fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
5 Daftar Oli Mobil yang Perlu Diperiksa Setelah Melakukan Perjalanan Jauh
Article 01

Oli mobil adalah benda yang penting untuk mobil. Jika sebagian orang lebih familiar dengan oli mesin pada mobil. Namun faktanya masih ada beberapa daftar oli mobil lain yang wajib ditempatkan pada bagian komponen mobil.

Oli ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda, namun tak kalah penting dengan oli mesin. Nah, buat kamu yang baru saja menggunakan mobil pribadi dan melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk mengenal jenis dan daftar oli mobil berikut ini.

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Baca juga: Selain Servis Ganti Oli, Filter Oli Mesin Mobil Pun Wajib Dirawat

1. Oli Rem


Minyak rem, ini adalah kata-kata yang lebih familiar ketimbang oli rem. Namun, pada faktanya, oli rem pun sama dengan minyak rem. Cairan yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan sistem rem mobil menjadi lebih efektif dan maksimal dalam bekerja.

Buat kamu yang baru saja melakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk mengecek kondisi oli rem mobil ya.

2. Oli Transfer

5-daftar-oli-mobil-yang-perlu-diperiksa-setelah-melakukan-perjalanan-jauh


Mendengar nama yang satu ini, munkin saja sebagian pemilik mobil akan mengernyitkan dahi. Namun, olo transfer memang benar ada dalam daftar oli mobil.

Oli ini biasanya akan digunakan bagi mobil yang sistem penggerakanya empat roda. Istilah umum yang paling dikenal adalah mobil All Wheel Drive.

Tujua oli transfer pada mobil AWD biasanya adalah untuk melindungi komponen bearing.

3. Oli Transmisi


Kalau yang satu ini pastinya kamu tidak akan terkejut. Karena oli transmisi memang benar-benar ada. Oli ini berfungsi menjadi pelumas komponen transmisi.

Prosesnya adalah agar pergantian gigi pada mobil lebih mudah dan terasa halus ketika dilakukan. Oli transmisi sendiri berlaku bagi mobil manual atau pun mobil matic.

Baca juga: 3 Penyebab Terciumnya Bau Oli Terbakar Pada Mobil

4. Oli Gardan


Oli lain yang juga wajib dicek setelah melakukan perjalanan jauh adalah oli gardan. Fungsi dari oli mobil yang satu ini adalah agar melindungi komponen ponion gear dan bearing pada mobil yang kerap bergesekan.

Jika terus-menerus digunakan tanpa diketahui kualitas melumasi kotak gigi gardan dan melindungi komponen seperti pinion gear dan bearing yang selalu bergesekan.

5. Oli Power Steering

Mengemudi di perjalanan jauh pastinya harus melalui berbagai macam lintasan jalan yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat faktor kemudi mobil harus prima.

Oleh karena itu, setelah melakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk mengecek oli power steering mobil. Fungsinya adalah melumasi bagian pompa dan meringankan beban kerja kemudi.

Jadi, pastikan untuk mengecek kondisi oli mobil yang satu ini setelah melakukan perjalanan jauh ya.

Oli perlu diganti

5-daftar-oli-mobil-yang-perlu-diperiksa-setelah-melakukan-perjalanan-jauh

Selain oli mesin, lima jenis oli mobil ini perlau diganti secara berkala. Hal yang paling dasar tentu saja adalah oli mesin yang harus diganti ketika mobil sudah melakukan perjalanan hingga 10.000 km.

Hal yang sama juga berlaku untuk oli gardan yang harus diganti atau dicek jika mobil sudah melakukan perjalanan dengan jarak 10.000 km lebih. Sementara itu, bagi pemilik mobil manual wajib mengganto oli transmisi ketika mobil sudah menempuh jarak 10.000 km. Bagi mobil matic, ketika sudah menempuh jarak 20.000 km.


Pergantian oli rem sebaiknya dilakukan jika kendaraan sudah menemuh jarak 30.000 km. Sementara itu, oli power steering dan oli transfer wajib diganti ketika kendaraan sudah menemuh jarak hingga 40.000 km.

Baca juga: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Mesin, Bagi Pemilik Mobil Baru

Baca juga: 4 Tips Perawatan Agar Oli Tidak Merembes dari Bawah Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga