fbpx Carsworld
5 Tips Merawat Mobil dan Menjaganya Agar Panjang Umur
Article 01

Ada banyak cara dan tips merawat mobil yang mudah dilakukan. Namun, kadang kala hal ini biasanya sering kita sepelekan.

Jika mobil tidak dirawat secara rutin, bukan tidak mungkin mobil kamu berarti penuh dengan banyak risiko yang merugikan. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan kamu selalu merawat dan menjaga agar mobil selalu punya usia yang lebih panjang.

Mumpung, sedang di rumah aja nih Carsworld akan membagikan lima tips untuk merawat agar mobil lebih awet dan tahan lama. khususnya buat kamu yang saat ini lebih banyak beraktifitas di rumah saja atau bahkan saat sedang WFH atau Work From Home.

1. Selalu bersihkan mobil

Bersih, cantik dan rapi. Ini adalah salah satu nilai plus sebuah mobil. Membuat orang-orang bisa berpaling melihat sebuah mobil. Agar ini terjadi pada mobil kamu, pastikan untuk membersihkan mobil secara rutin.

Sederhananya, jika mobil tidak dibersihkan akan menimbulkan karat. Kalau sudah begini, bisa-bisa keindahan mobil kamu bisa jadi hilang. Tak hanya bagian eksterior atau bodi, kebersihan di bagian-bagian seperti disc brake atau tabung silencer knalpot juga wajib diperhatikan.

Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan mobil, meskipun saat ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

2. Mobil pun butuh cairan

Car Washing on Back Yard. Transportation Photo Collection.

Sama seperti tubuh manusia, mobil pun cairan. Mulai dari untuk power steering, rem, hingga coolant. Di saat senggang seperti sekarang ini, pastikan untuk memeriksa cairan yang dibutuhkan oleh mobil kamu.

Khusus untuk coolant, pastikan untuk menggunakan yang sesuai dengan mobil kamu, Apalagi, coolant biasanya cairan yang paling cepat habis di dalam radiator.

Luangkanlah waktu sejenak untuk memeriksa cairan-cairan tersebut, terutama coolant yang cepat habis di dalam tangki radiator.

Untuk itu, pastikan coolant untuk selalu ada di dalam mobil karena punya senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator tetap bersih.

3. Pelumas mesin harus tetap terjaga

Nah, yang satu ini, tidak boleh dilewatkan. Oli atau pelumas. yang secara umum berfungsi mengurangi gesekan antar-komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih hingga menhaga mesin dari karat.

Untuk itu, selalu pastikan untuk selalu cek oli mobil kamu. Selalu jadwalkan pergantian sesuai dengan buku panduan dan perawatan mobil dari dealer atau pabrikan mobil.

Pastikan waktu penggantian sesuai dengan buku panduan perawatan mobil yang dikeluarkan oleh dealer. Umumnya, penggantian pelumas tersebut dihitung 10.000 km sekali sebagai batas amannya.

4. Cek selalu komponen dan sparepart

Mobil tak bisa dilepaskan dari kehadiran spare part. Biasanya, spare part ini punya usianya sendiri dan bergantung pada funsi dan pemakaiannya. Selain memeriksa spare part melalui rekomendasi pabrikan mobil, kamu juga bisa berkonsultasi atau memeriksakannya kepada bengkel-bengkel mobil yang ada di dekat tempat tinggalmu.

Konsultasikan dengan mekanik untuk masa pakai spare part tersebut. Sisanya, kamu bisa mengganti spare part yang memang dirasa harus diganti sesegara mungkin.

5. Cek secara berkala

Sumber: Valleyhonda dealers

Jika dirasa sudah sangat kompleks dan mobil membutuhkan penyegaran dari para ahli atau mekanik, pastikan kamu untuk melakukan service secara berkala.

Misalnya, mobil kamu membutuhkan Tune Up yang berarti melakukan servis ringan pagar performa mobil selalu prima dan siap digunakan kembali.

Percayakan mobil kesayangan bengkel-bengkel dengan mekanik yang sudah berpengalaman dan terlatih agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Selalu sediakan ruang untuk berkonsultasi dan memahami kondisi mobil kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan jasa para mekanik tersebut dengan memesan service mobil di aplikasi Carsworld.

Tenang saja, kamu tidak perlu lagi ke bengkel, karena jasa-jasa mekanik tersebut yang akan datang langsung ke rumah kamu. Mudahkan tips merawat mobil sendiri di rumah?

Artikel Rekomendasi

Baca juga