fbpx Carsworld
5 Tujuan Kenapa Servis Mobil Wajib dilakukan di Bengkel Terpercaya
Article 01

Tak ada yang bisa menjamin bahwa sebuah mobil akan selalu berada dalam kondisi prima di setiap waktunya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan servis mobil di bengkel terpercaya atau terdekat.

Meskipun beberapa pemilik mobil kerap mengabaikan rutinitas servis mobil, namun kegiatan yang satu ini punya banyak tujuan. Carsworld akan merangkum beberapa tujuan penting kenapa pemilik mobil tidak boleh bermalas-malasan melakukan perawatan atau servis mobilnya.

Baca juga: Sudahkah Servis Mobil Berkala di Pertengahan Tahun 2020?

1. Kualitas komponen terjaga

5-tujuan-kenapa-servis-mobil-wajib-dilakukan-di-bengkel-terpercaya

Ada puluhan komponen mobil yang saling terkait satu sama lain. Jika komponen ini tidak dirawat dengan cara menservisnya, bisa bidpastikan mobil kamu akan punya masalah yang besar di suatu saat nanti.

Misalnya, saja saat akan melakukan perjalanan jauh, mobil pastinya akan dipaksa melngeluarkan tenaga ekstra. Nah, jika tenaga ini terus dipaksa dari komponen-komponen yang bekerja untuk mobil, maka bisa dipastikan kualitasnya akan menurun.

Jika ini sudah terjadi, maka solusi yang bisa dipilih dengan melakukan perawatan atau servis mobil agar komponennya tetap terjaga dan terawat dengan baik. Mobil pun kembali bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

2. Meningkatkan Performa Mobil

5-tujuan-kenapa-servis-mobil-wajib-dilakukan-di-bengkel-terpercaya


Komponennya terawat berarti alur kerja mobil pun bisa berjalan dengan baik. Jika servis mobil rutin dilakukan sesuai waktunya, bukan tidak mungkin komponen-komponen mobil tidak ada yang perlu diganti.

Jika sudah begini, performa mobil pun akan jauh lebih kuat. Lebih aman dan nyaman dikendalikan di balik kemudi.

3. Optimalisasi bahan bakar

5-tujuan-kenapa-servis-mobil-wajib-dilakukan-di-bengkel-terpercaya


Salah satu yang sensitif bagi pemilik kendaraan, khususnya mobil.Apalagi, jika ujung-ujungnya bahan bakar sudah tidak bisa dikendalikan dan seringkali dikeluhkan cepat boros.

Pada dasarnya, setiap mobil merk apa pun punya standar bahan bakarnya sendiri, termasuk bagaimana cara kerjanya. Meskipun begitu, kerap kali permasalahan-permasalahan tentang boros bahan bakar ini kemudian mencuat.

Padahal, ujung permasalahannya sederhana, mobil jarang di servis sesuai wakktunya. Alhasil, konsumsi bahan bakar terus-terusan melebihi kapasitasnya. Imbasnya pengeluaran akan konsumsi bahan bakar pun tak terkendalikan.

Bahkan bakar Setiap mobil memiliki standar efisiensi bahan bakarnya sendiri. Namun yang sering terjadi, para pengendara mengeluhkan mobilnya boros bensin tidak sesuai dengan klaim pabrikan. Salah satu penyebabnya adalah karena mobil jarang diservis secara rutin.

Namun, jika sebaliknya mobil sering diservis dan dilakukan secara berkala, maka bagian-bagian yang memengaruhi bahan bakar sebuah mobil akan bekerja dengan baik.

Hasilnya, komponen-komponen serta mesin dapat bekerja secara optimal dan mampu membuat penggunaan bahan bakar mobil sesuai dengan ketentuan dari kendaraan itu sendiri.

4. Menghemat biaya servis

5-tujuan-kenapa-servis-mobil-wajib-dilakukan-di-bengkel-terpercaya

Selain bahan bakar, keluhan lain yang kerap terjadi bagi sebagian pemilik mobil adalah biaya servisnya yang terlalu besar. Namun, jika pemilik mobil mengikuti aturan dari servis mobil secara berkala, maka pengeluaran pun tidak akan membengkak.

Ilustrasi sederhananya, jika mobil tidak diservis secara berkala dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat daya tahan setiap elemen mobil akan menurun.

Jika sudah begini, bukan tidak mungkin ada beberapa bagian komponen mobil yang bahkan harus diganti. Biayanya saja tentu besar. Namun, jika servis mobil dilakukan secara rutin, komponen dan bagian-bagian penting lainnya akan terjaga dan terawat.

Pergantian komponen atau parts mobil yang rusak pun semakin minim. Otomatis, pemilik mobil hanya perlu mengeluarkan biaya servis, tanpa harus mengeluarkan biaya-biaya lainnya. Alhasil, pengeluaran untuk mobil bisa lebih difokuskan saat servis berkala.

5. Bengkel terpercaya

5-tujuan-kenapa-servis-mobil-wajib-dilakukan-di-bengkel-terpercaya

Satu lagi yang menjadi pertimbangan saat servis adalah bengkel. Carsworld menyarankan untuk servis mobil di bengkel terpercaya. Beberapa pilihannya mungkin saja bengkel-bengkel resmi yang biasanya dipenuhi oleh pemilik mobil baru.

Lalu, bagaimana dengan mobil-mobil bekas atau secondhand? Carsworld menyarankan untuk servis mobil di bengkel-bengkel terpercaya. Beberapa indikatornya adalah bengkel-bengkel yang punya standar operasi jelas, teknisi berpengalaman, suku cadang yang asli hingga layanan servis yang memuaskan serta memberikan kenyamanan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Bengkel Servis Mobil di Masa “New Normal”

Baca juga: Cari Bengkel Mobil Paling Dekat? Ikuti Dulu Tips Berikut

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi

Fakta-fakta menarik tentang macam-macam Mitsubishi Pajero, termasuk versi Sport yang rencananya akan disunti mati di Jepang,

4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia
4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia

Fakta fakta recall mobil di Indonesia adalah tentang keselamatan pemilik mobil hingga pergantian komponen gratis

Honda Brio dan Kijang Innova Jadi Merk Mobil Terlaris Juni 2020
Honda Brio dan Kijang Innova Jadi Merk Mobil Terlaris Juni 2020

Daftar mobil terlaris bulan Juni 2020 di Indonesia adalah dengan naiknya posisi penjualan Toyota Alphard mendekati Honda Brio

Baca juga