fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Pertanda Filter Udara Mobil Sudah Kotor dan Butuh di Servis
Article 01

Bak, makhluk hidup, mobil pun butuh udara dan ruangnya untuk bisa bernapas dengan dengan baik. Salah satu kuncinya adalah karena kehadiran filter udara mobil. Jika filter udara mobil kotor, maka cara bernapas mobil pun menjadi sulit.

Sebagai ilustrasi, ruang udara yang tepat untuk mobil akan memberikan dorongan dan proses sangat diperlukan untuk menciptakan pembakaran yang sempurna pada bagian ruang mesin. Tujuannya sederhana, untuk menciptakan energi yang menggerakkan mobil.

Disinilah peran penting filter udara, karena menjadi tempat proses pembakaran yang sempurna untuk mobil. Oleh karena itu, jangan sampai filter udara mobil menjadi kotor.

Nah, agar ini tidak terjadi pada mobil kamu, yuk kenali pertanda filter udara mobil mulai kotor.

Baca juga: Tips dan Cara Perawatan Mobil yang Menggunakan Sistem Bahan Bakar Injeksi

1. Cek selalu jarak tempuh


Akan selalu ada hal-hal penting terkait jarak tempuh mobil. Salah satunya adalah penggunaan filter udara. Semakin panjang jarak tempuh yang sudah dilalui mobil, maka filter udara pun akan dipaksa bekerja ekstra.

Rata-rata pabrikan mobil sudah menyarankan agar pergantian filter udara dilakukan ketika mobil sudah berjalan dengan jarak tempuh 30.000 km hingga 40.000 km.

Jadi, jika mobil kamu sudah berjalan sejauh ini, pastikan untuk memeriksakan kondisi filter udara mobil atau bahkan menggantinya jika perlu.

2. Tenaga mobil berkurang


Pernahkah kamu merasakan kurangnya akselerasi tenaga mobil ketika dipacu dalam kecepatan yang tinggi? Selain komponen-komponen lainnya, filter udara mobil yang sudah sangat kotor jadi salah satunya.

Jika sudah terlalu kotor, solusi paling tepat adalah menggantinya dengan filter udara yang baru. Jika tidak, maka daya mobil akan benar-benar terasa sangat berkurang.

3. Asap hitam dari knalpot mobil


Jika filter udara pada mobil sudah terlalu kotor, salah satu konsekuensinya adalah pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna. Ciri khas dari masalah ini adalah kepulan asap hitam yang muncul dari knalpot mobil akan keluar.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa apakah knalpot kamu mengeluarkan asap hitam. Apalagi, bagi mobil yang sudah menempuh perjalanan sangat jauh.

4. Boros BBM


Hal yang paling menjengkel tentunya bagi pemilik mobil. Bahan bakar menjadi boros! Hal ini yang harus menjadi perhatian bagi filter udara mobil.

Jika sudah terlalu kotor, maka dorongan udara menjadi lemah menuju ruang bakar. Kronologinya, pembakaran BBM menjadi tidak sempurna.

Pastikan untuk segera memeriksa kondisi filter udara mobil, jika bahan bakar mulai tak terkendali seperti biasanya.

Filter udara menghitam

4-pertanda-filter-udara-mobil-sudah-kotor-dan-butuh-di-servis


Namun, hal yang selalu menjadi perhatian adalah kondisi dari fiter itu sendiri. Terutama bagian fisiknya yang sudah menjadi hitam, maka bisa dipastikan akan menimbulkan masalah pada mesin.

Selain menghitam, beberapa filter udara yang dibuat oleh pabrikan mobil biasanya akan sangat mudah lembab. Oleh karena itu pemeriksaan rutin wajib dilakukan pada bagian filter udara.

Dua kali dalam seminggu rajin-rajinlah mengecek kondisi fisik dari filter udara pada mobil. Jika memang sudah seharusnya dibersihkan, jangan pernah ditunda-tunda.

Begitu pula jika filter udara mobil menganggu kinerja komponen-komponen mobil lainnya. Jangan biarkan berlarut-larut begitu saja. Lakukan pergantian filter udara terbaik yang direkomendasikan pabrikan dan original.

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Tune Up Mobil Injeksi di Bengkel Terdekat

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga