fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Pemicu Mesin Mobil Kurang Bertenaga dan Penyebabnya
Article 01

Mesin mobil kurang bertenaga adalah hal yang kerap membuat pengemudi merasa kesal. Hal yang kerap terjadi adalah justru tenaga pengemudi untuk mengendalikan mobil jadi lebih berat. Hal ini tentu saja menganggu kenyamanan dalam berkendara.

Lebih parahnya lagi, kekurangan tenaga pada mesin mobil bisa menjadi pemicu terjadinya overheat. Lalu, apa saja yang penyebab mesin mobil kurang bertenaga lainnya?

Baca juga: Kenali Penyebab dan Gejala Kampas Kopling Mobil Terlalu Cepat Habis

Baca juga: Kenali 4 Penyebab yang Membuat Tarikan Mesin Mobil Tersendat

1. Pendinginan radiator tidak berjalan baik

Tenaga mesin yang sudah lemas bisa menyebabkan overheat. Penyebabnya tentu saja adalah pendinginan pada radiator yang tidak bekerja dengan baik.

Jika hal ini terjadi pada mobil kamu, pastikan untuk tidak menggunakannya sementara waktu. Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan mematikan mesin dan mendiamkannya dalam rentang waktu satu jam.

Setelah itu, baru periksakan dan cek kondisi mesin. Selain itu, tidak salah rasanya jika membawa mobil ke bengkel-bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

2. Kotoran menumpuk di filter udara

Hal lain yang menjadi penyebab mesin mobil kekurangan tenaga adalah bagian filter udara. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menyaring kotoran ke dalam ruang mesin.

Jika fungsinya sudah tidak berjalan dengan baik, maka otomoatis kotoran dengan mudah masuk ke dalam ruangan mesin. Selain itu, kejadian ini diiringi dengan munculnya suara yang menganggu dari mesin.

Plus, tarikan terasa tidak bertenaga. Jangan lupa untuk selalu membersihkan filter udara mobil. Jika ragu untuk membersihkannya sendiri, kamu bisa melakukan perawatan filter udara di bengkel-bengkel mobil terdekat.

3. Gangguan pada busi hingga koil

Penyebab lain yang perlu dicermati adalah kondisi ruang pengapian mobil yang punya masalah.

Mulai dari busi yang sudah berkarat dan harus diganti hingga bagian koil yang rusak. Faktor-faktor pengapian pada mobil seperti ini bisa memicu munculnya mesin mobil kurang bertenaga. Apalagi, ketika berada di jalanan yang menanjak.

Mobil tentunya butuh dorongan 'ekstra' untuk menghadapi situasi jalanan seperti ini. Salah satu perawatan yang biasanya dilakukan adalah dengan mengecek atau bahkan mengganti beberapa komponen pengapian yang sudah rusak.

Pilihan lainnya kamu bisa datang ke bengkel Tune UP untuk memastikan mobil memang benar-benar berada dalam kondisi yang kembali prima. Namun, sebelumnya pastikan bengkel yang akan dituju adalah bengkel berkualitas terbaik.

4. Gangguan pada kopling

Nah, ini yang jadi penyebab dengan risiko tinggi. Kondisi kopling yang sudah aus atau bahkan habis bisa memicu terjadinya kekurangan tenaga pada mesin mobil.

Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan menggunakan kopling yang tidak tepat. Jika ini terjadi, beberapa bagian dari kopling akan saling bergesakan dan justru akan menimbulkan masalah.

Hal-hal seperti ini yang sedianya dapat membuat kondisi kopling mobil menjadi lebih cepat aus atau bahkan sudah rusa. Segera cek kondisi mobil kamu, lakukan perawatan di bengkel-bengkel terbaik dan terdekat dari lokasi untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Baca juga: Lakukan 6 Cara Ini Ketika Akan Mematikan Mesin Mobil

Baca juga: 4 Gejala Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga