotif ingin melihat sendiri ketangguhan mobil ini.

Mobil Pajero yang pertama masuk ke Indonesia adalah tipe kendaraan yang hadir dengan penggerak 4x4. Ada tiga varian yang hadir saat itu, Pajero Exceed, GLS dan Pajero GLX yang hadir dengan mesin diesel.

Selanjutnya, generasi kedua dari Pajero Sport ini hadir dengan tambahan beberapa fitur yang baru. Tambahan mesin 2.5-liter DI-D Common rail with Variable Geometry Turbo (VGT) adalah gambaran mobil Pajero Sport di tahun 2011.

Sementara itu, pada tahun 2013, Pajero Sport tampil dengan desain yang baru di bagian eksterior dan juga interior.

3. Generasi ketiga Pajero

7-fakta-mitsubishi-pajero,-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi


Tahun 2016 bisa dibilang sebagai pembaruan yang benar-benar segar dari Mitsubishi. Pada tahun itu pula, Pajero Sport generasi ketiga hadir di Indonesia.

Selang setahun kemudian, Pajero Sport Dakar hadir di Indonesia dengan tiga varian. Mulai dari Dakar Ultimate 4x2, Dakar 4x2 dan yang terakhir. Dakar 4x4.

Baca juga: Fakta Perjalanan Toyota Corolla, Dari Sedan Menuju SUV

Baca juga: 4 Fakta Toyota Alphard, Muncul di Indonesia hingga Fitur Mewah

4. Produksi Indonesia

7-fakta-mitsubishi-pajero,-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi

Meskipun punya beberapa pabrik negara Asia Tenggara seperti Thailand, namun Mitsubishi juga ternyata punya pabrik yang juga memproduksi Pajero Sport di Indonesia.

Salah satu nama yang cukup dikenal dari produksi di Indonesia ini adalah kehadiran Pajero Sport Ultimate. Hal yang paling melekat dari mobil ini adalah kehadiran forward collision mitigation system (FCM). ultrasonic mis-acceleration mitigation system (UMS), hingga 7 SRS airbag.

Semua fitur yang dihadrikan oleh Pajero Sport tersebut lebih dibuat untuk mendeteksi munculnya gangguan tabrakan hingga sistem rem yang dibuat untuk meminimalisir kecelakaan.

5. Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition

7-fakta-mitsubishi-pajero,-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi

Pada tahun 2019, Mitsubishi mengenal mobil yang kemudian memang benar-benar menarik perhatian penggemar otomotif di Indonesia.Pajero Sport Rockford Fosgate Black Editionyagn saat itu dikenalkan, kemudian diproduksi secara terbatas di Indonesia.

Tepatnya, saat itu, hanya ada 1000 unit dari Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition. Namun, antusias penggemar otomotif begitu tinggi terhadap mobil ini.

Akhirnya, beberapa waktu yang lalu, Mitsubishi kembali menjual Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition dan lagi-lagi dalam edisi yang terbatas saja.

Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition terbaru 2020 ini bahkan dilepas dengan harga yang fantastis, yaitu berkisar di angka Rp 500 Juta-an.

6. Punya banyak nama

7-fakta-mitsubishi-pajero,-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi

Fakta Mitsubishi Pajero yang mungkin saja jarang diketahui oleh banyak orang adalah penamaan mobilnya sendiri. Mitsubishi Pajero, bahkan pernah berganti nama untuk beberapa pasar di berbagai dunia.

Mitsubishi mengusung nama Nativa untuk Amerika, Shogun Sport di Inggris, hingga G-Wagon di Thailand.

7. Produksi Pajero berhenti

7-fakta-mitsubishi-pajero,-mulai-dari-model-sport-hingga-stop-produksi

Fakta Mitsubishi Pajero yang satu ini cukup mengejutkan. Pasalnya, produksi Pajero dihentikan di Jepang. Pabrikan produksi Pajero yang terletak di Sakahogi, prefektur Gifu, Jepang ini akan dihentikan, karena kabarnya permintaan yang terus turun.

Meskipun begitu, pabrik ini baru akan ditutup pada tahun 2023 mendatang dan produksi Pajero kabarnya akan dihentikan pada tahun 2021 mendatang.

Satu hal yang perlu diketahui, ditutupnya pabrik ini bukan berarti juga akan membuat mata rantai mobil-mobil Pajero berhenti. Karena mobil Pajero yang akan dihentikan kabarnya adalah dengan nama Montero dan Shogun. Namun, untuk model Pajero Sport akan tetap diproduksi.

Artikel Rekomendasi
6 Kerugian Jika Mobil Tidak Mengikuti Jadwal Servis Berkala
6 Kerugian Jika Mobil Tidak Mengikuti Jadwal Servis Berkala

Kerugian yang harus diterima jika mobil sering kali diabaikan jadwal servis berkalanya. Salah satunya adalah bikin dompet jadi boros. Apa lagi yang lainnya?

Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online
Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online

Booking bengkel mobil online terdekat kini bisa dilakukan menggunakan aplikasi servis mobil online dari Carsworld

Baca juga