fbpx Carsworld
5 Cara Mengenali Gejala dan Kerusakan Mobil Bertransmisi Matik
Article 01

Tak bisa dipungkiri, mobil matik adalah salah satu mobil yang kian favorit. Cara mengoperasikannya mudah dan bisa membuat pemiliknya menjadi 'santai' Namun, jika terdapat gejala kerusakan mobil matik, para pemilik kini tak bisa lagi bersantai-santai.

Meskipun mudah untuk dikendarai, namun mobil matik bukannya tak punya masalah. Bahkan, jika sering diabaikan akan merugikan pemiliknya sendiri.

Buat kamu yang punya mobil matik, kenali dulu beberapa gejala yang menjadi pertanda mobil ini mengalami kerusakan dan perlu mendapatkan perawatan. Dikutip dari placentiasuperservice, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dan kemudian melakukan perawatan di bengkel sesegera mungkin.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ini Cara Bersihkan Wiper Mobil Selama di Rumah

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Merawat Sendiri Ruang Mesin Mobil

1. Suara bising


Pernah mendengarkan suara bising saat menyalakan mobil matik kamu? Berarti mobil matik kamu sedang memberikan pertanda masalah.

Secara normal ketika mobil dinyalakan saat berkendara pastinya akan mengeluarkan suara. Namun, jika mengeluarkan suara bising maka sebaiknya periksakan mobil kamu segera ke bengkel.

2. Mencium bau terbakar

Pernah mencium bau terbakar dari mobil matik kamu? Jika kamu mengalami masalah ini, bisa jadi penyebabnya adalah cairan transmisi yang terlalu panas.

Cairan transmisi Andamobil matik memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi sistem ketika mobil bekerja. Ketika kemampuan cairan ini dalam melumasi transmisi berkurang, maka akan menimbulkan gesekan di semua bagian transmisi.

Akibatnya, akan muncul suara bising yang akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

3. Lampu Check Engine

Apabila lampu ‘Check Engine’ pada dasbor mobil menyala, mungkin saja disebabkan oleh gangguan transmisi pada mobil.

Transmisi memberikan sensor pada respon mobil dan mengirimkan tanda melalui lampu check engine. Periksakan segera ke bengkel mobil untuk mengetahui permasalahan ini. Jika diharuskan mendapatkan perawatan, lakukan sesegera mungkin.

4. Gangguan pada oli transmisi


Oli transmisi merupakan bagian penting dari transmisi itu sendiri. Transmisi pada mobil matik tidak akan bisa bekerja dengan baik, karena jumlah olinya tidak mencukupi.

Selalu lakukan pengecekan rutin untuk melihat baian mobil yang satu ini. Anda disarankan untuk rajin-rajin mengecek oli transmisi. Apakah oli ini sudah sesuai dengan batasnya atau justru berkurang.

Jika selama pengecekan kamu mencium bau tidak sedang dan warna oli mulai berganti, lakukan pergantian oli transmisi sesegera mungkin.

5. Grinding

7-cara-mengenali-gejala-dan-kerusakan-mobil-bertransmisi-matik


Gejala Grinding kerap terjadi ketika pengguna memindahkan tuas transmisi. Secara teknis, ini terjadi karena transmisi yang bergesekan. Penyebabnya adalah karena oli transmisi yang berkurang, bagian pita yang rusak hingga roda gigi yang tak bekerja lagi dengan maksimal.

Jika kamu menemukan gejala kerusakan mobil matik seperti ini, jangan langsung ditunda-tunda, langsung ke bengkel agar mobil kamu mendapatkan perawatan yang maksimal.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga