fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
5 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Agar Berfungsi Baik
Article 01

Apa salah satu hal penting yang harus terus disikapi oleh pemilik mobil di sepanjang waktu? Hal tersebut tak lepas dari bagaimana cara merawat aki basah bagi mobil mereka.

Namun, cara perawatan aki basah pada mobil bukan hanya tentang mengisi cairannya kembali. Beberapa hal di luar mengisi cairan tersebut terdapat beberapa perawatan penting yang wajib untuk dilakukan oleh pemilik mobil. Apa saja ya?

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

Baca juga: 3 Pertanda Jika Dinamo Ampere Bermasalah dan Aki Mobil Bisa Soak

1. Waktu penggunaan aki

5-tips-dan-cara-merawat-aki-basah-mobil-agar-berfungsi-baik


Menghitung waktu penggunaan aki pada mobil adalah pilihan tepat yang wajib dilakukan untuk pemilik mobil. Cara ini akan membantu menghitung beban aki secara berkala.

Pemeriksaan dan penghitungan pun harus dilakukan secara berkala. Salah satunya adalah ketika akan melakukan servis berkala di bengkel-bengkel mobil. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek dan menghitung waktu penggunaan aki mobil ya.

2. Membersihkan aki

5-tips-dan-cara-merawat-aki-basah-mobil-agar-berfungsi-baik


Cara merawat aki basah mobil berikutnya adalah dengan membersihkan aki mobil. Paling rentan dengan kotoran tentu saja adalah bagian terminal aki yang bisa terhimpit dengan debu dan kotoran.

Jika ini terjadi, biasanya daya listrik dari aki menuju komponen mobil lainnya akan bekerja dengan tidak maksimal.

Perawatan untuk bagian aki yang satu ini sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sikat plasti dan kemudian bersihkan bagian terminal aki dengan mudah.

3. Volume air aki

5-tips-dan-cara-merawat-aki-basah-mobil-agar-berfungsi-baik

Volume dari cairan aki memang hal yang sangat penting bagi pemilik mobil. Oleh karena itu, pastikan volume dari cairan tersebut memang benar-benar mampu mendorong listrik ke komponen-komponen mobil lainnya.

Jika volume cairannya berkurang, hal ini terjadi karena hawa mesin yang terlalu panas. Jadi, sebelum berkendara, pastikan agar volume cairan aki memang sudah benar-benar tepat untuk mobil kamu.

4. Memanaskan mobil secara teratur

5-tips-dan-cara-merawat-aki-basah-mobil-agar-berfungsi-baik

Kebiasaan memanaskan mobil dalam rentang waktu lima hingga sepuluh menit juga bisa jadi salah satu cara merawat aki basah mobil.

Tujuannya adalah agar arus listrik terus bekerja. Akhirnya alternator akan berada dalam kondisi yang stabil dan performa aki akan menggeliat mendorong kinerja mobil.

5. Kelistrikan dan perangkat elektronik

5-tips-dan-cara-merawat-aki-basah-mobil-agar-berfungsi-baik

AC, Audio atau bagian-bagian mobil lain yang terkait dengan konsumsi listrik mobil juga harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar energi dari aki tidak terbuang sia-sia.

Jadi, ketika mobil memang tidak membutuhkan AC atau bagian lain yang membutuhkan listrik, maka aki mobil akan terus bekerja, tidak mudah rusak dan tentu saja akan menjadi awet.

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Baca juga: Terus Menyala, Apa yang Jadi Masalah Pada Indikator Aki Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga