fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Tips Sederhana Membersihkan dan Merawat Sendiri Ruang Mesin Mobil
Article 01

Tak ada jaminan ruang mesin pada mobil bisa selalu bersih dari kotoran. Apalagi, debu dan kotoran pada mesin dapat terhisap ke bagian filter udara hingga masuk ke dalam sistem injeksi. Hasilnya udara yang masuk ke ruang bakar dan terhambat dan konsumsi bahan bakar pun bisa jadi boros.

Karena itu membersihkan atau merawat ruang mesin mobil perlu kamu lakukan secara rutin. Namun, membersihkan ruang mesin mobil itu memang butuh ketelitian, karena beberapa komponen penting mobil ada di bagian ini. Mulai dari komponen elektronik hingga filter udara.

Baca Juga: Cari Bengkel Mobil Paling Dekat? Ikuti Dulu Tips Berikut

Baca Juga: Cari Bengkel Mobil Paling Dekat? Ikuti Dulu Tips Berikut

1. Peralatan penting

4-tips-sederhana-melakukan-perawatan-ruang-mesin-mobil
Sumber: Throguhly

Karena membersihkan ruang mesin mobil tidak bisa sembarangan, ada baiknya kamu menyiapkan beberapa peralatannya terlebih dahulu. air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil, engine degreaser, lap plas chamois, dan lap microfiber.

2. Lakukan di garasi

4-tips-sederhana-melakukan-perawatan-ruang-mesin-mobil

Hal terbaik yang bisa dilakukan sebelum memulai membersihkan ruang mesin mobil adalah menempatkan mobil kamu di dalam garasi. Gunakan lampu garasi ketimbang cahaya matahari, karena jika ruang mesin terpapat matahari bisa menyebabkan kabel dan plastik penutup menjadi lapuk hingga pecah.

Pastikan juga garasi kamu dalam keadaan bersih, hingga tidak ada benda-benda yang mampu memicu percikan api.

3. Bersihkan komponen penting

4-tips-sederhana-melakukan-perawatan-ruang-mesin-mobil
Sumber: Autonorteast

Selanjutnya, kamu sudah bisa mulai membersihkan ruang mesin seperti debu atau mungkin saja ada kerak yang menempel. Nah, hal penting yang dipersiapkan adalah jangan lupa untuk melapisi atau menutup kompoenen penting lain seperti konektor aki, ECU, busi, dengan plastik agar tidak terkena air.

Sementara itu, untuk bekas oli atau kerak yang menempe di mobil bisa kamu bersihkan dengan cairan engine degreaser.

4. Gunakan air mengalir

4-tips-sederhana-melakukan-perawatan-ruang-mesin-mobil
Car Washing on Back Yard.

Mau tidak mau, air adalah bagian penting untuk memebersihkan apa pun termasuk ruang mesin mobil. Nah, pastikan kamu menggunakan air mengalir yang bisa disalurkan lewat selang dan gunakan tekanan yang rendah.

Saat membersihkan mesin mobil dari air, gunakan spon yang lembut. Sementara, untuk bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi atau kuas.

Gunakan juga sabun khusus untuk mobil yang memang terbukti ampuh mengangkat dan melarutkan kotoran dan oli sehingga mesin mobil lebih mudah dibersihkan.

Untuk mengeringkan seluruh bagian ruang mesin gunakan lap plas chamois atau microfiber.

Bila yakin kalau ruang mesin sudah bersih dan kering, Anda bisa memanaskan mesin mobil. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada korsleting dan mesin mobil Anda tetap berjalan dengan semestinya setelah dibersihkan.

Sudah siap mencoba merawat ruang mesin mobil kamu sendiri?

Baca juga: Ini Pemicu Klep Mobil yang Bocor dan Akibatnya Jika Tidak Dirawat

Artikel Rekomendasi

Baca juga