5 Tips Agar Mesin Mobil Tetap Prima dan Irit Bensin
Article 01

Mobil yang hemat bahan bakar tak bisa dilepaskan dari komponen bernama mesin. Jika terlalu sering digunakan dan lalai dalam servis berkala, bukan tidak mungkin mesin mobil akan tergerus dan bahan bakar jadi sangat boros. Lebih buruk lagi, kinerja dari komponen mobil lainnya pun bisa terganggu.

Jika hal ini tidak ingin terjadi pada mobil kamu, Carsworld akan berbagi tips mobil irit bensin sekaligus menjaga performa mesin tetap baik dalam kondisi apa pun.

1. Cek Throttle Body Injektor dan Karbu

5-tips-agar-mesin-mobil-tetap-prima-dan-irit-bensin


Dua komponen mobil yang wajib dijaga betul agar mobil tetap prima dan irit besin. Fungsi dari kedua komponen ini adalah untuk mencampur udara dan bahan bakar yang menggerakkan mesin.

Jika ini tak berfungsi, maka aliran bahan bakar ke ruang bakar akan menjadi terganggu. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari kotoran hingga debu-debu yang tak kasat mata.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek komponen mobil ini dengan cermat. Apalagi, dalam buku panduan yang dirilis oleh pabrikan mobil, biasanya akan dikelaskan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan mobil, termasuk pada dua komponen mobil ini.

Jika ditemukan gangguan pada bagian ini, buatkan permintaan pemesanan servis untuk mengecek dan membersihkan Throttle Body Injektor dan karburator pada mobil.

2. Bersihkan filter udara

daftar-komponen-mobil-yang-wajib-mendapatkan-servis-berkala

Bahan bakar mobil yang boros bisa juga disebabkan karena filter udara. Penyebabnya, bagian mobil yang satu ini sudah kotor sehingga mengambat aliran udara.

Gejalanya, bisa saja bagian piston mobil menjadi terasa berat dan menjadikan tenaga dari mesin berkurang. Hal ini biasanya akan membuat pemilik mobil menginjak pedal gas dengan dalam. Jika ini terus dilakukan tanpa harus di cek penyebabnya, bensin mobil akan jadi tergerus.

Ada banyak cara pengecekan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mencopot filter udara dan membersihkan agar kotoran-kotoran menjadi terangkat.

Jika kamu sedang berencana untuk menyervis mobil, pastikan untuk meminta agar teknisi mengecek bagian filter udara dan membersihkan komponen mobil yang satu ini.

3. Ruang mesin kotor

5-tips-agar-mesin-mobil-tetap-prima-dan-irit-bensin
Clean the car engine room.Wash car engine room.Car Wash Machine.Car maintenance concept.

Komponen mobil lainnya yang tidak kalah penting untuk di cek adalah ruang mesin yang kotor. Terlalu kotor, justru akan membuat performa mesin menjadi turun. Akibatnya, bensin akan benar-benar dikuras.

Beberapa penyebabnya adalah karena pemilihan bahan bakar asal-asalan. Oleh karena itu, gunakan bensin berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Jika asal-asalan, siap-siap saja kerak-kerak akibat pembakaran bensin akan menumpuk.

4. Kampas kopling bermasalah

5-tips-agar-mesin-mobil-tetap-prima-dan-irit-bensin

RPM mesin pada sebuah mobil memang sudah ditentukan dari pembuatnya. Namun, Rpm mobil bisa jadi masalah ketika kampas konpling tidak bekerja maksimal.

Jika sudah begini, biasanya kecepatan mobil akan menurun, dan laju mobil menjadi pelan meski sudah menginjak gas dengan dalam. Imbasnya bisa merembet ke hal-hal lain.

Mulai dari waktu tempuh berkendara yang menjadi lama sehingga bensin pun akan terkuras habis. Oleh karena itu, cek selalu kondisi kampas kopling mobil kamu.

Jika bermasalah, segara periksakan ke bengkel atau diganti, agar tarikan mobil jadi terasa lebih baik dan juga pemakaian bensin dapat dikendalikan.

5. Mobil belum di Tune-Up

5-tips-agar-mesin-mobil-tetap-prima-dan-irit-bensin

Perawatan berkala dan teratur akan selalu ada dalam setiap komponen mesin mobil, termasuk bagian-bagian kecil seperti busi, hingga injector.

Secara langsung keseluruhan komponen ini berpengaruh pada konsumsi bensin, Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan service berkala untuk mobil kamu.

Lakukan tune-up mobil dengan baik di bengkel-bengkel mobil agar semua detil dari komponen mobil tadi bekerja dengan maksimal. Selalu cek dan konsultasikan pada bengkel-bengkel terpercaya.

Mudahkan, melakukan pengecekan dan tips mobil irit bensin untuk kendaraan kamu sendiri?

Baca Juga: Cek Biaya Paket Servis Mobil di Bengkel Secara Online dengan Aplikasi Ini

Baca Juga: 5 Tips Menyeleksi Layanan Bengkel dan Servis Mobil Online Terbaik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga