fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
5 Komponen Penting Mobil Ini Wajib dicek Menjelang Musim Hujan
Article 01

Musim hujan memang bisa datang secara tiba-tiba. Namun, para pemilik mobil sudah sepatutnya menyiapkan beberapa hal penting, salah satunya pengecekan komponen. Hal ini terjadi karena komponen mobil musim hujan kerap memberikan beban tersendiri bagi pengemudi.

Jika tidak di cek, tak jarang, mobil akan mengalami kerusakan yang berakibat pada kerusakan-kerusakan komponen mobil lainnya.

Lalu, apa saja komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum dan sesudah musim penghujan tiba?

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

1. Kaki-Kaki

5-komponen-penting-mobil-ini-wajib-dicek-menjelang-musim-hujan

Bagian yang sangat penting bagi mobil, terutama di kala musim hujan. Letaknya di bagian bawah dan sangat mudah terpapar air hujan atau bahkan air banjir.

Gambaran kaki-kaki mobil terdiri dari sistem suspensi yang beragam seperti bushing, shock absorber, hingga per mobil. Jika salah satu dari bagian sistem suspensi ini mengalami kerusakan, maka pengendalian mobil dibalik kemudi pun akan sangat sulit.

Jadi, sangat penting untuk mengecek bagian ini sebelum musim penghujan telah tiba. Apakah bagian-bagian dari komponen kaki-kaki memang masih layak digunakan atau tidak.

Jangan lupa juga untuk perawatan seperti spooring dan balancing agar kualitas kaki-kaki mobil benar-benar terjaga.

2. Ban

5-komponen-penting-mobil-ini-wajib-dicek-menjelang-musim-hujan

Masih terkait dengan bagian di bawah mobil dan selain kaki-kaki, ban pun perlu mendapatkan pengecekan. Apakah kondisi ban masih prima, punya alur dan mengembang normal?

Jika sudah tak layak pakai atau bahkan botak, tentunya akan sangat berbhaya jika digunakan terus-menerus di jalanan yang basah dan licin akibat musim hujan.

3. Wiper

Tentu saja, ini adalah komponen yang sangat-sangat penting ketika musim penghujan tiba. Jika tanpa kehadiran komponen yang satu ini, bisa-bisa pengemudi akan kesulitan mengemudikan mobilnya.

Menjelang musim penghujan tiba, pastikan untuk mengecek kondisi wiper, Apakah kotor,, banyak debu atau masih bekerja secara normal. Jika tidak, maka sebaiknya lakukan segera perbaikan atau perawatan untuk komponen mobil yang satu ini.

4. Lampu

5-komponen-penting-mobil-ini-wajib-dicek-menjelang-musim-hujan

Lampu memiliki peran yang sangat vital. Saat hujan lebat, lampu bisa menghindarkan diri dari kecelakaan. Menyalakan lampu utama akan membantu visibilitas ketika mengemudi di tengah hujan.

Selain itu, menyalakan lampu utama juga dapat membantu pengemudi lain mengetahui letak mobil yang berlawanan arah, terutama di saat hujan deras.

5. Knalpot

5-komponen-penting-mobil-ini-wajib-dicek-menjelang-musim-hujan

Terakhirm pemeriksaan komponen mobil musim hujan sebaiknya juga dilakukan pada bagian knalpot. Apalagi, jika sudah harus melewati jalan yang tergenang dengan air atau bahkan banjir.

Ujung knalpot bisa terciprat kotoran-kotoran yang selama ini berada di jalanan. Hal terburuk lainnya yang bisa terjadi adalah, munculnya karat pada bagian knalpot dan bisa menjalar ke bagian pipa.

Selain mengurangi nilai estetika mobil, hal ini tentunya juga bisa membuat fungsi knalpot menjadi menurun. Pastikan untuk selalu membersihkan bagian knalpot mobil secara rutin, baik sebelum musim hujan atau bahkan ketika mobil digunakan untuk musim hujan.

Baca juga: Pilah-Pilih Jenis Spare Part Mobil Asli atau Palsu di Bengkel

Baca juga: Sudahkah Servis Mobil Berkala di Pertengahan Tahun 2020?

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga