fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
5 Rutinitas yang Bikin Mobil Tetap Prima Meski Jarang Digunakan
Article 01

Mudik sudah dilarang, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pun sudah dipernpanjang dengan aturan yang ketat. Namun, bukan berarti buat kamu yang punya mobil pribadi tentunya bisa memastikan agar selalu menjaga mobil tetap prima.

Nah, lima rutinitas sederhana ini akan membantu mobil kamu tetap prima dan selalu nyaman digunakan meskipun tidak memiliki kegiatan yang terlalu banyak selama di rumah aja.

1. Panaskan mesin mobil

Kegiatan yang tentunya biasa dilakukan sebelum kamu berangkat beraktivitas. Namun, di kondisi sekarang, jangan mengenyampingkan untuk memanaskan mobil kamu di setiap pagi, kurang lebih lima menit saja.

Tujuannya sederhana, supaya oli mesin tetap bekerja melumasi semua komponen mesin, Selain itu, dengan memanaskan mesin arus listrik pada aki obil akan terisi ulang.

2. Periksa bagian rem

Mobil yang terparkir begitu saja dan jarang digunakan bisa menyebabkan kampas rem menempel pada bagian cakram atau tromol. Kemunculan karat di komponen yang terbuat dari besi adalah penyebab lengketnya kampas rem.

Jika terlalu banyak, maka karat ini bisa membuat mobil tidak bisa digerakkan. Jadi, pastikan untuk selalu mengecek bagian rem mobil kamu jia jarang digunakan.

3. Cek tekanan angin ban

Sumber: Carbible

Terlalu lama berdiam di satu tempat akan membuat tekanan angin pada ban mobil menjadi berkurang. Jika terus dibiarkan, maka besar munculnya flat spot pada ban.

Jika terus dibiarkan, ban yang mengalami flat spot akan membuat mobil terasa bergetar dan tidak nyaman dikendarai lagi. Ketika kamu merasakan tekanan angin ini berkurang, kamu bisa mengisi tekanan angin yang sesuai dengan ban mobil kamu.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Merawat Ruang Mesin Mobil

Baca Juga: 3 Tips MudahMenghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

4. Bersihkan mobil

Debu dan berbagai kotoran lainnya sudah pasti hinggap di mobil selama jarang digunakan. Bahkan, ketika kamu sudah 'menyarungi' mobil itu sendiri. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin berbagai macam baret halus.

Untuk itu, pastikan untuk membersihkan mobil kamu secara rutin meskipun sangat jarang digunakan.

5. Cegah binatang merusak mobil

Clean the car engine room.Wash car engine room.Car Wash Machine.Car maintenance concept.

Hama tak hanya bisa merusak sawah atau ladang pertanian. Namun, hama pun bisa merusak bagian kabel-kabel mobil. Benar, ini adalah tikus yang di menjelang musim kemarau ini keluar dari rumahnya yang lembab dan kotor.

Tak jarang tikus ini kemudian masuk ke kolong mobil dan kemudian mulai menggerorogoti kabel-kabel di mobil. Bahkan, tidak jarang tikus ini bisa masuk ke ruang mesin.

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ini adalah dengan menempatkan pestisida di sekitar ban atau diatas ban mobil.

Sangat mudah kan, melakukan rutinitas ini untuk mobil kamu. Agar kegiatan menjaga mobil tetap prima tidak jadi sia-sia jangan lupa untuk periksakan kondisi mobil kamu bengkel.

Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia di Google Play Store untuk mendapatkan paket servis komplit di bengkel-bengkel terdekat di kota kamu.

Artikel Rekomendasi

Baca juga