fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
5 Cara Perawatan Mobil Diesel Agar Tetap Prima Setiap Hari
Article 01

Mobil diesel selalu identik dengan jenis kendaraan roda empat seperti, bus, truk, atau yang paling lekang diingatan adalah Isuzu. Panther SUV. Namun, kini beberapa pabrikan mobil seperti Toyota dengan Innova atau Mitsubishi dengan Pajero. Meski dikenal sebagai mobil yang tak boros BBM, namun cara perawatan mobil diesel pun perlu diperhatikan.

Seperti apa caranya? Berikut cara merawat mobil diesel yang bisa kamu lakukan sendiri.

Baca juga: Mobil Hybrid Mulai Jadi Tren, Ini Tips dan Cara Merawatnya

Baca juga: Toyota Kijang Innova Versi Diesel Jadi Mobil LMPV Terfavorit

1. Hangatkan di pagi hari

5-cara-perawatan-mobil-diesel-agar-tetap-prima-setiap-hari

Hal yang standar. Mungkin hal yang juga sering dilakukan oleh pemilik mobil non diesel lainnya. Yaitu menghangatkan mesin di pagi hari.

Lakukan cara ini dalam waktu 10 menit untuk memastikan, komponen mesin dapat bekerja dengan baik nantinya. Namun, yang paling penting tentu saja adalah agar oli menghasilir ke bagian mesin dengan baik sebelum digunakan.

2. Kualitas bahan bakar

5-cara-perawatan-mobil-diesel-agar-tetap-prima-setiap-hari

Cara perawatan mobil diesel lainnya tentu saja adalah dengan memastikan kualitas bahan bakar solar. Praktiknnya, bahan bakar solar dengan sulfur rendah akan lebih baik.

Hal ini bertujuan untuk membuat tarikan mesin lebih lancar dan suara mesin yang tidak berisik. Jika kamu memiliki mobil diesel, pastikan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas terbaik.

3. Pengaruh filter udara

5-cara-perawatan-mobil-diesel-agar-tetap-prima-setiap-hari

Hal yang lazim untuk mobil apa pun, termasuk mobil diesel. Filter udara perlu dirawat dengan pebaik. Jika pengaruh filter udara sudah tidak baik, maka dipastikan akan memengaruhi tenaga dari mobil diesel.

Jika tidak dibersihkan secara berkala, maka kotoran dan debu bisa menganggu, komponen-komponen yang terhubung seperti silinder, ring, maupun piston.

Selain itu, jika memang sudah saatnya diganti, lakukan segera. Jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan pergantian filter udara pada mobil diesel.

4. Perawatan berkala filter solar

5-cara-perawatan-mobil-diesel-agar-tetap-prima-setiap-hari

Selain filter udara, hal lain yang harus diperhatikan adalah filter solar. Sama dengan filter udara, jika filter solar sudah dipenuhi debu dan kotoran, maka lakukan segera perawatan.

Cara ini mencegah mesin mobil terpapar kotoran dan menghambat bahan bakar mengalir pompa injeksi. Ssalkan dirawat dengan berkala, maka filter solar pun akan bekerja dengan maksimal.

5. Menjaga volume bahan bakar

5-cara-perawatan-mobil-diesel-agar-tetap-prima-setiap-hari

Cara perawatan mobil diesel berikutnya adalah dengan menjaga volume bahan bakar solar. Pemilik mobil diwajibkan untuk menjaga sepertiga volume bahan bakar di tangki.

Tujuannya agar tidak ada embun atau kerak yang mengendap di dalam tangki.

Cara-cara ini bisa dipastikan mampu menjaga kualitas mobil mesin diesel yang kamu punya.

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga