fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Langkah Memutus Kutukan Korsleting dan Mobil Terbakar Tiba-tiba
Article 01

Informasi tentang mobil terbakar tiba-tiba memang cukup mengerikan. Terbaru, adalah terbakarnya sebuah mobil Mazda saat mengisi bahan bakar di Pamekasan, Madura.

Lalu, apa yang menyebabkan mobil dapat terbakar secara tiba-riba? Faktornya banyak, namun bisa jadi korsleting arus listrik pada mobil adalah hal yang sangat memungkinkan dan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Korsleting pada kelistrikan mobil dapat menimbulkan gesekan yang memercikkan api. Jika percikap api ini hingga di salah satu komponen atau bahkan mesin, maka akan bisa memicu mobil terbakar.

Lalu, bagaimana cara mencegah atau memutus agar listrik mobil tidak mengalami korsleting? Beberapa cara berikut ini, semoga bisa memutus kutukan korsleting listrik pada mobil.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Airbag Mobil Tidak Mengembang Saat Kecelakaan

Baca juga: 4 Cara untuk Cari Tahu Penyebab Listrik Mobil Tidak Stabil

1. Cek kabel mobil

4-langkah-memutus-kutukan-korsleting-dan-mobil-terbakar-tiba-tiba

Ulah hewan liar seperti tikus hingga kabel yang terkelupas bisa menjadi pemicu mobil yang terbakar. Kabel-kabel yang terkelupas kerap punya peran penting terhadap komponen mobil yang berbahan logam.
Oleh karena itu cek selalu kondisi setiap kabel yang ada di mobil agar tidak menimbulkan berbagai macam gesekan yang bisa memercikkan api.

Selain itu, merapikan kabel-kabel di mobil juga sangat penting. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya korsleting.

2. Periksa selang bahan bakar

4-langkah-memutus-kutukan-korsleting-dan-mobil-terbakar-tiba-tiba

Bagian yang satu ini cukup sulit untuk dideteksi. Butuh seorang mekanik atau montir handa untuk melakukannya. Benar, bagian selang bahan bakar dari tanki yang menggerakkan mesin juga harus diperhatikan dengan benar.

Hal ini terjadi karena selang terbuat dari mika. Jika berbenturan dengan benda yang lebih keras dan mengalami lekukan patah, maka bisa-bisa membuat bensin akan bocor. Tumpahan bensin yang bocor jika terus dibiarkan tanpa dibersihkan akan memicu terjadi kebakaran pada mobil.

Selain kabel bahan bakar periksa juga selang sambungan antara bensin dengan filter. Cek selalu bagian ini agar erat terpasa pada tempatnya masing-masing dan tidak tumpah karena bocor.

3. Periksa bagian lampu

4-langkah-memutus-kutukan-korsleting-dan-mobil-terbakar-tiba-tiba

Modifikasi adalah hal yang lumrah bagi pemilik mobil. Namun, tidak semuanya berjalan bagi kelistrikan mobil. Paling sederhana saja. Modifikasi lampu mobil yang asal-asalan akan membuat mobil bisa rusak.

Paling berbahaya, kelistrikan mobil akan terganggu, dan bahkan bisa memicu kebakaran. Namun, hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan memerhatikan penggunaan lampu yang akan dipasang.

Jika bohlam tidak sesuai dengan kelistrikan mobil akan memicu panas yang tinggi dan sangat memungkinkan memicu api di dalam mobil. Sederhananya, arus listrik yang dibutuhkan oleh lampu akan semakin besar.

Secara umum, pihak pabrikan mobil sudah mengatur kapasitas lampu mobil sendiri sesuai dengan kelistrikan mobil. Jika berlebihan atau tidak sesuai, malah akan menimbulkan bahaya yang sangat besar. Jadi, jika kamu bernimati memodifikasi mobil atau bagian lampu mobil, pastikan benar-benar dilakukan dengan tepat di bengkel-bengkel terpercaya serta dengan para mekanik yang profesional.

4. Lakukan Service Secara Rutin

4-langkah-memutus-kutukan-korsleting-dan-mobil-terbakar-tiba-tiba

Faktor lain yang bisa membuat mobil terbakar tiba-tiba adalah karena sangat minim melakuan jadwal service berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Servis berkala selalu memastikan kondisi mobil hingga komponen-komponennya berada dalam status yang baik. Selain menjaga kualitas dan performa mesin, servis berkala juga dilakukan untuk mengecek setiap detil dari mobil, termasuk bagian kabel-kabel hingga kelistrikan.

Tujuannya tentu saja jelas, untuk mencegah terjadinya korsleting dan bisa menyebabkan mobil terbakar tiba-tiba. Oleh karena itu, jangan lalai dalam melakukan servis berkala yang sudah ditentukan pabrikan mobil.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Servis Mobil Saat Servis Berkala

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga