fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
5 Penyebab Rem Mobil Blong Ini yang Harus diwaspadai
Article 01

Kenyaman dan keamanan sebuah mobil memang harus menjadi hal yang sangat penting di masa sekarang. Jika salah satu dari fungsi komponen mobilnya tidak bekerja, maka semua itu bisa menjadi buyar. Hal yang tentu saja ingin dihindari adalah fungsi rem yang tidak bekerja atau bahkan blong. Memang benar, banyak hal yang jadi penyebab rem mobil blong secara tiba-tiba atau tanpa disadari sekalipun.

Namun, meski kerap terjadi tanpa disadari, pemilik mobil setidaknya harus tetap mengecek dan memeriksa hal-hal yang terkait dengan penyebab rem mobil blong. Apa saja ya?

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya

Baca juga: Jangan Lupa Servis Mobil di Bengkel Umum dan Resmi Setelah Liburan dan Perjalanan Jauh

1. Minyak rem menguap

5-penyebab-rem-mobil-blong-ini-yang-harus-diwaspadai

Tanpa disadari minyak rem mobil bisa menguap dengan sendirinya. Kondisi ini juga kerpa disebut dengan Vapour Lock.

Hal ini terjadi karena suhu yang terlalu panas. Faktor ini yang akhirnya menyebabkan minyak rem mendidih dan menimbulkan gelembung uap.

Cara mengatasinya pun sederhana. Berkonsultasi dengan mekanik yang ada di bengkel untuk menemukan solusi atau membersihkan beberapa bagian yang dari komponen rem.

2. Kehabisan minyak rem

5-penyebab-rem-mobil-blong-ini-yang-harus-diwaspadai

Penyebab pertama yang bisa membuat rem mobil menjadi blog adakah karena kondisi minyak rem yang sudah menipis atau bahkan habis. Hal ini terjadi karena kuantitas minyak rem yang memang terus digunakan.

Faktornya pun berafam. Namun, salah satu yang kerap terjadi adalah kualitas minyak rem itu sendiri. Jika kualitasnya tidak baik, maka secara kuantitas, rem mobil akan sangat cepat tergerus.

Dorongan tenaga yang diberikan rem pun menjadi berkurang. Jika terus dibiarkan, akan membuat rem mobil mudah blong atau tidak maksimal lagi ketika digunakan.

3. Penyumbatan di selang minyak rem

5-penyebab-rem-mobil-blong-ini-yang-harus-diwaspadai

Masih dari bagian minyak rem, kali ini pada bagian selangnya. Jika tselang ini tersumbat karena kotoran, maka akan menganggu kinerja rem mobil.

Tak pernah dicek atau dibersihkan akan membuat kotoran ini memengaruhi kualitas minyak rem. Alhasil, ketika semuanya tidak bekerja dengan baik, sangat besar kemungkinan rem mobil menjadi blong dengan mudah.

Selain itu kualitas minyak rem yang tak berkualitas juga bsai menyebabkan penyumbatan pada bagian selang. Jadi, berhati-hatilah untuk komponen yang satu ini.

4. Gangguan pada kampas rem

5-penyebab-rem-mobil-blong-ini-yang-harus-diwaspadai

Pengaruh lain yang menyebabkan rem mobil blong adalah karena kampas rem. Apalagi, jika kampas rem sudah aus, maka pengemudi mobil mana pun akan kesulitan mengontrol mobilnya.

Untuk hal ini tidak bisa main-main atau ditunga. Mobil harus di bawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan atau pergantian kampas rem ke bengkel.

5. Kerusakan piston rem

5-penyebab-rem-mobil-blong-ini-yang-harus-diwaspadai

Jadi salah satu bagian penting dalam sistem rem, kinerja piston pun ikut menjadi sorotan dan jadi salah satu penyebab rem mobil blong.

Piston yang sudah aus atau bahkan rusak akan menganggu kinerja hidrolik pedal rem untuk memberikan tekanan pada bagian kampas. Jika tak segera diantisipasi, bukan tidak mungkin rem mobil akan rusak atau blog.

Selain itu, bagian seal piston master silinder pada sistem rem juga ikut menjadi sorotan. Usianya yang sudah tua atau memang karena kualitasnya yang tidak baik juga bisa menjadi penyebab kerusakan yang berimbas pada rem mobil blong.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga