fbpx Carsworld
4 Langkah Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima
Article 01

Tak bisa dipungkiri, mesin adalah salah elemen penting ketika seseorang memilih sebuah mobil. Di tengah kondisi seperti ini dan meskipun kamu tidak banyak menggunakan mobil untuk beraktivitas sehari-hari, namun merawat mesin mobil tetaplah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Cara ini penting untuk diperhatikan, agar di hari-hari berikutnya mesin mobil tidak menjadi rusak dan mengurangi kerusakan yang justru bisa merugikan diri kamu sendiri.

Nah, empat tips berikut wajib kamu jalankan untuk merawat mesin mobil selama masa-masa pandemi yang mengharuskan kita semua berada di dalam rumah dan tak bepergian. Namun, tanpa harus membuat kondisi mobil kamu juga menjadi rusak nantinya.

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Utak-atik Mobil Selama di Rumah

1. Cek oli mobil

Oil changing.

Kapan terakhir kali kamu menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang panjang? Atau kapan terakhir kali kamu mengganti oli untuk mobil? Hal-hal ini adalah bagian penting dari perawatan mesin mobil.

Pergantian oli mobil kerap dilakukan ketika servis berkala yang dilakukan secara rutin, Jika kamu masih ragu-ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan layanan Carfix atau bisa memesan layanan mobil di bengkel Carfix dan kemudian memesannya agar para prfesional yang bekerja di Carfix bisa datang langsung ke rumah kamu.

2. Perhatikan pengisian BBM

Jangan sembarangan mengisi bahan bakar untuk mobil. Jika tak sesuai oktan, biasanya hal ini akan mengganggu bagian mesin. Salah satu akibatnya adalah suara mesin menjadi lebih kasar dan jika dibiarkan bisa merusak mobil.

Sebaiknya, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan oktan. Jika di masa sulit seperti ini dan membuat kamu mengurangi frekuensi bepergian dengan mobil, pastikan selalu untuk mengingat agar mengisi bahan bakar mobil yang sesuai oktan nantinya.

3. Seni menyalakan dan mematikan mobil

Terkesan sepele memang. Namun, menyalakan mesin pun ada seninya. Sederhanyanya saja, ketika kamu akan memanaskan mobil dan ingin berjalan di sekeliling komplek rumah misalnya. Ketika menghidupkan mesin, jangan langsung dikemudikan.

Sisakan waktu sekitar tiga hingga lima menit untuk memanaskan mobil sebelum dikemudikan. Hal ini penting dilakukan agar mesin pun tak merasa 'kaget; ketika akan digunakan.

Hal yang sama juga berlaku ketika akan mematikan mobil. Apalagi, ketika semua benda-benda pendukung mobil juga ikut dinyalakan. Pastikan untuk mematikan AC, pemutar musik dan benda-benda lainnya sebelum kamu mematikan mesin mobil ketika sudah selesai digunakan.

4. Cara Memacu Kendaraan

Pergerakan mesin mobil akan selalu bergantung bagaimana ketika seorang pegemudi menempatkan kakinya pada pijakan gas dan penggunaan gigi yang dilakukan.

Oleh karena itu, setiap kamu mengemudikan mobil, pastikan untuk membuat perputaran mesin menjadi lebih nyaman digunakan. Selalu pastikan untuk tidak menginjak pedal gas secara mendadak, dan selalu jaga perputaran mesin ketika berada pada kisaran 3.500 rpm dengan menyesuaikan perputaran gigi.

Artikel Rekomendasi

Baca juga