fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Perawatan yang Bisa Menekan Estimasi Biaya Servis Berkala Mobil
Article 01

Biaya servis berkala mobil akan selalu menjadi pertimbangan besar sang pemilik untuk datang ke bengkel dan melakukan perawatan. Biaya yang besar, terkadang membuat pemilik mobil kerap menunda-nunda jadwal servis berkala.

Padahal, jika terus ditunda-tunda justru akan membuat bagian-bagian lain atau komponen mobil terkena imbasnya. Banyak cara perawatan mobil yang bisa dilakukan dengan mudah untuk menekan biaya servis berkala mobil yang terasa memberatkan.

Nah, agar biaya servis berkala tidak menguras dompet, lakukan empat hal berikut, sebelum kamu harus ke bengkel untuk servis berkala.

1. Bersihkan mobil

4-perawatan-yang-bisa-menekan-estimasi-biaya-servis-berkala-mobil

Hal yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, membersihkan mobil bukan berarti hanya membersihkan bagian eksterior dan interior lainnya.

Bagian-bagian mobil lainnya seperti kaki-kaki, ruang mesin, AC bahkan hingga ruang bahan bakar juga perlu dilakukan. Apalagi, khusus untuk ruang pembakaran. Tumpukan kabrbon akibat pembakaran yang terlalu akan meninggalkan kerak yang bisa menganggu sistem kerja mobil.

Jadi, bukan tidak mungkin biaya servis mobil akan lebih murah jika kamu membersihkan bagian-bagian yang kotor dari mobil.

2. Faktor Komponen mobil

4-perawatan-yang-bisa-menekan-estimasi-biaya-servis-berkala-mobil

Mobil tak bisa dilepaskan dari komponen-komponen yang kemudian saling mengisi dan bergerak satu sama lain. Oleh karena itu, jika kamu merawat komponen dengan baik, maka saat servis berkala, pergantian-pergantian komponen yang tidak diperlukan akan terjadi.

Selain itu, jika sebelumnya kamu melakukan pergantian komponen, pastikan menggunakan komponen yang originial dan bukan abal-abal. Jika menggunakan komponen yang abal-abal, bukan tidak mungkin pemilik mobil harus mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi saat servis berkala.

3. Penggunaan bahan bakar

4-perawatan-yang-bisa-menekan-estimasi-biaya-servis-berkala-mobil


Bahan bakar minyak atau yang dikenal juga dengan BBM juga mampu memberikan dampak pada biaya servis berkala mobil. Apalagi, masih banyak pemilik mobil yang kerap 'bandel' mengisi BBM tidak sesuai dengan persyaratan mobilnya.

Sebagai contoh, beberapa pemilik cenderung mengisi BBM dengan kadar oktan yang rendah. Padahal, pengisian BBM seperti itu tidak dibenarkan sesuai dengan ketentuan dari pabrikan mobil.

Bahan bakar dengan oktan rendah kerap membuat mesin bekerja dengan tidak optimal. Jika sudah begini, bisa-bisa menganggu komponen-komponen mobil lainnya yang memberikan situasi yang berbahaya bagi pemilik mobil.

Plus, ketika sudah masuk bengkel untuk servis berkala, pihak bengkel cenderung akan merekomendasikan pergantian-pergantian komponen yang rawan kerusakan.

4. Perawatan ban mobil

4-perawatan-yang-bisa-menekan-estimasi-biaya-servis-berkala-mobil

Terakhir, bagian dari mobil yang tidak bisa dilupakan adalah kondisi ban. Jika ban tidak bisa bekerja dengan baik, maka kondisi mobil pun akan terpengaruh dengan tidak baik.

Apalagi, ban pun pastinya akan memengaruhi komponen mobil yang lainnya seperti velg hingga ke bagian kaki-kaki. SJika ban tidak dirawat, bukan tidak mungkin biaya servis mobil pun akan membengkak, bahkan bisa menguras kantong.

Jadi, agar biaya servis mobil jadi lebih hemat, jangan lupa untuk melakukan perawatan ban mobil.

Patuh dengan servis berkala


Setiap pabrikan punya standarnya masing-masing dalam menerapkan servis berkala untuk produk-produk mobilnya. Oleh karena itu, penting sekiranya untuk mengikuti anjuran dari pabrikan.

Apalagi, merawat mobil sendiri, bukan berarti melewatkan servis berkala. Pnegecekan aki, oli hingga bagian-bagian lainnya dalam mobil merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik mobil.

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Baca juga: Sebelum Servis Berkala, Ini 4 Cara Merawat Sendiri AC Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga