fbpx Carsworld
6 Fenomena Toyota Kijang, Dari Model Doyok, Kapsul, Hingga Innova
Article 01

Toyota Kijang, sebuah mobil yang begitu akrab dengan pemilik kendaraan di era '80-an hingga setidaknya di awal tahun 2000-an. Silih berganti datang, mobil yang satu ini datang dalam berbagai versi. Paling diingat salah satunya adalah kehadiran Toyota Kijang Super dan juga Toyota Kijang kapsul yang begitu populer pada masanya.

Meskipun begitu, Toyota Kijang tentunya hadir dalam beberapa versi yang lebih baru dengan beberapa pembaruan yang mengikuti zamannya. Selain sebagai mobil tua yang punya banyak kenangan, Toyota Kijang pun punya fakta-faktanya sendiri. Carsworld akan merangkum beberapa fenomena Toyota Kijang dari masa ke masa.

Baca Juga: Toyota Lexus Makin Elegan dengan Meluncurkan Mobil Terbaru IS 2021

Baca Juga: 4 Fakta Toyota Alphard, Muncul di Indonesia hingga Fitur Mewah

1. Sebuah Singkatan

6-fenomena-toyota-kijang-dari-model-doyok-kapsul-hingga-innova

Fenomena pertama adalah, nama mobil ini. Tentunya, nama Kijang sangat identik dengan salah satu jenis hewan. Namun, ternyata nama Kijang merupakan kependekan dari "Kerjasama Indonesia dan Jepang.

Pada masanya, Toyota disebut sampai membuat sayembara untuk memberi nama mobil ini. Salah satu tokoh nasional Jusuf Kalla pada saat itu adalah salah satu penyumbang nama Kijang.

Percaya atau tidak, sejak saat itulah, hubungan harmonis antara Jepang, perusahaan Toyota dan Indonesia selalu harmonis dalam industri otomotif hingga kini.

2. Versi perdana Kijang sejak 1977

6-fenomena-toyota-kijang,-dari-model-doyok,-kapsul,-hingga-innova

Pabrikan mobil Toyota mengenalkan Kijang di Indonesia sejak tahun 1977. Generasi pertamanya diproduksi mulai dari tahun 1971 hingga 1981, dan baru ahdir perdana di Indonesia pada tahun 1977.

Desain perdananya justru unik, karena tidak mencerminkan sebuah mobil. Kabarnya, bagian penutup pintunya hanya terbuat dari terpal saja.

Selain itu bagian kap mesinnya terbilang unik, karena bisa dibuka di samping. Konon, orang-orang Indonesia menyebutnya sebagai Kijang Buaya pada rentang waktu 1977 hingga 1981.

Sementara itu, generasi keduanya mulai diproduksi mulai dari rentang waktu di tahun 1981-1986. Beberapa orang Indonesia pun mengistilahkannya dengan Kijang Doyok, yang kabarnya diambil dari salah satu karakter komik populer Indonesia pada saat itu.

3. Generasi Kijang Super

6-fenomena-toyota-kijang-dari-model-doyok-kapsul-hingga-innova

Salah satu yang paling populer di Indonesia. Hadir perdana sejak tahun 1986 dan begitu populer di era '90-an. Generasi ketiga yang diberi nama Kijang Super.

Salah satu yang unik dari Kijang Super adalah logonya yang berbentuk kijang. Pada saat yang sama pula diperkanlkan teknologi Full Pressed Body.

Teknologi ini membuat panel bodi mobil dengan menggunakan proses samping dan dempul minim.

4. Varian Kijang Super

6-fenomena-toyota-kijang,-dari-model-doyok,-kapsul,-hingga-innova

Salah satu yang bisa dibilang unik dari Kijang Super adalah sasis pendeknya. Versi dari Kijang Super yang punya tiga pintu. Namun, urutan kursinya dua di bagian depan, dan 1 di bagian belakang. Jika ingin duduk di belakang, bangku di depan harus dilipat terlebih dahulu.

Namun, pada rentang waktu yang sama, terdapat juga Toyota Kijang Super dengan sais panjang yang punya empat pintu. Rincian kabinnya dua di depan, satu di samping kiri untuk bangku baris ke dua dan satu lagi di belakang.

5. Kijang Kapsul di generasi keempat

6-fenomena-toyota-kijang,-dari-model-doyok,-kapsul,-hingga-innova

Mendengar nama Toyota Kijang Kapsul, pun seperti tak bisa dilepaskan dari generasi '90-an. Hadir menjelang akhir 90-an, tepatnya di tahun 1997. Mobil yang diproduksi hingga 2004 ini punya tampilan yang cenderung elips seperti telur.

Dasar Indonesia, nama mobil ini pun identik dengan istilah. Saat itu di pasar otomotif Indonesia, mobil ini lebih sering disebut dengan nama Kijang Kapsul. Tak bisa dipungkiri, mobil ini juga menjadi salah satu mobil Toyota yang populer pada masanya. Ibaratnya, anak-anak muda pada masa itu sudah merasa keren dengan menaiki mobil ini.

Pada masa ini pun Kijang Kapsul punya beberapa varian yang menjadi favorit masyarakat Indonesia saat itu.

6. Dimulainya generasi Innova

6-fenomena-toyota-kijang,-dari-model-doyok,-kapsul,-hingga-innova

Mulai dari tahun 2004-2013, Toyota menghadirkan nama tambahan untuk Kijang. Innova, hadir sebagai mobil yang lebih premium. Sementara itu setelah, generasi mobil Kijang lebih sering disebut dengan Innova saja.

Lebih tepatnya, generasi keenam yang dimulai dari periode 2015 hingga sekarang. Berbagai pembaruan pun terus hadir di mobil Kijang yang kini lebih akrab disebut dengan Toyota Innova ini.

Bahkan, paling baru adalah kemunculan Toyota Innova Facelift yang diprediksi hadir pada tahun 2020 ini dan mungkin saja akan menasbihkan Toyota Kijang sebagai salah satu mobil favorit masyarakat Indonesia.

Baca juga: Bikin Segar, Toyota Vios terbaru 2021 Resmi Dikenalkan

Artikel Rekomendasi
Cadillac Ikutan Bikin Mobil Listrik dan diberi Nama, Lyriq
Cadillac Ikutan Bikin Mobil Listrik dan diberi Nama, Lyriq

Dikenal sebagai pabrikan mobil mewah Cadiilac ikut mengumumkan pembuatan mobil listrik. Tetap tampil dengan gaya premium, mobil ini diberi nama Lyriq

Resmi Meluncur, KIA Sonet Punya Konsep SUV dan Fitur yang Beda
Resmi Meluncur, KIA Sonet Punya Konsep SUV dan Fitur yang Beda

Mobil KIA Sonet akhirnya dirilis secara global. Desain dan komposisi mobil yang dibuat dan didesain untuk anak muda di seluruh dunia

Fitur Unggulan Toyota Cross Selain Sebagai Mobil Hybrid Murah di Indonesia
Fitur Unggulan Toyota Cross Selain Sebagai Mobil Hybrid Murah di Indonesia

Meskipun tanpa Toyota Safety Sense indonesia Corolla Cross punya banyak fitur terbaik yang tampil luar biasa

Baca juga