fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik
Article 01

Mobil matik memang dikenal mudah ketika digunakan. Namun, untuk perawatan, mobil yang satu ini butuh satu hal yang spesial. Salah satunya adalah urutan dan cara membersihkan mesin mobil matik.

Proses pembersihannya pun terbilang mudah untuk dilakukan. Namun, tak semua pemilik mobil bisa memahami ini. Salah-salah, mesin mobil justru akan menjadi rusak.

Salah satu kunci yang wajib dipegang adalah teliti dan menyiapkan beberapa peralatan yang memang khusus untuk membersihkan mesin mobil. Lalu, bagaima cara dan urutannya ya?

Berikut enam tips urutan membersihkan mobil matik kamu sendiri di rumah.

Baca juga: Tips dan Cara Perawatan Mobil yang Menggunakan Sistem Bahan Bakar Injeksi

Baca juga: Ketahui Komponen yang Jadi Penyebab Temperatur Mobil Cepat Panas

1. Lap bagian berdebu

6-urutan-dan-cara-jitu-membersihkan-mesin-mobil-matik


Sebelum mulai membersihkan mesin mobil, pastikan kondisi mesin dalam keadaan mati. Jika baru saja digunakan, tunggulah dalam waktu 30 hingga 60 menit untuk mendinginkan mesin.

Setelah itu, gunakan sarung tangan agar tidak ada bagian tangan yang terluka. Setelah semuanya siap, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan membersihkan debu-debu yang terlihat di ruang mesin.

Bisa dimulai dengan menggunakan kuas yang kering, atau jika kamu memiliki blower, maka pembersihan debu di bagian ruang mesin bisa jadi lebih mudah. Pastikan proses membersihkan debu ini dilakukan hingga sela-sela mesin mobil.

2. Lindungi bagian kelistrikan pada mobil

6-urutan-dan-cara-jitu-membersihkan-mesin-mobil-matik


Di dalam ruang mesin mobil, beberapa komponen akan terhubung pada bagian kelistrikan. Nah, hal yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah dengan melindungi bagian-bagian listrik yang terdapat di ruang mesin mobil.

Kamu bisa membungkusnya dengan menggunakan alumunium foil untuk mencegah agar terhindar dari cairan pembersih atau bahkan air yang digunakan untuk membersihkan ruang mesin mobil matik.

3. Gunakan pembersih khusus

6-urutan-dan-cara-jitu-membersihkan-mesin-mobil-matik


Beberapa pemilik mobil kerap menggunakan beragam sabun, mulai dari sabun colek atau bahkan sabun pencuci piring untuk membersihkan ruang mesin mobil.

Namun, secara khusus, terdapat pembersih yang memang spesial untuk membersihkan ruang mesin mobil matik. Pastikan untuk menempatkan pembersih ini di bagian-bagian penting, dan hindari bersentuhan dengan bagian-bagian listrik mobil.

4. Semprot dengan air tekanan rendah

6-urutan-dan-cara-jitu-membersihkan-mesin-mobil-matik


Cara membersihkan mesin mobil matik berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan sabun menggunakan air dengan tekanan rendah.

Gunakan selang yang terhubung dengan keran, dan kucurkan air pada bagian-bagian yang sudah diusapi dengan sabun. Jika menggunakan air bertekanan tinggi, mungkin saja bagian-bagian yang ada di dalam mesin akan menjadi terganggu serta justru akan merusak mobil kamu.

Baca juga: 4 Gejala Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup

5. Menggunakan Spon

6-urutan-dan-cara-jitu-membersihkan-mesin-mobil-matik


Jika sudah disiram dengan menggunakan air bertekanan rendah, lanjutkan dengan melap atau membersihkannya dengan spon. Cara ini dilakukan agar mesin mobil tidak tergores dengan benda-benda tumpul atau bahkan keras.

6. Kembali Panaskan Mesin Mobil

6-urutan-dan-cara-jitu-membersihkan-mesin-mobil-matik


Setelah semua bagian ruang mesin kering, diamkan beberapa saat. Cek kembali apakah masih ada bagian-bagian sabun yang tertinggal atau bagian-bagian yang masih basah.

Jika masih ada, keringkan kembali bagian-bagian tersebut. Buka kembali bagian-bagian listrik yang ada di ruang mesin, dan kemudian kamu bisa memanaskan kembali mobil.

Mudahkan cara membersihkan mesin mobil matik sendiri?

Baca juga: 4 Tips Sederhana Membersihkan dan Merawat Sendiri Ruang Mesin Mobil

Baca juga: 4 Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil yang Berkerak Karena Oli

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga