fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti
Article 01

Salah satu komponen paling penting dalam mobil, aki justru kerap jadi momok tersendiri bagi pemilik mobil. Jika aki bermasalah atau bahkan soak bisa dibilang adalah salah satu hal yang menjengkelkan. Meskipun pada dasarnya aki punya punya umurnya sendiri, namun tak jarang pula ganti aki mobil bisa lebih cepat.

Lalu, apa saja yang kemudian harus diperhatikan sebelum ganti aki mobil? Hal penting yang perlu dipahami adalah aki bagian mana. Misalnya, untuk aki basah, kamu bisa cek kondisi aki pada batas cairan elektrolitnya. Jika sudah mendekati batas bawah, artinya cairan harus ditambah.

Sementara itu, untuk aki kering kamu bisa melakukan pengecekan tentang indikator warna. Warna putih membuat aki wajib mendapatkan perbaikan, sementara itu jika sudah merah harus diganti.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur kenapa ganti aki mobil harus dilakukan sesegera mungkin. Berikut beberapa tolak ukurnya.

Baca juga: Hati-hati Menjaga Aki Mobil, Seperti Ini Cara Merawatnya Supaya Awet

Baca juga: 3 Pertanda Jika Dinamo Ampere Bermasalah dan Aki Mobil Bisa Soak

1. Kinerja mesin terganggu

4-pertanda-aki-mobil-bermasalah-dan-harus-diganti

Mesin sudah dinyalakan, namun mesin tak bisa bergerak. Hal ini bisa menjadi penyebab aki bermasalah. Jika memang ingin mengganti aki mobil kamu bisa melakukan pemeriksaan sendiri seperti alat pengukur arus.

Jika tidak punya alat sendiri untuk mengukur kinerja aki kamu bisa berkonsultasi dengan bengkel lewat montir atau mekanik. Beberapa solusi yang bisa dihadirkan rata-rata adalah dengan jumper aki, mencopot aki dan memeriksanya lebih detil.

2. Tes kondisi aki

4-pertanda-aki-mobil-bermasalah-dan-harus-diganti

Mungkin kamu penasaran kenapa mesin tetap tidak bekerja meski sudah mencoba untuk dihidupkan. Oleh karena itu, ada cara untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mengganti aki.

Ketika mesin mati, voltase normal aki adalah 12,45 volt. Sementara itu, ketika mesin menyala, voltase berada di angka 13-14 Volt. Jika sudah menemukan alat pengukuran voltase ini dan menemukan kenyataan bahwa voltase kurang atau bahkan melebihi batas normal, maka sekarang saatnya untuk mempertimbangkan mengganti aki.

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

3. Cek Kondisi air aki

4-pertanda-aki-mobil-bermasalah-dan-harus-diganti

Pengukuran warna yang tepat untuk aki bisa dilihat dari kondisi air aki. Jika kamu menemukan air yang keruh pada bagian aki, sangat memungkinkan aki tersebut harus mendapatkan perbaikan.

Pasalnya, warna keruh tersebut disebabkan karena kotoran-kotoran yang terus menumpuk di aki. Jika kamu berada dalam situasi yang seperti ini, mulailah untuk mempertimbangkan pergantian aki.

4. Modifikasi dan aksesoris mobil

4-pertanda-aki-mobil-bermasalah-dan-harus-diganti

Kamu suka menggunakan aksesoris tambahan atau memodifikasi mobil? Mulai sekarang mulailah untuk berhati-hati. Menggunakan aksesoris atau bahkan memodifikasi mobil yang berhubung dengan bagian elektrikal mobil.

Apabila hal ini sudah mengonsumsi listrik terlalu banyak, maka bisa membebani fungsi aki. Jika terus terbebani, usia aki akan cepat memudar padam. mengkonsumsi listrik lebih banyak, sehingga mempercepat usia pakai aki.

Jadi, jika mobil bertransmisi matik mengalami peristiwa seperti ini, kamu bisa melakukan perawatan atau bahkan melakukan ganti aki mobil.

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Baca juga: Tips Memilah Bengkel Umum Terbaik dan Perbandingan dengan Bengkel Resmi

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga