4 Pemeriksaan Wajib Agar Mobil Tidak Terbakar Tiba-tiba
Article 01

Sudah berapa kali kita kerap menemukan kejadian mobil terbakar secara tiba-tiba. Ditambah lagi, beberapa penyebabnya pun bisa jadi karena kelalaian pemilik kendaraan itu sendiri.

Agar mobil tidak terbakar tiba-tiba dan menyebabkan kerugian buat kamu sendiri, Carsworld akan bagikan beberapa cara merawat mobil agar terhindari dari terbakar sendiri secara tiba-tiba.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ini Cara Bersihkan Wiper Mobil Selama di Rumah

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Servis Mobil Secara Online

1. Servis berkala

4-pemeriksaan-wajib-agar-mobil-tidak-terbakar-tiba-tiba

Servis berkala adalah kunci dari segala keamanan dan kenyamanan mobil. Melalui servis berkala secara rutin, maka mekanik atau teknisi di bengkel akan meneliti seluruh sistem dan komponen di dalam mobil apakah masih berfungsi dengan baik.

Cara ini bisa membantu pemilik kendaraan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran. Misalnya, saja jika oli bocor, maka akan memungkikan percikannya mengarah ke bagian mesin yang panas dan memicu munculnya api.

Hal lainnya adalah jika tangki bahan bakar di bagian mesin kendaraan yang tiba-tiba mengalami kerusakan. Nah, di sinilah peran dan fungsi mekanik atau montir yang kemudian akan bekerja dan melakukan pemeriksaan secara detil untuk kendaraan kamu.

2. Cek instalasi mobil

4-pemeriksaan-wajib-agar-mobil-tidak-terbakar-tiba-tiba

Tak jarang beberapa pemilik mobil ingin mempercantik mobil atau bahkan memodifikasi mobil mereka sendiri. Oleh karena itu jika kamu ingin melakukan ini pastikan agar pemasangan atau instalansi berbagai aksesoris mobil dilakukan dengan benar oleh para mekanik.

Carsworld merekomendasikan untuk menggunakan parts yang memang resmi dari pabrikan. Jika mekanik memasang asal-asalan dan parts mobil tidak sesuai dengan kualifikasinya, bisa saja beberapa instalasi listrik akan kacau.

Jika dilakukan dengan tidak benar, maka hubungan singkat/short-cirkuit. dengan kabel muatan (-) bisa memicu mobil yang terbakar. Paling sederhana adalah pemasangan kabel yang salah saat memasang foglamp.

Jika dilakukan secara asal-asalan maka tidak mungkin pemilik mobil bisa menerima risiko hubungan arus listrik yang memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

3. Cek selalu ruang mesin

Tidak jarang pula bagian ruang mesin menjadi terabaikan. Habis bersih-bersih meninggalkan beberapa benda asing yang mudah terbakar di komponen mobil yang satu ini.

Misalnya, jangan sampai ada potongan kertas atau plastik yang tertinggal di ruang mesin. Benda-benda seperti ini bisa memicu kerusakan mesin bahkan paling buruk akan membuat mobil menjadi terbakar karena mesin yang panas ketika digunakan.

Oleh karena itu, setelah membersihkan atau memperbaiki komponen-komponen di bagian ruang mesin pastikan tidak meninggalkan jenis benda apa pun di sekitarnya.

4. Cek indikator mobil

4-pemeriksaan-wajib-agar-mobil-tidak-terbakar-tiba-tiba

Bagian yang satu ini juga harus dicek setiap saat. Jika bagian iandikator mobil menyala pada panel dan kamu mulai merasakan menurunnya performa mesin, maka sebaiknya cek langsung ke bengkel.

Bisa saja memang terjadi gangguan pada bagian mesin mobil yang belum kamu ketahui. Jika dibiarkan terus berlarut-larut bisa saja akan memicu kebakaran di dalam mobil.

Sebagai tambahan, pastikan kamu tidak membawa benda padat atau cair yang berisih bahan-bahan mudah terbakar seperti bensin atau cairan semprot pembersih kendaraan.

Mudahkan, cara merawat agar mobil tidak terbakar?

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga