fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
6 Cara Efektif Supaya Mobil Matic Jadi Lebih Hemat BBM
Article 01

Boros BBM kerap terjadi pada pemilik mobil, tak terkecuali pemilik mobil matic. Beberapa pabrikan mobil memang terus mencari inovasi untuk menemukan cara hemat bbm mobil matic.

Berbagai desain dan konsep mobil kemudian digabungkan menjadi satu. Namun, pada umumnya, BBM yang terasa boros pada mobil matic disebabkan karena fluida yang digunakan untuk mendorong tenaga melalui torque converter.

Meskipun begitu, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi konsumsi BBM mobil matic dan tentu saja menjadikannya lebih hemat. Seperti cara hemat bbm mobil matic?

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

1. Jaga jarak aman

6-cara-efektif-supaya-mobil-matic-jadi-lebih-hemat-bbm

Bukan sekadar tulisan di bagian belakang truk atua tempelan sticker mobil. Namun, jaga jarak aman adalah hal yang penting bagi pemilik mobil matic. Selain terhindar dari bahaya, jaga jarak aman juga akan menstimulus energi kita untuk mengendalikan mobil.

Llau, apa hubungannya dengan bahan bakar? Ketika mengendalikan mobil dengan tertib dan agresif, pastinya akan membuat penggunaan bahan bakar pun berjalan normal.

Namun, jika mengendalikan mobil dengan cara yang tidak santai dan terlalu agresif, konsumsi bahan bakar pun akan cepat terkuras. Hasilnya, pengeluaran pun akan terbilang besar dan lebih sadisnya lagi, kamu bisa saja tidak mampu mengendalikan mobil dengan baik.

2. Kapasitas mobil

6-cara-efektif-supaya-mobil-matic-jadi-lebih-hemat-bbm

Menggunakan mobil matic, namun tidak memerhatikan kapasitas di kabin jelas akan membuat tenaga mesin akan terus bertambah. Ketika hal ini terus dilakukan, maka tenaga mesin akan memaksa energi dari bahan bakar akan keluar terus.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memerhatikan kapasitas mobil ketika akan digunakan. Jangan terus-terusan digunakan untuk membawa penumpang yang melebihi kapasitas atau barang-barang yang melebihi beban mobil.

3. Efektif menggungkan Idling

6-cara-efektif-supaya-mobil-matic-jadi-lebih-hemat-bbm

Efektifitas dalam menggunakan idling juga sangat penting dilakukan bagi pengguna mobil matic. Sebagai ilustrasi, ketika pengemudi berstatus netral atau diam ketika mesin tetap menyala, maka mesin akan tetap bekerja dan menguras bahan bakar mobil.

Oleh karena itu, jika memang ini sudah menjadi kebiasaan kamu, terutama ketika sedang berada di lampu merah atau terjebak macet, mungkin sekarang saatnya mengubah kebiasaan tersebut.

Alhasil, efektifitas saat Idling benar-benar dioptimalkan agar bahan bakar mobil matic tidak jadi boros.

4. Tenaga pedal

6-cara-efektif-supaya-mobil-matic-jadi-lebih-hemat-bbm

Hampir sama dengan gaya mengemudi, namun hal ini lebih kepada bagaimana kamu menekan pedal gas. Jika menekan pedal gas dilakukan dengan dengan cara yang asal-asalan, maka akan menguras bahan bakar mobil cukup banyak.

5. Perhatikan posisi RPM

6-cara-efektif-supaya-mobil-matic-jadi-lebih-hemat-bbm

Mobil matic punya standar RPM tersedniri ketika digunakan. Rata-rata berkisar 2.500-3.000 RPM. Tetap melaju, namun dengan pertimbangan agar kecepatan mobil tidak menguras BBM.

Kendarai mobil dengan kecepatan yang stabil, hingga jangan sampai rem mendadak adalah cara yang tepat menjaga kestabilan RPM, khususnya pada mobil matic.

6. Efektif menggunakan AC

AC tidak hanya biara kelistrikan mobil. Namun, juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Jaga kondisi bahan bakar mobil dengan cara memaksimalkan penggunaan AC dengan tepat.


Efektifitas menggunakan AC mobil yang tepat akan berpengaruh pada pada penghematan bahan bakar di sekitar 20-25 persen.

Baca juga: Cara Meminimalisir Kesalahan Saat Menggunakan Mobil Matic

Baca juga: Mobil Injeksi Kehabisan Bensin? Ini Cara Menyalakannya Kembali

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga